About these ads
jump to navigation

Melihat Bus Low Deck MAN 18.220 Karoseri Nusantara Gemilang di Jakarta Fair 2016 July 3, 2016

Posted by imotorium in : Bus, Karoseri , trackback

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (1)

Readers, belum lama sejak event IIBT 2016 yang menampilkan Scania K250UB yang mengaplikasi model Low Deck untuk kegunaan bus kota, ternyata dalam event Jakarta Fair Kemayoran (JFK) atau disebut juga PRJ kali ini ada satu bus kota Low Deck yang turut dipajang juga lho.. Wah, makjoss nih!! :mrgreen:

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (2)

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (5)

Mengambil tempat di Hall B2 yang sama dengan pabrikan sepeda motor dan mobil lainnya, MAN dengan pede memajang 2 unit kendaraan komersialnya, salah satunya bus MAN 18.220 yang menggunakan bodi dari karoseri ternama asal Muria-an, Nusantara Gemilang (Nusgem). Awal melihat penulis sempat pangling juga karena minim sekali info dari bus yang ternyata ikut mejeng di event JFK ini, baru tersadar setelah diamati secara jelas dan membaca spesifikasinya.

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (4)

ac nya pakai TK yang legendaris

Konsep yang dihadirkan sama dengan bus kota Scania K250UB berbody Laksana yang dipajang pada Event IIBT lalu. dilabur livery dominan putih – orange bus ini tampil cantik. Untuk kualitas dan detail eksterior memang deh.. rapih banget khas Nusgem, tampilan ya so-so lah ngga terlalu istimewa, headlamp dan rearlamp yang digunakan terasa biasa saja.. Penulis mencoba masuk ke interior untuk merasakan impresinya..

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (9)

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (6)

Interior sendiri tidak sepenuhnya lowdeck. hanya dari tengah hingga depan saja yang memiliki lantai rendah, dari tengah ke belakang lantainya tinggi karena adanya mesin dan sistem penggerak juga. Kualitas finishingnya termasuk baik. Kaca samping yang luas memberikan pandangan yang leluasa, pintu darurat, dan perangkat penunjang keamanan tersedia. Joknya sendiri sebagaimana lazimnya bus komuter, menggunakan jok fiber dengan sedikit lapisan busa. Tidak ada aksen – aksen wood panel dan sebagainya di bus ini.. karena memang sesuai peruntukannya.

cluster dashboard yang simple.. tidak ada aksen berlebihan

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (15)

lightbox informatif

Mesin yang diusung bus ini menggunakan MAN D0836 berkapasitas 6900 cc yang mampu memproduksi tenaga 220 hp/2400 rpm dan torsi 800 nm/800-1600 rpm. Memang masih kalah dibanding Scania K250UB yang dipajang waktu itu.. namun berhubung kegunaan bus ini untuk dalam kota power dan torsi segitu udah terbilang lumayanlah. Transmisinya sendiri mengaplikasi ZF 6S-850 6 speed yang memiliki rasio pendek. Enak untuk berakselerasi pastinya sesuai kebutuhan dalam kota. Penghenti laju sendiri MAN 18.220 ini memakai sistem dual circuit full air brake, serta tak lupa kapasitas tangki BBM yang lumayan masif mencapai 335 liter.

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (3)

Imotorium Jakarta Fair - MAN 18.220 Nusantara Gemilang (13)

ada yang manjat, mencet – mencet tombol, selfie dll

Karena ini event tahunan yang memang terbilang besar dan pengunjungnya banyak.. jadinya rame banget di dalam bus ini.. banyak pengunjung yang selfie di pintu tengah dan ruang kemudi. Anak – anak pada manjat sana-sini.. lah kok ini mobil pameran ngga ada yang jaga benar – benar..  orang tua yang bawa anak cuek aja biarin anaknya mencet – mencet tombol gratil tangannya sana sini.. harusnya diawasi.. kalo ada yang rusak lah kan sayang.

Kira – kira bus MAN 18.220 ini bakal bertandem bareng Scania K250UB nantinya ngga ya.. buat jadi bus kota di banyak kota besar di Indonesia.. semoga saja :mrgreen:

semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi

About these ads

Comments»

1. Fawwas Zulfian Riko - July 3, 2016

Wih Pegangan buat berdiri nyala juga ya 😁 😁 😁 😁

2. sales mobil honda semarang - July 11, 2016

bisnya keren banget. ada fasiltas wifi gak ya ??

3. william alexander - July 26, 2016

Salam.

4. william alexander - July 26, 2016

untuk kemitraan cara-nya seperti apa…. dan domisili di jakarta di mana…?



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: