Advertisements

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Nusantara Gemilang (NusGem)

nusgem cityliner 2

Readers, medio 2013 dunia otomotif Indonesia khususnya di segmen bus besar dibuat semarak dengan hadirnya tipe terbaru dari body bus /  karoseri yang bernama Nusantara Gemilang. Ini menjadi kabar gembira yang selama ini kita hampir selalu ditawarkan perubahan bus dari sisi estetika saja yakni dari penampilan eksterior dan interior. Bagaimana tidak, perubahan ini bisa dibilang cukup major, karena selain point diatas, juga ada hal baru yang menjadi fokus yaitu “fungsionalitas” seperti memaksimalkan kabin dan bagasi dari bus itu sendiri.

nusgem skybus 1


Ya, kelebihan itu dibawa oleh varian body bus yang dirilis oleh Karoseri Nusantara Gemilang. Karoseri ini merupakan bentuk kerjasama antara PO. Nusantara dengan Karoseri Gemilang yang berasal dari Malaysia. Beralamat di Jl. Raya Demak-Kudus Km. 5,Karanganyar, Demak yang juga merupakan Pool dari PO. Nusantara. Dan terdaftar pada tahun 2011 menandakan awal mula berdirinya Karoseri ini, dan salah satu produk awal dari Nusantara Gemilang ini adalah Skybus.

klik untuk memperbesar

nusgem skybus 3 nusgem skybus 2

Skybus ini membawa terobosan baru dalam body manufacturing bus di Indonesia, menggunakan alumunium sebagai plat body yang berguna untuk mengurangi bobot dari bus dan mengurangi pemakaian dempul sebagaimana pada umumnya karoseri menggunakan banyak dempul untuk meratakan permukaan body bus yang dibangun. Berkat teknisi dan para karyawan yang sudah mendapatkan sertifikasi setelah menjalani pelatihan di Malaysia serta mendatangkan alat – alat produksi untuk dapat membuat bus secara lengkap.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

nusgem cityliner 4

Dan selanjutnya pada medio 2013 lahirlah Cityliner Super High Deck atau dikenal dengan nama Maxi Miracle, bus ini mengambil basic design dari neoplan starliner terbaru, bus ini memberikan keunggulan diantaranya adalah deck penumpang yang posisinya lebih tinggi dengan view yang leluasa berkat jendela yang lebih lebar. Tidak hanya itu, di sisi fungsional bus ini juga memiliki kelebihan yakni ruang bagasi yang jauh lebih luas, bahkan bisa memuat sepeda motor di dalamnya.

nusgem cityliner 3

Bagasi yang bisa mengakomodir sepeda motor

nusgem marissa holiday 2

Interior dengan pandangan yang luas 🙄

nusgem cityliner dd 11

Marissa Holiday mempercayakan Mercy 2542 untuk bertandem dengan Nusgem ini

Tentu saja ini membuat banyak orang berdecak kagum, karena akhirnya Indonesia memiliki bus yang se-modern ini. Tidak hanya varian SHD saja, Nusgem pun merilis varian Double Decknya yang juga dikenal dengan nama Nusgem Maxi Miracle

nusgem cityliner dd 7

MAN R37 Double Deck dengan body buatan Nusgem, berikut interiornya :

nusgem cityliner dd 12

Aura mewahnya sangat terasa apalagi saat malam hari

Walau MAN 3 Axle ini terlihat tinggi, namun bus ini memiliki selisih tinggi yang berbanding sedikit pada umumnya yang berkisar 3,7 meter, bus ini memiliki tinggi 3,9 meter. Basis desain bus ini berasal dari Cityliner buatan Neoplan Yang masih satu grup dengan MAN AG, German. Dengan rangka spaceframe yang dimiliki oleh MAN R37 (rangka tipe ini juga digunakan oleh Mercy 2542) Nusgem bebas berkreasi dan memiliki opsi membuat double deck selain membuat bus dengan bagasi yang luas.

nusgem cityliner 5

Dengan kerjasama dari Gemilang Coachwork Malaysia, Nusgem mendapatkan kemudahan dalam menemukan panduan bagaimana membuat sebuah bus yang berkualitas baik. Dengan ini, tidak heran Nusgem dapat menyelesaikan pengerjaan bus dalam waktu kurang dari 3 Bulan. Walau kini sudah ada persaingan dari karoseri kawakan seperti AdiPutro dan New Armada dalam membuat armada bus SHD dan Double Deck.

semoga bermanfaat.

(imt)

foto : bismania, Nusgem, Google.

Advertisements

23 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: