BusHistory & ProfilKaroseriPabrikan Karoseri

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Tentrem bus 2

Malang, bisa dijuluki kota “industri” karoseri di Indonesia. Selain AdiPutro yang sangat terkenal saat ini, ada nama lain yang juga sama – sama menguasai industri manufaktur body kendaraan khususnya bis. Iya inilah dia.. Tentrem. Hampir semua Peruasahaan Otobis di Indonesia menggunakan buah karya Karoseri yang sudah berdiri sejak medio 1980-an ini

????????????????????????????????????

Workshop Tentrem di Malang Utara, Jawa Timur 🙄

Kisah mulanya adalah dari PO Tentrem yang beroperasi di Kota Malang pada 1986, semula ini hanyalah bengkel maintenance bagi seluruh armada bus PO Tentrem kala itu.. dan pada 1988 PO yang dipimpin oleh Pak Tatang Wahyudi ini, Tentrem memutuskan untuk membuka bengkelnya ini kepada umum, tidak hanya untuk Internal PO Tentrem saja, mereka mulai melayani pembuatan, service dan maintenance body bus untuk seluruh pelanggannya dari berbagai perusahaan.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?

Jerih payah inipun semakin terlihat hasilnya kala Tentrem berhasil menerima sertifikat resmi dari Mercedes-Benz untuk standarisasi bus body builder di chassis Mercedes – Benz dan juga Tentrem menjadi Karoseri Pertama di Indonesia yang membangun body untuk chassis Scania K380iB.

budiman seri w

Tentrem Jupiter 🙄

Varian – Varian karoseri tentrem juga banyak, salah satunya adalah Jupiter yang awal peluncurannya sempat mencuri perhatian dan bisa dibilang laris, Jupiter mengambil basis dari Mercedes-Benz New Travego kemudian tenar kembali di Indonesia oleh AdiPutro dengan membangun Travego – Marco – hingga Jetbus.

scania touring

Scania Touring 🙄 ini body asli scania, bukan buatan karoseri Tentrem 

Tentrem bus 3 shantika scor

nah ini Scania Scorpion dari Tentrem

2da18-00912b-2bnpm2bvircansa2b05

pilar A dicat hitam sudah menjadi identitas

Varian lainnya yang menjadi ciri khas Tentrem adalah Scorpion Series, yang menjadi favorit dari beberapa PO diantaranya Bejeu dan Harapan Jaya. Scorpion mengambil basis dari Scania Touring yang sangat khas dengan “floating roof” nya.. terlihat bukan dari pilar A selalu dicat hitam.. di PO manapun selalu dicat hitam bagian pilar A ini.. untuk mensamarkan pilar body, dan membuat seolah atapnya melayang dan hanya ditopang oleh kaca jendela.. penulis suka ini.. Scorpion sendiri terbagi beberapa varian yaitu Scorpion X, Scorpion King dan Scorpion Kid untuk medium busnya.

Tentrem bus

PO Tentrem dengan body maxX

harjay scania

Harapan Jaya dengan body Scorpion X 🙄

tentrem galaxy

Hafana dengan body Galaxy 🙄

Tentrem actor 2

Tentrem Actor, grillnya sangat khas begitu pula desain rear lampnya yang horizontal. Cocok untuk bus dengan Mesin Depan

Tentrem inspiro

Tentrem Inspiro, sekilas mengingatkan dengan Laksana Proteus bukan?

Dan masih ada lagi beberapa seperti Varian Inspiro, Actor, Galaxy, MaxX, yang beredar. Model – model seperti ini lebih mudah ditemui di Jawa Tengah dan Timur, persebarannya memang belum seluas scorpion series yang sudah menyebar hingga kemana – mana. Kelebihan tentrem adalah kekedapan kabin yang dimiliki sangat baik (untuk bus AC terutama). Kini karoseri yang digawangi oleh Pak Tatang Wahyudi dan Putranya Pak Yohan Wahyudi ini terus berkembang dan berfokus dalam menambah kapasitas produksi guna tercapainya target dari Orderan para pelanggannya. Semoga artikel ringkas ini bermanfaat bagi kita semua :D, ciaooo (imt)

foto : google, bismania, haltebus

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

50 thoughts on “Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: