BusHinoTrip

Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Hino Sinjay

Jakarta  – Hino RK, bisa dibilang adalah salah satu tipe bus yang paling dominan dipakai di Indonesia khususnya di Pulau Jawa setelah Mercedes dengan armada mesin belakangnya yang berkode OH. bagi penumpang awam mungkin masih sulit membedakan bus antara Hino RK keluaran baru (RK8) dengan bus keluaran lama Hino RKT / RK2HR, dikarenakan memang sekilas keduanya memiliki tampilan yang hampir persis sama..

6DX sinjay

Hino RG Sinar Jaya Rw.Mangun – Jogja, Asik ini bus apalagi pas disupirin pak gundul 😀

Bus keluaran Hino ini didaulat sebagai pengganti Hino RG yang memiliki rentang produksi medio 1990 an sampai 2007 akhir. untuk tipe yang diproduksi bersamaan dengan Hino RG adalah Hino RKT (T untuk Turbo). Hino RKT ini didaulat sebagai solusi bagi para penyedia jasa angkutan bus untuk dapat memiliki bus yang sanggup melahap berbagai medan dan tentu saja Price-nya diset lebih murah dibanding RG supaya mampu terserap dengan baik oleh banyak perusahaan.

Output power yang dihasilkan mesin berkubikasi 6728 cc pun maksimal 210 Horsepower pada 2800 rpm, dan torsi sebesar 590 Nm pada 1.800 rpm, hampir persis dengan produksi Tenaga Mercedes OH 1521 yang berkisar di angka segitu.

brosur rkt

Beralih Ke hino RK8, ini adalah unit yang kini dijual oleh Hino Indonesia untuk pasar bus nusantara. Tersedia dalam 2 pilihan output power.. Hino RK8 ini adalah penerus dari Hino RG untuk bus dengan tenaga menengah – keatas. CCnya pun lebih besar , berkubikasi 7.681 cc dan menghasilkan power maks 235hp@2500 rpm dan 260hp@2500 rpm.

Hino RK8

spesifikasi RK8 🙄

Mari kita masuk ke detail aslinya.. Ciri khasnya dari bus Hino RKT ini adalah, overhang roda depan yang panjang, namun tidak sepanjang RK8

rkt primajasa

jarak roda depan ke pintu dekat, hanya sedikit lebih panjang dari Mercedes 1521 🙄

rkt-bus-mayasari-bakti

hingga kini paling banyak digunakan oleh Mayasari Bakti, yang masih satu grup dengan Primajasa 🙄

RK8 Primajasa

ini adalah Hino RK8 R260. Terlihat perbedaan pada overhang yang lebih panjang

rk8 3

RK8 🙄

Baca Juga :

Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?

Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia

Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8

dari sisi belakang, nah ini paling mudah.. RK T memiliki posisi knalpot di sebelah kiri, dan RK8 persis seperti RG, di sebelah kanan

sinjay rk8

Hino RK8, Terlihat Posisi Knalpot Di Sisi kanan bus 

RKT belakang

Hino RKT, Terlihat posisi knalpot di sebelah kiri 🙄

Untuk interior sendiri sangat bisa dibedakan, RKT masih memiliki rupa kemudi dan instrumen yang sama persis seperti Hino RG, Sedangkan Hino RK8 sudah mengalami penyegaran terutama di desain setir yang lebih sleek, dan tidak terlalu besar diameternya.

Hino RKT

????????????????????????????????????

Hino RKT dan RG memiliki instrumen kemudi yang sama persis. pembedanya dari bentuk setir dan speedometer hanya menunjukkan maksimal 120 km/h saja

RK8

Sedangkan hino RK8 terlihat lebih rounded tanpa garis garis kaku, speedometer menunjukkan maksimal 140 km/h

Sisanya, RK8 memiliki panjang keseluruhan yang lebih panjang dibanding RKT, dan suara yang dihasilkan pun cenderung halus dibanding RKT. Kini keduanya masih diandalkan terutama di trek yang memiliki banyak tanjakan curam, karena di lapangan sendiri bisa dilihat… saat menanjak di tol cipularang misalnya.. bus ini selalu ambil lajur kanan tanpa takut kehabisan torsi. Joss , Monggo corat – coret untuk pengalamannya… karena jujur bila lihat sekilas, keduanya seperti sama saja XD (imt)

foto :google, bismania, haltebus

Baca juga artikel – artikel menarik terupdate lainnya :

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

46 thoughts on “Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: