BusHistory & ProfilKaroseriPabrikan Karoseri

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Rahayu Santosa 2

Skyliner

Readers, pasti tidak akan asing dengan karoseri yang produknya kini menyebar di seluruh penjuru nusantara, dengan desain body yang simple, tidak terlalu banyak garis – garis berani dan memiliki desain yang dirasa penulis cukup “long lasting” itulah Rahayu Santosa. Melejit dengan cepat pada medio 2000-an dengan kemunculan Evo series, yang kala itu jadi body favorit hampir semua PO meninggalkan desain body tahun 1990-an yang terkesan kaku, berbentuk kotak dan kurang atraktif..

Rahayu Santosa logo

Sejarah karoseri yang bermarkas di Cibinong, Bogor ini bisa dibilang merupakan salah satu Karoseri Tertua di Indonesia. Berdiri pada tahun 1961 yang bermula sebagai operator bus dan dalam waktu 11 tahun memutuskan untuk membuat perusahaan manufaktur body bus pada tahun 1972, perjalanannya pun panjang.. pada 1974 RS memutuskan untuk berhenti sebagai operator bus dan berfokus pada manufakturing. 1982 tampuk pimpinan perusahaanpun beralih pada generasi kedua, dan pada 1984 Rahayu Santosa akhirnya pindah dan kini menjadi “Main Factory” karoseri ini hingga sekarang. Di Jl. Raya Bogor Km.48 Nanggewer, Cibinong, Bogor.

Rahayu Santosa 1

Kegiatan – Kegiatan di markas Rahayu Santosa, Bogor 🙄

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Rahayu Santosapun  mengembangkan bisnis lainnya di produksi Seat, dengan berdirinya PT. Restindo Dayatama pada 1993 dan PT. Sentras Varitama yang bergerak di bidang pembuatan Fiberglass, ABS Thermoform, insulasi, dan box pendingin untuk kendaraan niaga. Model dan varian yang sudah diproduksi cukup banyak.. berikut adalah sebagian karya dari RS yang terkenal tahun 1990-2000 an :

jetliner rahayu santosa

rahayu santosa jetliner berbasis truk mercedes 1417 milik PO. CAL asal wonosari, DIY 🙄

Rahayu Santosa setra

 Armada tua PMTOH dengan body Rahayu Santosa Setra

Rahayu Santosa millenium

Rahayu Sentosa Millenium 🙄

Rahayu Santosa pmh

RS millenium atau concerto? 😮

Rahayu Santosa jetliner

Jetliner milik Asli Prima, kelihatan panjang ya 🙄

Sejak itu Rahayu Sentosa terus berkembang, dan menjadi kepercayaan berbagai PO dari berbagai daerah.. Desain yang tidak neko – neko sangat digemari dan mampu diterima masyarakat luas hingga sekarang, seperti misalnya Evolution Series.. booming medio 2000-an.. Body ini seolah menjadi “identitas” beberapa PO besar seperti misalnya Budiman, Sinar Jaya, dan Primajasa.

Varian yang dimiliki Rahayu Santosa terbilang sangat banyak. Mulai dari Jetliner, Millenium, Concerto, Celcius, Evolution Series (G, C, X,) dan kini yang terbaru ada skyliner, ecoline, dan new jetliner yang bermain di segmen high deck bus. Salah satu penggunanya adalah Putra Pelangi dengan 2542-nya. Karoseri Rahayu Santosa ini sangat terkenal di sumatra karena kemudahan dalam perawatannya dan konstruksinya yang kuat.. bahkan beberapa desain body dari Rahayu Santosa ini di-Remake oleh karoseri Lokal asal sumatra utara, Cipta Karya.

Rahayu Santosa new jetliner putra pelangi

New Jetliner High Deck bertenagakan mercedes 2542 milik Putra Pelangi

Semoga berguna. (imt)

foto : pribadi, rahayu santosa, bismania, google

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

47 thoughts on “Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: