BusHistory & Profil

Mengenal Si Bus "Hijau" Asal Pulau Dewata, PO Gunung Harta

PO Gunung Harta bus imotorium (4) Merah

imotorium.com – Bali.. ya, Pulau yang juga dikenal dengan Pulau Dewata ini selain menjadi surga wisata di Indonesia juga menjadi barometer dari pelayanan moda transportasi. Entah itu pesawat, kapal, hingga transportasi darat semuanya menawarkan kelas terbaiknya yang mana memiliki keberangkatan dan tujuan ke pulau ini. Sebut saja di artikel sebelumnya, bus Surya Bali yang masih terhitung pendatang baru di kancah transportasi darat.. Namun memiliki layanan yang Ekslusif.. begitu juga dengan yang satu ini.. PO Gunung Harta, btw kok foto diatas busnya merah sih? hehehe..

PO Gunung Harta bus imotorium (2) ATB

1993 menjadi titik awal dari Bapak I Wayan Sutika mendirikan PO Gunung Harta, dengan trayek awal yang berkutat pada layanan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Pak Wayan memulai dengan bus trayek Denpasar – Gilimanuk. Potensi yang dirasakan sangatlah positif berhubung belum terlalu banyak angkutan bus dari dan ke luar pulau Bali pada saat itu, membuat Pak I Wayan Sutika berani mengambil peluang dengan bermodalkan bantuan dari perbankan dan lembaga keuangan yang ada. Akhirnya berkat suntikan modal tersebut mulai sedikit demi sedikit bertambah unit bus dengan improvisasi di kelas yang menawarkan kenyamanan.

PO Gunung Harta bus imotorium (1) ATB Hino AK
kelas ATB beberapa menggunakan armada Hino AK, disamping itu ada juga Mercedes OH 1521, dan Hino RG

Baca Juga :

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau

PO Bali Motor Wisata (BMW Transport), Bus Favorit Turis

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

 

PO Gunung Harta bus imotorium (5) Parwis
armada pariwisata Gunung Harta

PO.Gunung Harta akhirnya berhasil meraih hati masyarakat, pada 2004 Gunung Harta telah memiliki armada sebanyak 40 unit bus dengan berbagai destinasi mulai Denpasar – Jember PP, Denpasar – Gilimanuk PP, Denpasar – Malang PP, Denpasar – Surabaya PP, Denpasar – Madiun – Maospati – Ponorogo PP,  Denpasar – Solo – Yogyakarta PP, dan Denpasar – Semarang – Jakarta PP.

PO Gunung Harta bus imotorium (3) Golden Dragon
lumayan rare (langka), GH juga memiliki armada yang ditenagai Golden Dragon.
Kantor Pusat
Jl. Ngurah Rai No. 70 KEDIRI – TABANAN – BALI
Telp. (03610) 814999- 811397 – 814866 (6 lines)
Fax. (0361) 813955
PO Gunung Harta bus imotorium (10) Setra Scania K360
untuk line jauh, GH mengandalkan Scania K360 selain MB OH 1526, Hino RK8, dan MB OH 1836

2006 bertambah lagi dengan hadirnya perluasan trayek yaitu Denpasar – Malang – Blitar – Tulungagung dan Denpasar – Surabaya – Kediri. Perwakilannya kini banyak tersebar sepanjang Bali – Pulau Jawa, dan hingga saat ini Gunung Harta sudah menjadi salah satu pilihan favorit dari sekian operator bus asal pulau Dewata. Armada Gunung Harta sendiri didominasi dari bus keluaran pabrikan Hino (AK, RG, RK8), Mercedes-Benz (OH 1521, 1525, 1526, 1626, 1836), Scania (K360) dan Golden Dragon. Karoseri bus yang digunakan Gunung Harta dominan Adi Putro, Tentrem, dan New Armada. Kelasnya pun lumayan lengkap mulai AC tarif biasa (ATB) yang digunakan untuk line jarak dekat – menengah hingga kelas Eksekutif yang digunakan untuk jarak menengah – jauh.

PO Gunung Harta bus imotorium (9) SHD 1836
Mercy OH 1836 Adiputro SHD adalah salah satu armada unggulan yang dimiliki oleh GH

Tentu menarik bila diberikan banyak pilihan seperti ini, dan sepertinya memang GH ini salah satu rekomendasi buat pencinta perjalanan dengan armada bus dari Jabodetabek menuju Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali. Penulis sendiri seringkali bertemu armadanya di Pasar Rebo, dan dibalik kaca yang berlapis film kecoklatan sepertinya tampak nyaman sekali bisa berada di dalam armada bus ini.. semoga nanti kesampaian deh jalan – jalan ke bali naik bus ini. 😀

semoga bermanfaat. (imt)

foto : gunungharta.com, GHLovers facebook, bismania.com

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “Mengenal Si Bus "Hijau" Asal Pulau Dewata, PO Gunung Harta

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: