Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya


nusantara 7

Readers, bila mengingat PO – PO yang sempat menjadi trendsetter, pasti langsung terbesit di ingatan dengan PO Nusantara. Yup, salah satu PO tertua di Indonesia asal Kota Kudus yang beberapa kali menarik atensi dari para penggemar dan para pelanggan setianya dengan merilis banyak bus – bus bermerk premium dan dengan kelas yang terbaik. Melayani sepanjang jalur Pantura dengan kemewahannya.


Nusantara ziel (ilustrasi)

ilustrasi bus ziel / Zil (Uni Soviet)

1968 adalah tahun bersejarah bagi PO. Nusantara, digagas oleh Bapak Yonatan Budianto, dengan armada awal yaitu 2 bus asal Rusia (Uni Soviet) bermerk GAZ yang merupakan bus ex TNI-AL, kemudian disusul dengan 5 unit bus ex TNI-AU bermerk Ziel produksi 1962. Nusantara berdiri, dan mulai menggunakan bus rakitan dengan body dari kayu berchassis Thames asal Inggris.

Nusantara ford 1975 ilustrasi

ford 1975 r192 ilustrasi

1975 seiring diperkenalkannya besi baja untuk industri karoseri bus di Indonesia, Nusantara pun mendatangkan bus bermerk Ford yang dicombine dengan body tersebut. 1970-1980 merupakan tahun dimana otomotif mulai bergairah di Indonesia, banyak pabrikan mulai menghadirkan produknya, maka langsung PO Nusantara pada 1977 menggunakan OF series Mercedes – Benz. Unit inipun dioperasikan hingga medio 1980-an, dan kemudian seiring masuknya OH series, 1984 Nusantara mempercayakan bus mesin belakang untuk sejumlah besar armadanya melayani trayek pendek sepanjang Semarang – Kudus – Lasem.

nusantara jadul

Medio 1990-an, Nusantara mulai mengembangkan sayapnya. Mulai melayani pada trayek AKAP dan mencakup banyak kota – kota besar di Pulau Jawa Seperti Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Tegal, Cirebon, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan kota kota lainnya. Nusantara pun memasuki 2000-an mulai menjadi “trendsetter” dengan menggunakan bus – bus premium selain Mercedes – Benz sebut saja diantaranya Volvo, Scania yang diimpor langsung dari Eropa.

Baca Juga :

Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau

Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup

Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia

Untuk karoseri, rata – rata bus PO Nusantara menggunakan body produksi Adi Putro. Namun ada juga bus yang menggunakan body custom seperti Scania “Irizar” yang diproduksi oleh Adi Putro. Selain itu Nusantara juga pada 2008 meluncurkan bus Ekslusif Omah Mlaku yang menggunakan Volvo B12M dan Omah Mlayu yang menggunakan Scania K124iB.

scania mesin depan 4

Scania Front Engine, Armada Patas Nusantara

nusantara 14

Nusantara Symphonie, Parwis

Nusantara juga kreatif dalam memadu warna, bila kita sering melihat bus dengan livery yang dipenuhi warna warni nan cerah, Nusantara memiliki armada bus pariwisata Scania K380 AP Jetbus yang dilabur hitam doff kelas Luxury seat 1 – 1 . Kelas – kelas reguler yang dimilikipun beragam, mulai bumel (AKDP), Patas (AKAP), Bus Malam VIP, Executive (Premiere Class) (?) dan Super Executive (Signature Class) (?).

nusgem cityliner dd 12

Nusgem Double Decker PO Nusantara

Nusantara juga memiliki Karoseri sendiri yang merupakan hasil kerjasama dengan Gemilang coachworks yang diberi nama Nusantara Gemilang (Nusgem). Bukti keseriusan Nusantara menjadi salah satu bus terbaik di Indonesia ini juga dilengkapi GPS, 2-way Radio System dan Tachograph yang memantau kinerja pengemudi demi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama perjalanan.

Belum pernah jajal? wah jadi penasaran ya.. nabung – nabung.. dolan ke kudus sekali – kali 😀 . Info Tarif, Agen dan Trayek PO. Nusantara bisa diklik disini 😀 .

semoga berguna. (imt)

foto : nu3tara.com, bismania, google

Contact me :

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

%d bloggers like this: