Advertisements

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Laksana Manufacturing

kondisi perakitan di workshop Laksana, Ungaran πŸ™„

Bagi penglaju komuter Kota satelit seperti Bekasi, Bogor menuju Jakarta pasti tidak asing dengan Body bus buah karya pabrikan asal Ungaran, Jawa Tengah. Ya, Karoseri Laksana. Kini banyak sekali bertebaran di ibu kota ketika banyak APTB mempercayakan Karoseri ini untuk membalut chassis – chassis bus Intercity di Jakarta Raya. Tidak hanya di jakarta saja, Body bus produksi Laksana ini juga mendominasi bus – bus yang memiliki trayek Antar Kota Antar Provinsi.


logo laksana

Sejarah Panjang Karoseri ini dimulai sejak 1967. Dahulu, di salah satu bilangan kota Semarang, berdiri sebuah toko mesin yang lebih berfokus kepada kebutuhan otomotif. Hingga pada 1970, toko ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan akhirnya pindah ke lokasi baru yang lebih luas. Beberapa divisi yang berhubungan dengan otomotif didirikan hingga pada 1977, Laksana memasuki tahap manufacturing, untuk Mitsubishi Colt T 120-ss yang kala itu banyak permintaan untuk mobil minivan (sama seperti artikel karoseri Adiputro).

Colt

colt t120 ss minivan (?) πŸ™„

Pada 1978, setelah satu tahun usaha perakitan body ini akhirnya pindah Ke Ungaran, dengan menempati lahan yang jauh lebih luas seluas 5000 m2, seiring waktu berjalan, kapasitas produksi pun semakin ditingkatkan. Tentunya perluasan pun dilakukan demi memenuhi target produksi.. lepas 2010 tidak terasa luas plant dari Karoseri ini sudah mencapai kurang lebih 70.000 m2 dan hingga kini menjadi base dari Karoseri Laksana hingga kini.

Dengan kapasitas produksi yang mampu mencapai angka 1000 bus pertahunnya, Laksana terus berimprovisasi memberikan produk yang terbaik bagi customernya, Laksana sangat teliti akan detail dari setiap produknya sehingga menjamin Kepuasan, Kenyamanan dan Keselamatan penumpangnya. Kini Laksana sudah bekerjasama dengan banyak Perusahaan Otobis, dan Badan – Badan Pemerintahan untuk Korporasi – Korporasi Internasional. Tercatat sejak 2009 Laksana sudah banyak mengekspor produknya untuk Pasar Asia Tenggara

Scania K360 IB Dashboard

Desain Dashboard Laksana Legacy Sky πŸ™„

Laksana sadar akan detail, terutama build quality, penilaian pribadi penulis sendiri bus yang menakai Karoseri Laksana ini Terasa lebih padat dan redaman suara dari luar juga tereduksi dengan baik. Laksana sendiri sudah merilis banyak varian dari Karoseri bus, diantaranya adalah : Legacy Sky, Sonic 3, Discovery, New Proteus, Nucleus 3, Legacy SR-1, Cityline 1&2, Legacy, Tourista, Proteus, Sprinter, Panorama series (DX, 2, 3), Comfort, dan juga pernah membuat custom Body untuk Sumber Alam limo bus, 3-Axle berbasis Mercedes-Benz OH 1521.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Jenis – Jenis Air Conditioner (AC) Yang Terdapat Pada Bus Besar Maupun Kecil

Cara Mengidentifikasi Tipe, Merk, Dan Mesin Bus Yang Kita Naiki

Laksana Comfort

Laksana Comfort pada Budiman OH 1518 Short ChassisΒ 

Panorama

Great Panorama, Sulit mencari keberadaannya sekarang

panorama 2

Panorama 2, dibilang juga laksana travego, membalut sinar Jaya Hino RKT

Panorama dx

Panorama dx, Membalut Mercy OH 1521 Gunung Mulia

GMS Proteus

Gajah Mungkur dengan body Proteus πŸ™„

Laksana Nucleus Setia Negara

Setia Negara yang lagi terkenal nih videonya, Hino AK dibalut dengan Laksana Nucleus 3 πŸ™„

sumber kencono

Sumber Selamat (Sumber Kencono), Hino AK Dengan Balutan Legacy πŸ™„

Bejeu Legacy Sky

Bejeu Golden Dragon berbalut Legacy Sky

als 1836

ALS Bertenagakan Mercy 1836 dibalut All New Legacy Sky

APTB

Armada APTB Mayasari Hino AK215 berbalut body Laksana Discovery

inobus

Laksana Cityline 2 Inobus Articulated Busway

sumber alam limo

sumber alam limo – 1521 custom dengan karoseri Laksana πŸ™„

Insyaallah dalam tulisan – tulisan yang akan datang Penulis akan membahas lebih dalam mengenai ciri khas dari setiap tipe armada Karoseri Laksana. Semoga Bermanfaat ya πŸ™‚ . (imt)

foto : bismania, facebook, instagram, berbagai media

Klik disini untuk bahasan menarik tentang bus

Advertisements

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: