About these ads
jump to navigation

GIIAS 2016 : Melihat Lebih Dekat AdiPutro Jetbus 2+ SHD Scania K410 Skyview Coach August 15, 2016

Posted by imotorium in : Bus, Karoseri , trackback

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (5)

imotorium.com – sebelumnya bus ini sudah terdokumentasi oleh beberapa rekan – rekan dari pecinta bus dan sudah ada yang share salah satunya dari #squadpomAP. Nah masih dari hari pembukaan GIIAS 2016 di tanggal 11 kemarin nih. Penulis memiliki kesempatan melihat lebih detail dari si “skyview” ini karena masih leluasa pada hari pertama (11 Agustus).. karena sedari pagi hingga jam 5 sore hanya media dan beberapa undangan saja yang hadir di GIIAS, belum dibuka untuk umum.

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (10)

“Skyview Coach” itulah julukan yang disematkan pada produk andalan Adi Putro ini. Masih mengusung bentuk yang sama dari Event GIIAS 2015 kemarin, Jetbus 2+ SHD ini memiliki hal spesial selain ditenagai oleh Scania K410 yang memiliki 3 axle. Hal spesial tersebut adalah atapnya.. yap.. atap bus ini mengadopsi semacam sunroof/moonroof/panoramic roof atau atap yang terbuat dari kaca yang lazimnya dapat ditemui pada mobil – mobil kelas premium. Tentu saja aplikasi ini akan amat menarik kala melakukan perjalanan di daerah yang menawarkan keindahan panorama alam yang menawan seperti di pegunungan yang mana banyak pepohonan menjulang tinggi. Penumpang akan dibawa serasa bersafari di dalam bus.

GIIAS 2016 Adiputro Jetbus Setra SHD Scania K410

tampilan lengkapnya yang diabadikan oleh #squadpomAP

Baca Juga :

Tematis GIIAS 2015 : Impressi Cabin Bus Mewah Scania K360 Adiputro

GIIAS 2016 : Spyshoot Bus Scania K410 Skyview Coach Adiputro Yang Akan Dipamerkan Di ICE

Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (7)

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (8)

Selebihnya, seat yang digunakan masih merupakan produk aldilla yang memang sudah jadi langganan AP sejak dahulu. lengkap dengan leg rest dan dilapis bahan kulit sintetis berkualitas. Seat ini sangat nyaman diduduki. Sayang karena warnanya sepertinya mudah kotor seat ini tidak dilepas plastik pelindungnya.. dan tentu saja penulis tidak bisa merasakan secara maksimal bagaimana kelembutan dari bahan pelapis yang digunakan. Dinding kabin dan lantainya menggunakan aksen wood panel. dan Kompartemen penyimpanan di seat terdepan lengkap dengan laci dan cup holder.

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (6)

Pandangan ke sisi dashboard masih sama seperti sebelumnya. desainnya tidak ada yang berubah Tampak kemudi Scania K410 lengkap dengan kompartemen, head unit, pengaturan ac, switch lampu dll.

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (13)

bagasi masih sama dengan panel penutup yang memberikan kesan rapih seperti bagasi pesawat. di dalam bagasi ada speaker dan slot listrik guna mencharge baterai gadget.

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (4)

bagasi khas SHD yang sanggup menampung barang dalam jumlah besar bahkan sepeda motor juga muat. berkat diaplikasinya rangka modular sehingga karoseri leluasa menambah volume bagasi

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (14)

Pintu naik turun juga ada di tengah kabin. Bus ini sayangnya tidak dilengkapi toilet, sehingga dari depan hingga belakang hanya ada seat dan ada bagian yang dibuat lengkap dengan meja dan posisi seat saling berhadapan. terlihat di dinding tangga tersebut ada subwoofer berukuran lumayan besar.. sepertinya kualitas audio dari bus ini bisa dibilang baik jika kemarin sempat dinyalakan.

imotorium Adiputro Bus GIIAS 2016 (26)

kondensornya pindah kesini, biasanya di atap bus (foto unit RK8)

Pasti ada yang bingung ya.. jika atapnya kaca.. maka kemana unit kondensor AC yang biasanya terletak di atap bus?? disini AP menyiasatinya dengan menggunakan ruang yang memang jarang digunakan pada beberapa bus kelas menengah ke atas yaitu di bagian belakang kabin. Yang biasanya jadi balkon atau digunakan sebagai tempat istirahat kru.. bagian ini digantikan menjadi box besar yang di dalamnya ada unit kondensor dari AC.. untuk ventilasi keluar masuknya sendiri menggunakan cerobong (air inlet/outlet) yang diletakkan dibagian belakang. Penasaran lihat secara langsung? bisa datang ke GIIAS.. sampai tanggal 21 Agustus ini. :mrgreen:

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi

About these ads

Comments»

1. satuaspal.com - August 15, 2016
imotorium - August 15, 2016

telolet telolet wkwkwkwkw

FЭЯY - August 15, 2016
2. sebarkan.org - August 15, 2016
3. motomazine - August 15, 2016
imotorium - August 25, 2016

hayah XD

motomazine - August 25, 2016

Wkwkek

4. Fawwas Zulfian Riko - August 16, 2016

Pantesan liat atapnya kaca, kondesor AC nya mana? Ternyata ehh Ternyata di belakang. Sama liat body belakang kok ada 6 kisi-kisi udara mirip SSD, padahal kan cuma 3 😀

BTW yg sampingnya itu bis kota mas? Liat kaca sampingnya kok lebar.

imotorium - August 25, 2016

yang oren iya, bus kota. 😀

5. dewitya - August 18, 2016

kereeennnO.O

6. Fawwas Zulfian Riko - August 26, 2016

Bus ini infonya udah terjual kepada: Sempati Star.

Wedew, Sempet gempar beli SDD saat GIIAS 2015, dah beli yg ini lgi

7. Ardhi - August 27, 2016

To. Imotorium
Tolg di review donk JetBus CT adiputro, yg kemaren nongkrong di GIIAS, yg warna orange.
Itu body keren bget, yg bikin takjub pakai chasis Mitsubhisi engkel lagi.
Cocok buat rute2 jemputan jalan sempit.
Cuma sya sangsi sama AC nya. kira2 handal gak ya..?? soal’y pernah punya pengalaman gak enak sma type ac yg condensor’y di bawah gitu.
Tks (ardhi/jkt)

imotorium - October 9, 2016

wah maaf mas baru balas, oke deh artikelnya segera meluncur :mrgreen:

8. Komparasi Bus Hino RK8 R260 Versus Mercedes – Benz OH 1526, Mana Yang Lebih Baik? | imotorium - November 13, 2016

[…] keknya kebanyakan RK8 yang justru kelihatan lebih berat? contohnya saja adopsi bodi bongsor SHD.. atau dibuat dalam format bus ekonomi seat 2-3 yang sarat […]