Advertisements

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama

GMM-Mayasari Utama RMB

Readers, siapa yang tidak kenal khususnya bagi warga ibukota dengan bus Mayasari Bakti? Iya, Perusahaan jasa transportasi swasta yang masih sekeluarga dengan Primajasa grup ini konsisten sejak dahulu menyediakan armada bus 聽khususnya bus kota. Salah satu ciri khasnya adalah Mayasari hampir selalu menggunakan body bus produksi sendiri, yang diproduksi oleh Mayasari Utama.

mayasari utama 10


salah satu produk awal dari Mayasari Utama 馃檮

Tidak hanya Mayasari saja, Primajasa pun banyak menggunakan body buatan Mayasari Utama ini baik untuk bus kota transjakarta, bus AKDP, bahkan AKAP. Mayasari Utama berdiri medio 1970 – 1980an dan kala itu memproduksi body khusus keperluan armada bus kota Mayasari.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

Model yang digunakan juga termasuk simple, tidak banyak aksesoris melekat pada body – body buatan Mayasari Utama ini. namun dari sekian produk Mayasari Utama ini, ada satu yang melegenda dan melekat di dalam ingatan terutama bagi penglaju yang rutin menggunakan Armada dari Primajasa atau Mayasari ini, yaitu adalah body Megatop.

mayasari utama 1

Body ini pada akhir 1990-an hingga 2000-an sempat menarik perhatian karena desain depannya yang seperti memiliki topi, dan memiliki jendela yang lumayan rendah sehingga penumpang dari dalam bisa leluasa melihat pemandangan diluar, body ini sendiri memiliki garis desain yang hampir serupa dengan starliner namun garis – garisnya lebih kaku. Dan masih ada lagi varian body ala travego yang mendominasi sebagian besar produk mayasari utama bahkan masih digunakan hingga sekarang, namun bagi penulis pribadi body travego ala MU ini memiliki kekurangan tersendiri, yaitu lantai kabin yang penulis rasa terlalu rendah, sehingga bila duduk di dalam body MU ini dapat dipastikan jendela samping akan sama tingginya dengan setengah kepala kita.

Berikut adalah beberapa varian yang pernah diproduksi MU :

Mayasari Utama kini belum menelurkan kembali produk terbarunya, terakhir selain travego MU juga menelurkan model Genesia , Body MU ini kebanyakan tidak memiliki penamaan namun diberi nama seperti itu karena memang secara garis desain ada kemiripan dengan body – body produksi produsen lain yang sudah ada sebelumnya.

Semoga berguna. (imt)

foto : google, bismania

Advertisements

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: