Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

48fc0-karoseriadiputrowirasejati14
photo courtesy : Abdi Purnomo – www.batikimono.com

Readers, bagi para penggemar bus khususnya.. Pasti tidak asing dengan nama satu ini : AdiPutro. Ya, karoseri ternama asal malang ini baru saja pada event GIIAS 2015 kemarin melahirkan karya terbaiknya yaitu Jetbus 2+ SHD yang ditenagai Scania K360iB dan Jetbus 2+ SDD (Double Decker) yang ditenagai oleh Mercedes – Benz OC 500 RF 2542. Ini tentu bukan proses instan sejak pertama kalinya AdiPutro berdiri tahun 1973..

Jpeg

1973 adalah titik awal dari Karoseri AdiPutro. Dimulai dari ide Kakak – Adik yang bekerja di sebuah dealer otomotif. Pada saat itu, mereka melihat bahwa pasar cenderung membutuhkan kendaraan penumpang dibandingkan kendaraan pengangkut barang, sehingga mereka memulai untuk berkreasi merubah sebuah Pick – Up keluaran Mitsubishi. Colt T-120 pick up pun dirubah jadi kendaraan penumpang dengan mengandalkan kerjasama pada Karoseri Lain.

Adiputro colt

Adiputro colt 2

Minibus Mitsubishi Colt T 120 karya karoseri Adiputro (coltt120lovers.com)

Tentunya usaha mereka ini mendapat respon baik dari masyarakat di kala itu. Mereka juga bisa memenuhi akan kebutuhan pasar saat itu. Berkat keuletan dan pengalaman mereka, akhirnya mereka membangun sendiri sebuah karoseri kecil di tahun 1973. Mereka akhirnya berfokus pada pembuatan minibus berbasis pick – up dan usaha ini berkembang pesat dalam kurun waktu 2 tahun.

Akhirnya.. pada 1975 Resmi berdiri Karoseri yang mereka beri nama AdiPutro, bermarkas dan beroperasi di Kota Malang hingga saat ini. Mereka sadar bahwa kualitas adalah nomor satu, Maka mereka terus mempertajam kemampuan yang ada dalam berkreasi dan menambah investasi berupa mesin – mesin untuk meningkatkan mutu pengerjaan mereka yang dikenal dengan istilah Full Pressed Body. 

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Mercedes-Benz O 6600 H, Bus Pertama Mercedes Yang Bermesin Belakang Di Dunia

Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?

Improvisasi terus dilakukan dan pada medio 1980 an tepatnya tahun 1986, mereka mulai menggunakan pengecatan dengan sistem Oven yang menjamin kualitas dari cat body mereka yang tahan lama dan berkualitas tinggi. Pada 1989 AdiPutro mulai melebarkan sayap dengan membuka kantor marketing di Kota Jakarta dan sebuah workshop / pabrik perakitan untuk produk AdiPutro di Kota Bekasi (yang kini berfokus di pengerjaan bodi minibus).

Adi Putro 1994

bus pertama adiputro pada 1994 🙄

Kesempatan emas datang pada tahun 1994 ketika AdiPutro melakukan kerjasama dengan Pabrikan Bus ternama asal Jerman, Mercedes – Benz. Melalui kerjasama ini, AdiPutro mengirim tenaga ahli terbaiknya ke Stuttgart, Jerman untuk belajar mengenai proses pembuatan body dan perakitan yang berstandar internasional. Kini nama Adi Putro sudah dikenal sebagai salah satu Produsen Karoseri terbaik di Asia Tenggara.

k380 scania doff

Jetbus HD milik Nusantara, ditenagai pabrikan Swedia, Scania K380 

Adiputro1

proses pengerjaan jetbus hd (photo courtesy : Abdi Purnomo – www.batikimono.com)

Neoplan 2 GA

AdiPutro Neoplan yang digunakan Garuda Indonesia

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jetbus HD yang digunakan oleh Budiman, ditenagai Mercedes – Benz O 500 R 1836

sinjay 4

Adiputro Setra Sinar Jaya, Ditenagai oleh Hino RG

1836 pelangi

Adiputro Jetbus HD yang digunakan Putra Pelangi 

Banyak karya mereka yang kini mendominasi lintas tanah air. Sebut saja karoseri Adiputro Jetbus Series (2 HD, HD, MD, CT, MC), Setra (2003-2007), New Setra( 2+SDD, 2+SHD, 2015-), Travego, Marcopolo, Neoplan, Tourismo, Van Hool, dan beberapa custom sesuai request pemilik PO seperti Erobus FD yang digunakan Efisiensi serta Irizar yang Adiputro Re-Make sesuai dengan basic aslinya Scania Irizar (digunakan Untuk PO Nusantara).

Untuk detail dan ciri khas masing – masing Tipe insyaallah akan dibahas dalam artikel – artikel mendatang. Semoga Bermanfaat ya. (imt)

foto & source : AdiPutro, Bismania, Tempo, Batikimono, Google

Klik disini untuk bahasan menarik tentang bus

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

60 thoughts on “Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: