Advertisements
jump to navigation

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. January 1, 2016

Posted by imotorium in : Bus, HINO, History, Trip , trackback

Sinar Jaya Travego

Dahulu,PO ini terkenal dengan sorot lampu dim kuningnya kala meminta jalur.. PO ini sempat mendapat julukan sebagai PO yang terkenal dengan kecepatannya, namun kini sudah banyak berubah. Kini orientasi mereka berfokus di kenyamanan penumpang.. Dan inilah.. Sinar Jaya, Kini menjelma sebagai salah satu PO yang memberikan jaminan kenyamanan tanpa harus merogoh kocek yang dalam.. Ya PO satu ini terkenal karena “mampu” memberikan harga yang lebih murah dibandingkan banyak pesaingnya..

Hino Sinjay

Armada bus yang digunakan dari dahulu sejak sekarang masih sama, masih mempercayakan mesin rilisan pabrikan asal jepang, Hino. Dengan varian favorit kini Hino RG dan Hino RK8, Di luar mesin Premium Hino RN 285 dan beberapa Hino RK Turbo. Sinar Jaya termasuk PO yang berfokus di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sinar Jaya sendiri juga memiliki armada modifikasi seperti Hino RG yang menggunakan Air Suspension untuk memberikan kenyamanan pada penumpangnya.

Sinjay RG gombong

hampir semua armada bus PO Sinar jaya selalu menggunakan pintu model seperti ini 🙄

Baca Juga :

Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Kenapa bisa dibilang Favorit? memang PO ini tidak memasukan Service makan sebagai service gratis dalam tiketnya, berbeda dari PO kebanyakan, namun harga Tiket bisa ditekan sehingga menjadi PO yang paling murah untuk saat ini. Sebagai Perbandingan, Untuk Rute Rawamangun –  Jogja Kelas Executive, Sinar Jaya hanya membanderol harga Rp.120.000; saja.. dimana rata – rata tarif semisal untuk Jurusan Jakarta –  Pangandaran sudah mencapai angka Rp 100-105.000 ; kelas yang berbeda (Bisnis AC), sama – sama tanpa service makan gratis.

sinjay 4

sinar jaya adiputro setra 🙄

Kini, Sinar Jaya bisa dibilang menguasai banyak Kota di Jawa Tengah, Kota – kota seperti Purwokerto, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Purworejo dan Kota-kota Iain di di Lintas Tengah – Selatan Jawa Tengah. Oya untuk pool sendiri mereka memiliki pusat di Cibitung, Kabupaten Bekasi. Tepat di samping Kalimalang. Satu hal ketika ingin naik bus sinar jaya ini adalah.. Jangan pernah sekalipun mencoba menghentikan bus ini di luar agen resmi, karena tidak akan dilayani sama sekali :mrgreen: bus ini benar – benar patuh akan peraturan, dan ketika sudah penuh dari agen ya sudah.. bus akan terus berjalan tanpa menghiraukan beberapa orang yang mencoba menyetop untuk bisa naik.

sinjay kr pucung

36 AC Bekasi – Jogja body RS Evo, kala terjebak kemacetan di Karang Pucung akibat truk kecelakaan, alhasil penulis sampai kesiangan 🙄

6DX sinjay

joss nih pas pak botak (pak fathoni) yang bawa.. nyaman dan cepat 🙂

Dan itu yang menjadikan beberapa orang yang sudah merasakan PO Sinar Jaya ini, menjadi setia dengan PO ini kala melakukan perjalanan semisal Jakarta – Jogja. Karena ya udah ketauan Murahnya, Cepatnya, dan Pelayanannya.. Termasuk penulis kala sedang ingin berhemat.. lebih memilih naik Sinar Jaya ini daripada PO lain. Oya PO ini memiliki saudara yaitu PO DMI dan SJLU Starbus untuk Pariwisata 😀

DMI

Starbus

Monggo corat – coretnya di kolom komentar dibawah, Penulis sadar masih banyak kekurangan yang belum penulis sampaikan tentang PO ini. Karena penulis pun masih mencoba menggali informasi lebih jelas tentang PO Sinar Jaya. Atas berbagai info yang berkenan dishare disini Penulis akan sangat berterima kasih 😀 . (imt)

foto: google, bismania

[archives limit=10]

Advertisements

Comments»

1. Munivmotoblog - January 1, 2016
sebarkan.org - January 1, 2016
gudelbalap - March 8, 2016

komennya nggak nyambung gans……………. 😆

Sing Indo - January 1, 2016
gudelbalap - March 8, 2016

reply komennya nggak nyambung ganss…………….. 😆

2. Alki Rahmatullah - January 1, 2016
imotorium - January 1, 2016

telololet

3. Hermawan - MivecBlog.com - January 1, 2016

Di Batam gak pernah naik bis 😀

imotorium - January 1, 2016

bingung mas mau kemana di batam ada bus juga :p ehehehe

4. macantua.com - January 1, 2016

Hino lg…..

imotorium - January 1, 2016

wkwkwkwkw

5. arief - January 1, 2016

ane sering pp bandung wnosobo gan… tapi pke bud*man .. itu murah… dan ane kmaren pas balik dpet giliran jetbushd2+ .. 85rb makan gratis….
kalo sinjay wnsobo bandung pakeny body lama …, tapi yg wnsobo jkt… sinjay nya mantep2… apa lg ngeblongny gan…
jd ane lebih ke bud*man…, hehe . kalo misal sinjay pke jetbushd2+/evonext … ane baru pngen coba…

imotorium - January 1, 2016

joss, kalo budiman yang jawa-tengahan memang selalu dpt kupon makan gratis.

6. Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat | imotorium - January 1, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

7. Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia | imotorium - January 2, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

8. komatkamit89 - January 2, 2016

Korongpocong 🙄

9. sarimin - January 2, 2016

pict yg no. 2* kyaknya di lumbir….(tikungan yg mematikan)

##$&/#/@arek djatilawang 😉wangon

10. mendoan - January 2, 2016

Saya beberapa kali naik bis JKT-Pbg pernah naik Sinjay, Lorena, Pahala Kencana, tp entah kenapa naik Pahala Kencana menurut saya paling enak, soalnya gk sering brenti, body baru, ngebut, pas naik Sinjay harus berhenti lg utk pemeriksaan tiket penumpang oleh perusahaan dipantura mirip razia polisi. Dan dulu saya penasaran naik Sinjay krn cepatnya tp ternyata setelah naik terasa biasa saja, kdng jg gk selalu dpt body bagus. Tp saya akui pas tahun 90an Sinjay seperti gk ada lawan.

bdt - January 5, 2016

yg suka ngebut jgn naek sinjay,

salah kamar

pahala kencana wajra tdk berhenit terus,

karena tdk ada pos pemeriksaan di sepanjang pantura

tapi masalah tarif, sinjay plg murah, walu lebaran sekalipun.

sinjay yg ekskutip bagus semua bodynya, palagi yg air suspensiun

imotorium - January 5, 2016

nah itu tarifnya ini sinjay juara.

bakpao - December 22, 2016

Coba mas naik sinjay 24rc jkt-solo
Dijamin gak lelet, cuma 100k

11. mifta - January 2, 2016

Dr tahun 1999-2005dulu..ini bus favorit gw jkt-tegal…skr dah gak lagi…emg dulu terkenal akan ngeblongnya…skr menjadi bus paling LELET…diantara bus pantura(dewisri,dedijaya,sinarjaya)…membosankan buat saya

imotorium - March 9, 2016

joss, kena limit sih solarnya mas jd ngga bisa ngebut

bakpao - December 22, 2016

Yang trayek baru mas jkt-solo
Solar corrr,cuma 100k :v

12. khsblog - January 2, 2016
13. Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi | imotorium - January 4, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

14. gaplek mania - January 4, 2016

naiknya SJLU pas famgath perusahaan doang … nyaman sih..cuma konfigurasi jok sempit bagi saya yg 175cm

imotorium - January 4, 2016

jos, aku malah belum pernah nyoba SJLU

gaplek mania - January 4, 2016

air suspension nya mak nyuss

15. bdt - January 5, 2016

jgn ngarep ngebut pake bus ini, bus ini walu jalanan sepi jalan santai aja.

cepat plg sewaktu waktu aja, misal lebaran ke 2 kejar balik ke jawa

tapi ini po bis langgan saya

imotorium - January 5, 2016

ngga bakal bisa ngebut, solarnya dijatah kok.. tapi kalo ngejar murah dan nyaman rekomend deh pakai sinjay ini 😀

bakpao - December 22, 2016

Coba yang 24rc, jkt-solo dijamin gak lelet, solarr coorrrr cuma 100k

imotorium - December 22, 2016

Dulu seringnya naik yg jogja, yang solo belum pernah.. Di toll berarti ngacir juga ya mas ? 😁

16. bdt - January 5, 2016

po ini plg disuka konsumen kantoran maupun pedagank kecil,

ngak suka oper penumpang , nyari penumpang di jalan

dan ngak palak harga

17. bdt - January 5, 2016

awal sinjay ngak nyari penumpang di jalan,

kalu tdk salah thn 80 an marak pembegalan bus di pantura.

salah satunya sinjay ini korban,

waktu itu sinjay msh baru dan msh cari penumpang di jln.

setelah kejadian itu, sinjay tdk lagi cari penumpang di jln

18. bdt - January 5, 2016

eksekuti sinjay sekarang dah ngak dapet snack gratis, sebelumnya dapet.

yach biar tarif ngak terlalu tinggi

19. nur - January 8, 2016

Selain solar yg di jatah resiko di jalan itu berat buat crew bus , misal ban meletus aja sopir yg ganti ..blm lg klo ttjadi kcelakaan .kena poin ..dnger sopir yg ngbrol ma krnetnya
kmren naik sinjay k jkt pas kluar tol cbtung mau msuk pol aja kena tegur polisi krn lngsung msuk, ksh uang rokok dah tuh k polkis pk uang pribadi ..
Tp overal mntep deh naik sinjay ,kmren pnumpang cuma brp ekor aja d bawa .tp ya itu lemot cuma bahan salipan..

20. Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi | imotorium - January 11, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

21. nbsusanto - January 11, 2016

dit, eksekutif ac giwangan-rawamangun aku kemaren 110k lho.. artikelku belum terbit sih hahaha.. ya intinya naik ini jangan berharap fasilitas, walau kenyamanan airsusnya patut diacungi jempol.. sayangnya yg tertempel di pintu itu mbelgedhes! pengamen dan pedagang tetep wae masuk.. 😈

btw, starbus sodaraan sama sinjay to? baru tau.. pantes kemaren sinjay ngasih jalan ke starbus pas macet dan starbus di jalur kanan mau balik kiri.. tapi keduluan preman datang, starbus kena bersama banyak bis lain, nah sinjay melenggang mulus di jalurnya.. 😆

imotorium - January 11, 2016

Woh supirnya bedo berarti ro aku jaman dulu.. Dulu jangankan pengamen.. Pedagang aja ga boleh masuk.. Kalo mau belanja mesti turun dulu.. Dulu jogja itu ada trio dx, kode bodi 1 dx, 6 dx sama 5 dx.. Tapi tarif tetep maut toh mbud. 110 k jakarta jogja.. XD bus lain dapat patas non ac pasti

22. gaplek mania - January 14, 2016

katanya yg punya sinjay ini punya diler hino yah..makanya busnya hino semua

imotorium - January 14, 2016

Iya ada punya. Ya udah kerjasama bgtu mbah dodi..

23. susi - January 21, 2016

mohon judulnya diganti/pelayanan terjaga dihapus…sinar jaya kok pelayanan terjaga….duhduhduhhhhhh

24. Kisah Bus Merdeka Utama Group, Mantan Penguasa Jalur Selatan Priangan Timur | imotorium - February 9, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah […]

25. Olea Oil - February 15, 2016

sampai2 saking bagus nya pelayanan kelas ekonomi nya SinjaY dapet penghargaan dari Presiden dan Dishub….Salut n maju terus Sinjay…

26. PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata | imotorium - February 23, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

27. agus s - February 23, 2016

Saya dahulu sering naik SJ karena kecepatannya. Sekitar th 90 an, saat berkonvoy betul2 jadi raja jalanan di Pantura Jawa Barat. Saking cepatnya, waktu itu hampir di setiap Polsek yg dilewati trayek SJ ada bangkai bis SJ karena kecelakaan.
Namun sekarng sdh berubah, SJ jadi bus yg mengutamakan tepat waktu. Kecepatan kadi nomor sekian, dan bagi penumpang yg menyukai kecepatan da kejar waktu, mungkin SJ bukan pilihan yang tepat.

28. Adit - February 25, 2016

Pingin tau sejarah awal berdiri PO Sinar jaya..,

29. Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya | imotorium - February 26, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

30. PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam | imotorium - February 26, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

31. Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup | imotorium - March 3, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

32. Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau | imotorium - March 10, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

33. Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya | imotorium - March 11, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

34. themangan - March 15, 2016

Sinar jaya skr solarnya dijatah tuk menekan jumlah kecelakaan..pecinta bus pasti tau dulu sinar jaya rajanya pantura..g ada yg ngalahin..bus2 muria pun lewat..klo mo nyoba sinar jaya yg paling cepet coba naik jurusan balaraja – wonosobo body 29RB gajah putih pak wahid..sinar jaya tidak menaikan penumpang dijalan karna ada peraturan denda hingga 2 juta rupiah hingga penurunan armada dari AC ke ekonomi dan tidak mendapatkan batangan..banyak yg betah karna uang pensiun cukup tinggi..adik mertua saya pensiunan supir sinar jaya mendapatkan lnh dari 100jt uang pensiunnya

35. Mengenal Hino RN 285, Flagship Bus Hino Di Indonesia Saat Ini | imotorium - March 17, 2016

[…] saat ini Hino RN 285 sudah digunakan oleh beberapa PO besar seperti diantaranya PO. Sinar Jaya yang memadukannya dengan Laksana Legacy SR-1 , PO. Agra Mas, PO. Harapan Jaya dengan Tentrem […]

36. Profil PO. NPM, Perusahaan Bus Tertua Di Indonesia Asal Sumatra Barat | imotorium - March 18, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

37. Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia | imotorium - March 19, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

38. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini(Galeri Foto) | imotorium - April 4, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

39. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini (Galeri Foto) | imotorium - April 4, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

40. Gasoes - April 21, 2016

SJ emng josss

41. irfan - May 23, 2016

RN ya jumlah ya berapa sih??? Malah di pantura saya belum liat RNnya malah RG terus

42. Anak Rant0 - June 18, 2016

Bus Sinar Jaya, bus favorit masyarakat pekalongan-pemalang-tegal. Dari tangerang smp pejagan brebes via tol terus.

43. Adrian - August 22, 2016

Pool-nya ada juga di pasar minggu, hehe..

44. joe - August 25, 2016

iya mas murah, saya naik Executive Kp rambutan-purwokerto cuma 80k

45. Tomi - October 9, 2016

Jadi pengen icip exe nya. Murmer and off course..smoking area 😹

46. Mengenal Si Bus Hitam Membara Asal Jepara, PO Bejeu | imotorium - October 10, 2016

[…] PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga. […]

47. ibnu aqil - January 1, 2017

Saya dri dlu sejak masih SD sering PP bumiayu jakarta naek sinar jaya dan sampe sekarang msih memakai jasa PO sinar jaya karna pelayanannya bagus penumpang dianter sampe tujuan sesuai tiket, saya ga pernah ngalamin di oper ke bus lain , trus bagi mas mas apa mba mba yang suka naek bus kebut kebutan apa iya nyaman istirahat di bus’ny ? Kalo yang mau naek bus kebut bawanya maen maen ke jatim kebetulan saya kuliah di jatim semua PO udah saya naikin terutama yang paling kenceng bawanya , untuk masukannya buat pengurus/direksi PO sinar jaya untuk beberapa bus yang kursinya perlu di perbaiki/di renov ulang mungkin bisa di realisasikan karna kalo tempat duduknya nyaman penumpang juga nyaman, untuk yang exekutif mungkin di kasih free air mineral untuk setiap penumpangnya , untuk rute yang sekiranya jauh bisa di adakan toilet di dalem barangkali ada yang mendadak mau buang air tanpa harus nunggu di tempat istirahat bus sinar jaya, untuk tiket mungkin di tulis sesuai identitas penumpang+no tempat duduknya biar pas waktu waktu tertentu (libur lebaran/natal tahun baru/sekolah) penumpang ga harus desak desakan membeli tiket bus’nya dan bisa tertib mengantri di agen , kesan dan pesan : saya puas dengan pelayan po sinar jaya dan tetap jaga pelayanan terbaiknya kemarin hari ini esok dan selamaya , amin. #tidak ada gading yang tak retak , ada yang tertidur pulas dengan perjalanan po sinar jaya dan mungkin ada juga yang masih kurang dengan po sinar jaya … “Selamat tahun baru 2017 PO sinar jaya



error: Content is protected !!