About these ads
jump to navigation

GIIAS 2016 : Lebih Dekat Dengan All New Laksana Legacy Sky SR2 Scania K310, Mewah !!!! August 15, 2016

Posted by imotorium in : Bus, Karoseri , trackback

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (31)

imotorium.com – Mewah !!! , yap itulah kata yang pertama kali terlontar kala mendekati sosok bus yang diperkenalkan oleh Karoseri Laksana pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang dihelat di Indonesian Convention Exhibiton (ICE) BSD, Tangerang. Berkesempatan langsung mendekati pada hari pembukaan di tanggal 11 Agustus kemarin, tidak penulis sia – siakan untuk segera mengeksplorasi secara keseluruhan 2 unit Armada All New Legacy Sky SR2 ini.

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (1)

Unit yang dihadirkan menggunakan Hino RN285 yang berlabur warna maroon, dan satu unit lagi Scania K310 yang jelas sekali berlabur livery khas dari PO Siliwangi Antar Nusa (SAN). MAri terlebih dahulu membahas si Scania ini.. Desain body dari luar sangat aktraktif dengan penggunaan desain atap “floating roof” yang mana Laksana memainkan desain dengan cantik seolah atap atas hanya ditopang oleh kaca sepanjang body bus dengan melabur pilar – pilar senada dengan warna kaca yang digunakan. Ukuran bagasinya sendiri bisa dibilang luas, walau belum full SHD, namun ini terasa amat besar.. bisa dibilang HD plus / Semi SHD untuk ukurannya.. visibilitas dari kaca depan benar – benar bersih tanpa terganggu aksesoris seperti topi di bus – bus SHD yang mengurangi kenyamanan pandangan dari dalam bus.

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (33)

Headlampnya sendiri merupakan original design dari Laksana, yang mana menggunakan LED dan Daylight Running Light (DRL). Pencahayaan dalam interior sudah terasa bahkan sejak kita membuka pintu dengan penggunaan led yang memberikan nuansa mewah dan futuristik, yang dikenal juga dengan “Lega Light”

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (6)

Masuk ke interior kita akan disuguhkan desain dashboard yang terasa amat mewah. Piano panel melapisi dashboard bersama dengan lapisan kulit – sintetis dari MB Tech. Desainnya memberikan keleluasaan ruang bagi penumpang untuk turun – naik bus dari pintu depan walaupun membawa barang – barang besar seperti tas.

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (12)

Melihat ke atas, bisa dibilang keunggulan dari All New Legacy Sky SR2. Berkat atap yang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya, Laksana dengan percaya diri menyematkan LED TV berukuran 40 inch di depan, yang dapat dilipat sehingga membuat semuanya terlihat clean.

 

ย imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (10)

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (14)

Seatnya sendiri menggunakan produk Versa dengan balutan kulit sintetik, Jahitannya sangat rapih dengan motif yang bertuliskan SAN. Seatnya sangat empuk dan nyaman, tubuh mampu diakomodasi dengan baik dan lumayan pas dengan postur tubuh. Selain itu seat ini juga dilengkapi dengan seatbelt.

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (2) imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (5)

Bagian belakang adalah bagian paling menarik dari bus ini. Karena dilengkapi dengan sofa besar yang sangat nyaman.. Namun sepertinya sofa ini hanya untuk keperluan display produk saat event GIIAS saja.. Tentunya nanti saat sudah beroperasional bisa saja seat ini dicopot digantikan dengan seat yang sama seperti di depannya, atau bisa jadi tetap digunakan bila nantinya bus ini digunakan sebagai armada pariwisata dari PO. SAN . Lantai dan dinding dilapisi wood panel menambah aura ekslusif serta lighting yang juga diletakkan hingga ke bawah sofa.

Baca Juga :

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

GIIAS 2016 : Karoseri Laksana Siap Launching Bus Teranyarnya.. All New Laksana Legacy Sky SR 2 HD

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (4)

toiletnya sempit

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (40)

Posisi toilet dari bus ini berada di tengah, sesuai dengan inovasi Laksana yang memaksimalkan seat arrangement.. sehingga toilet tidak akan memakan banyak ruang. Namun bukan tanpa kekurangan.. bila dibandingkan dengan toilet bus konvensional yang biasanya terletak di sudut belakang bus.. toilet tengah ini terasa sempit. Untuk penulis yang berpostur 170 cm bb 63 kg merasa agak sempit di dalam toilet kala pintu ditutup, tentunya bagi yang agak gemuk jadi susah menggunakan fasilitas ini kala perjalanan.

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (19)

dapur pacu Scania K310

imotorium All New Laksana Legacy SR2 GIIAS 2016 (20)

Overall.. produk Laksana kali ini benar – benar all out. Meninggalkan tradisi – tradisi yang ada di banyak karoseri yang biasanya mengerjakan produk terbaru sebatas minor facelift.. entah mengubah bentuk headlamp, menambah tinggi bus.. atau hanya memberikan selempang kanan kiri saja. Laksana merubah eksterior secara keseluruhan walau di beberapa sisi masih terasa aura Legacy Sky SR2. Namun dengan tampilan yang impresif ini penulis yakin sepertinya Laksana mampu memenangkan banyak hati pencinta bus di Indonesia.. Semoga saja tidak beberapa lama lagi banyak All New Legacy Sky SR2 ini digunakan oleh PO – PO besar di Indonesia.

semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi

About these ads

Comments»

1. FะญะฏY - August 15, 2016

Abah sing beli nu kitu bray ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ http://www.otofery.com/2016/08/modifikasi-mx-king-custom-headlamp-ala.html?m=0

imotorium - August 15, 2016

abah mah AP mania coy

FะญะฏY - August 15, 2016

Scania na kehed,tong mb kuya wae lah di lobakn kituh๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

2. Dani - August 15, 2016

Top dehh buat laksana…

3. keong lelet - August 15, 2016

desain original, itu yang saya suka dari
laksana

4. Martinus - August 15, 2016

Salut buat karoseri yg satu ini. Inovatif,desain ga copy paste dr pabrikan bis eropa/manca.

5. Fawwas Zulfian Riko - August 15, 2016

Desain body depan mirip Irizar yah

BTW yg satunya (RN 285) mana nih reviewnya? G sabar ๐Ÿ˜€

imotorium - August 15, 2016

ditunggu yah ๐Ÿ˜€

6. Nurman - August 15, 2016

min, ini scania 360 opticruise ๐Ÿ™‚

imotorium - August 15, 2016

wah benar ya masih yang k360 opti? soalnya kemarin agak rancu infonya yang didapat.. dan ngga terlalu melihat detailnya. lebih fokus ke bodynya sih.. makasih mas koreksinya.. nanti segera di update ๐Ÿ˜€

Nurman - August 15, 2016

kalo 310nya malah yg transjakarta min, hehehehehe
cuma 6×2 dgn transmisi ZF ecolife

7. hello - August 15, 2016

Iki piro regone…aku arep tuku…cm ga weruh regane piro…..jd ga sido tuku…xixixi

8. Fawwas Zulfian Riko - August 16, 2016

Ini K 360IB Opticruise? Pantes. Karena setahu saya K 310IB udah diskontinyue

9. GIIAS 2016 : Berani Berubah, Transjakarta Laksana Cityline 2 Scania K310 6×2 !!! | imotorium - August 22, 2016

[…] memboyong ini bersama beberapa bus unggulan lainnya seperti All New Legacy Sky SR2. Bus ini tidak menganut lowdeck seperti Scania K250UB yang dipajang pada event IIBT 2016 lalu. […]



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: