Advertisements

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

triun 7

Readers, sebelumnya kita telah membahas karoseri yang langsung berada dibawah manajemen Mercedes Benz Indonesia, yaitu Karoseri GMM. Kini penulis ingin membahas tentang karoseri yang bekerja sama dengan Mitsubishi Indonesia, ya… inilah karoseri Trijaya Union. Karoseri yang memiliki kapasitas produksi kurang lebih 70 unit bus perbulan, dan memiliki lokasi pabrik yang tidak jauh dari ibukota, di Tangerang.

Hino BM menggunakan Karoseri Triun

triun x-2000

Bus PMTOH Mercedes OH 1518 menggunakan triun x-2000

Trijaya Union, perusahaan karoseri ini didirikan akhir 1970-an tepatnya pada 15 November 1978, dan mulai serius dalam manajemen mutu dan kualitas sejak mendapatkan bantuan dan pengawasan teknik dari anak perusahaan Mitsubishi Motors Corporation.. yaitu Kureha Motors, atau yang dikenal juga sekarang dengan Mitsubishi Bus Manufacture. Dari sana Triun (singkatan dari Trijaya Union ,red) belajar mengenai tahap mendirikan pabrik karoseri dan belajar teknik pembuatan karoseri bus. Tentu saja ini adalah hal yang sangat menggembirakan dan sangat membantu sekali.. dan mulai 1986 Triun mendirikan pabrik perakitan chassis bus Mitsubishi BL 117, sehingga mereka bisa memproduksinya secara CKD.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

dalam periode 1987 hingga awal 1990 an … Triun berhasil menggabungkan Pabrik karoseri Prabu Jaya (pada mei 1987) dan berhasil mendapatkan suntikan modal dari ATPM Mitsubishi terbesar di Indonesia, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). dalam periode itu Mitsubishi bersama dengan Triun saling bekerjasama dalam memproduksi varian – varian Bus Mitsubishi .. yang terkenal seperti RM series, BM Series, dan bus – bus medium colt diesel.

Perkembangan yang dialamipun cukup pesat. sepanjang medio 2000-an Triun dipercaya dalam merakit berbagai varian Bus Mitsubishi, baik itu ukuran medium maupun big bus. Dan pada 2010 Triun kembali dipercaya sebagai salah satu produsen part komponen chassis bus. Triun tidak hanya memproduksi body bus khusus merk Mitsubishi saja, namun juga melayani pembuatan body dari chassis merk – merk terkenal seperti Mercedes Benz, Hino, Isuzu, dll.

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : bismania, trijaya union, marketingtju.wp

Advertisements

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: