Advertisements

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti

trisakti 1

Readers, saat ini khususnya di beberapa kota besar di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan bus intercity ataru dikenal juga dengan busway, dan baru – baru ini mengalami penyegaran armada. Baik itu di Kota Jakarta, Bandung dan Kota – Kota besar lainnya. Seperti salah satu yang mudah kita temui adalah Armada Hino RK8 yang dioperasikan TransJakarta yang menggunakan Body Trisakti Ultima.

trisakti skyliner 2


varian skyliner produksi trisakti 馃檮

Awal mulanya karoseri Trisakti ini didirikan oleh Bp. Widodo pada tahun 1983 di Jl. Raya Magelang – Purworejo Km 10, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah. Fokusnya dalam body manufacturing bus mengantarkan Trisakti sukses menyebarkan produknya ke seantero Indonesia. Banyak tipe body bus yang telah diproduksi oleh Trisakti. Dan penggunanya pun banyak dari berbagai PO.

salah satu varian paling sukses yang pernah dibuat oleh Trisakti adalah varian Old Setra, yang mana banyak sekali PO yang menggunakannya. Varian ini memiliki perbedaan yang besar dibandingkan varian setra produksi Karoseri lain seperti Adiputro (setra), Laksana (comfort), dan Tugas Anda. Varian setra milik Trisakti ini jika diteliti jendela samping bus mulai dari depan hingga belakang sama ratanya hanya ditambahkan selempang samping saja. Satu ciri khas yang unik dari Setra Trisakti ini adalah diaplikasinya spoiler pada ekor bus. Menambah kesan sporty walau hampir tidak berpengaruh pada aerodinamika.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

Trisakti juga bisa dibilang karoseri pelopor dalam memproduksi bus double decker era modern di Indonesia. Jauh sebelum hingar bingar Double Decker yang kini mulai digunakan oleh beberapa bus AKAP. Produk tersebut adalah bus wisata milik Kota Solo yang dikenal juga dengan nama Werkudara. Bus ini dirilis pada april 2012 馃檮

Kini arah desain Trisakti kebanyakan cenderung membuat bus untuk segmen menengah saja. Namun ada beberapa model yang dirasa penulis sangat cocok untuk dijadikan body bus kelas eksekutif ke atas seperti Joybus. Tercatat beberapa PO pengguna setia Karoseri Trisakti diantaranya adalah PO Santoso, PO Ramayana, Perum Damri dan masih banyak lagi.

Untuk medium bus, produk trisakti saat ini bisa dibilang menguasai. Salah satu produk terbarunya adalah Trisakti legend, dan masih ada lagi tipe-tipe lainnya, yang bisa ditemui dengan mudah. Trisakti kini semakin berkembang terbukti dengan didukung oleh 300 karyawan dan tenaga ahli serta area produksi yang kini menempati lahan seluas 20.000 meter persegi. Karoseri Trisakti mampu menggeber produksi hingga 500 unit bus per tahun.

Semoga bermanfaat. (imt)

foto: google, haltebus

Advertisements

25 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: