Mengenal Honda C Series, Si Mesin Motor Tangguh Yang Kembali Populer

honda win c series engine

imotorium.com – Mengenal Honda C Series, siapa sih pembaca disini yang ngga kenal dengan motor seperti Supra X 100, Astrea Grand, Honda Win, C70, Astrea 800 dan motor lawas Honda lainnya yang sudah discontinue? pasti pada pernah mengendarainya atau sekedar mbonceng kan. Nah pada artikel ini saya akan sedikit bahas soal mesin yang digendong motor yang penulis sebutkan diatas, apa lagi kalau bukan Honda C Series.

honda super cub

Sejarah Honda C Series

Mesin Honda C Series ini memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang sejak awal kehadirannya, diawali dengan mesin generasi pertama Cub Series yaitu C100 yang digunakan di Super Cub pada tahun 1957. Mesin tersebut mengandalkan teknologi 4 tak dengan kapasitas yang terbilang kecil hanya 50 cc OHV, untuk power yang dihasilkan maksimum sebesar 4,5 hp saja.

Mesin C Series ini ternyata mengalami kesuksesan dalam pemasaran. Kemudian dari sini C100 dikembangkan dengan hadirnya generasi selanjutnya yaitu C102 dan C110 yang mana kedua mesin ini masih menggunakan teknologi serupa yaitu OHV dengan kapasitas mesin 50 cc. Hanya keduanya memiliki perbedaan di posisi mounting engine berhubung rangkanya juga beda. C102 khusus untuk motor Cub dan C110 lebih ke motor sport pada masa itu yaitu Honda CB. Dan setelah cukup sukses di pasaran mesin ini mendapat update pada sisis teknologi meninggalkan OHV dan mengadopsi teknologi OHC yang lebih efisien, mesin ini diberi nama C50, yang mana nama ini sesuai dengan kapasitas mesin.

honda c102 engine

Perjalanan berlanjut, seiring waktu dengan berkembangnya market dan demi menarik minat konsumen maka mesin ini mendapat pengoptimalan dari sisi tenaga. Hadirlah kemudian mesin C90 berkapasitas 90 cc pada tahun 1965. Dan karena Honda sejak dahulu terkenal dengan keefisienan konsumsi BBM honda akhirnya mengeluarkan seri C70 yang mana mesin ini lebih murah dan lebih irit.

honda c70 captul, honda c series

Mesin motor Honda ini menjadi primadona pada masanya, dimana kompetitornya kebanyakan menggunakan teknologi 2 tak yang membutuhkan konsumsi bbm lebih besar dan tentunya juga ada tambahan oli samping. Walau secara tenaga memang kalah dibanding mesin 2 tak tersebut namun pencinta C Series ini semakin bertumbuh besar. Dan pada tahun 1980-an akhir Honda mengupdate kembali mesin C Series ini dengan menambahkan kubikasi menjadi 97 cc, yang uniknya menggunakan kembali nama lamanya yaitu Honda C100, atau juga dikenal dengan C100EX.

Honda C Series Generasi Akhir

Masa – masa keemasan mesin Honda C100EX alias generasi terakhir ini berlangsung cukup lama, sejak hadir diusung Astrea Star pada tahun 1987 hingga terakhir digunakan di Honda Revo 100 pada tahun 2007-2008. Mesin Honda C100 ini menjadi mesin motor sejuta umat, termasuk penulis yang hingga kini masih memelihara salah satu motor Honda bermesin C series ini yaitu Supra Fit lansiran 2005, motor yang katanya adalah versi downgrade dari Supra X100 dari sisi fitur hingga material mesin.

honda revo 100, mesin c series terakhir

Nilai plusnya jelas mesin ini sangat tangguh. Walau banyak yang bilang tenaganya ngepas dan torsinya juga ngepas untuk jaman modern sekarang, motor ini bisa memenuhi kebutuhan berkendara harian. Konsumsi bbmnya irit sekali walau masih menggunakan karburator, dan untuk membawa beban agak berat juga mesin ini oke.

Dari sisi perawatan jujur saja, motor Honda C Series ini jarang sekali minta jajan. Ya paling sekedar ganti oli mesin tiap sebulan –  2 bulan sekali tergantung intensitas pemakaian. Service rutin bisa dibilang jarang, tapi ya ngga ada keluhan sama sekali. Dikasih bensin tipe apa aja motor ini menerimanya dengan senang hati, bebas gejala knocking. Diajak jalan jauh, macet – macetan parah juga ngga ada gejala overheat.

supra fit imotorium honda c series

Motor Lawas Kini Jadi Semakin Mahal

Tentu saja ini menyenangkan bagi penulis, di jaman modern ini yang mobilitasnya semakin tinggi justru mesin seperti inilah yang sangat dibutuhkan. Penulis masih bingung kenapa ya mesin motor kekinian yang berlimpah fitur dan teknologi canggih justru ngga bisa sebandel mesin lawas seperti Honda C Series ini, malah sering dengar berita seperti ngelitik, gredeg, overheat, dan kasus -kasus lainnya seperti oli kering sampai banyak recall produk.

harga bekas honda win honda c series

Makin canggih bukannya makin mempermudah malah makin menyusahkan. Yoo jadi lebih senang geber motor lawas ini mah, hehehe makanya ngga heran sekarang beberapa motor bermesin lawas seperti Honda C Series ini menjadi buruan kembali. Silahkan masbro browsing saja semisal contohnya harga pasaran seken untuk Honda Win, Honda Astrea Grand, dan beberapa motor lawas Honda lainnya.. harganya cenderung naik lagi lho sekarang.

Demikian artikel Mengenal Honda C Series ini, yaa kenapa bisa laris? habis enak piaranya sih. (imt)

foto : google, facebook, dok pribadi.

About imotorium 856 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

4 Comments

  1. mbah coba dicek lagi sepertinya supra x 100 bukan mesin c series tp sero NF kalo gak salah … ini mesin susah dibikin ngebut meski pake part racing sekalipun dibanding c series

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.