About these ads
jump to navigation

Mercedes-Benz O 6600 H, Bus Pertama Mercedes Yang Bermesin Belakang Di Dunia January 6, 2016

Posted by imotorium in : Bus, History, News, Trip, Wawasan , trackback

autowp.ru_mercedes-benz_o6600_h_trolley_bus_1

Mercedes-Benz OH series.. siapa sih yang ngga pernah naik? Nah sejarah awal mula transportasi massal Mercedes – Benz ini begitu panjang. Berawal dari bus – bus yang dibangun secara sederhana.. memiliki beraneka konfigurasi hingga akhirnya revolusi terjadi pasca era Perang Dunia ke – 2.

daimler o 6600 H rear mount engine

mesin dari O 6600 H, masih air – cooled.. tidak tampak sama sekali radiator bukan? 🙄

Baca Juga :

Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?

Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8

Mercedes O (Omnibus) 6600 H, adalah pelopor bus dengan mesin belakang buatan Mercedes, sekilas tampilannya mengingatkan pada Volkswagen Combi / Camper. Inilah cikal bakal dari Bus bermesin belakang yang kini tidak hanya Mercedes saja yang menggunakan konfigurasi tersebut.. Hino, Scania, Volvo, Nissan, Mitsubishi, Tata, Daewoo dan masih banyak merk lagi menggunakan konfigurasi mesin belakang tersebut dewasa ini.

autowpru_mercedes-benz_o6600_h_1

Faktor terbesar adalah memaksimalkan space yang ada dan membuat bus terasa lebih nyaman.. karena penempatan mesin dibelakang ini membuat suara mesin tidak terlalu terdengar seantero kabin seperti yang dirasakan pada Bus bermesin depan.

autowpru_mercedes-benz_o6600_h_2

terasa amat klasik sekaligus mewah 🙄

autowpru_mercedes-benz_o6600_h_4

kelihatan nyaman sekali bukan? 😀

O 6600 H ini juga termasuk bus pertama Mercedes – Benz yang mengandalkan Transmisi Automatic, wah canggih ya pada tahun 1951 Transmisinya sudah matic. Mesinnya pun lumayan bertenaga, power sebesar 107 kW (145 PS) mampu diproduksi dari mesin berkapasitas 8276 cc.. untuk top speednya mampu menembus 40 mph atau bila dikonversikan bisa mencapai 80 km/h. hampir nyaris sama dengan top speed OH 1836 yang kena limitasi di 100 km/h dong XD .. dengan kapasitas tangki mampu menampung sebanyak 190 liter bbm, konsumsi bbmnya sendiri mencatat 21,6 Liter /100 km.. ya lumayan lah untuk bus bertransmisi matic berkapasitas besar dengan teknologi di masanya.

o 6600 H

kapasitas penumpang bervariasi dengan panjang keseluruhan bus 11 meter.. sanggup membawa hingga 57 seat, apabila dibuat konfigurasi full beserta penumpang berdiri ala bus bumel.. maka sanggup membawa 71 orang.. untuk bobot maksimal yang diizinkan mampu mengangkut hingga 13.800 kg.. Sayang bus ini hanya diproduksi dalam rentang waktu cukup singkat.. hanya 10 tahun (1951 – 1961) dan kemudian berevolusi hingga kini.. Mercedes – Benz tetap menjadi nomor 1 dalam penjualan bus di seluruh dunia. (imt)

foto :daimler chrysler

About these ads

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: