BusChassis & MesinHino

Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia

Matic Hino RG - City Trans Utama

interior Hino RK8 CTU varian automatic, tidak terlihat ada tuas transmisi bukan

Readers, membahas artikel sebelumnya yang sekilas membahas project PO SAN dalam membuat Bus Bandara berchassis rendah, dimana bus tersebut menggunakan transmisi automatic dari ZF. Kini penulis mau membahas salah satu varian bus transmisi automatic yang sudah lumayan lama beredar di Indonesia, salah satunya adalah buah karya produsen kawakan asal jepang, Hino. Yang kini dipakai beberapa Perusahaan Otobus di nusantara..

Hino, terkenal dengan pengalamannya selama puluhan tahun di Indonesia dalam dunia bus dan truk, tentu bukan waktu yang singkat.. selama itu pula lahir berbagai macam varian produk yang disesuaikan berbagai macam kebutuhan akan Perusahaan Otobus khususnya. Salah satunya yang lumayan bisa dibilang unik adalah Varian Automatic Transmission, dari bus besar.

Ada beberapa operator yang mengoperasikan Varian bus Hino bertransmisi automatic ini, seperti misalnya PO. MGI yang menggunakannya sebagai armada reguler dan City Trans Utama yang berfokus di Bus Pariwisata. Untuk PO. MGI sendiri readers bila ingin merasakan sensasi bus bertransmisi matic tersebut cukup menaiki PO MGI yang memiliki kode body M 0806, melayani trayek Depok – Bandung via Tol Cipularang.

Hino Matic 2

Hino RK8 Matic (?) milik MGI (CMIIW)

MGI matic

jumlah baut rodanya 10

Salah satu tips mudah mengidentifikasi bus Hino bertransmisi otomatis adalah dengan melihat jumlah baut roda. Umumnya pada Hino RG / RK8 varian manual, baut roda yang diaplikasi hanya berjumlah 8 tiap rodanya.. sedangkan pada varian Matic ini sama persis seperti bus – bus keluaran Mercedes – Benz, menggunakan 10 baut.

Hino CTU RS EVO

salah satu bus Hino milik CTU bertransmisi Matic (?) terlihat lubang baut di dof roda depan berjumlah 10

Dari City Trans Utama (CTU), penulis ingat ada dua unit Bus Hino mereka yang mengaplikasi transmisi otomatis, diantaranya adalah CTU 16 berbalut karoseri RS Evo dan CTU 30 berbalut karoseri Laksana Legacy yang menggunakan Mesin Hino RK8-JSK (R260) spesifikasi mesin sama dengan varian manual, menggunakan J08E-UF yang menelurkan tenaga hingga 260 Hp, namun Transmisinya saja yang sudah otomatis.

Baca Juga :

Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia

Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia

Komparasi Mercedes-Benz OH 1836 Versus Scania K360-IB, Mana Lebih Unggul ?

Karakter? Varian Hino matic ini berkarakter khas sama dengan mobil matic kebanyakan.. Akselerasi bawah bisa dibilang tidak segesit varian manual. Namun ketika sudah berada di putaran atas, maka akan terasa menyenangkan. Perpindahan giginya sendiri cenderung terjadi di putaran yang lumayan tinggi karena menggunakan transmisi matik ini.. Bus sama sekali tidak kehilangan torsi kala menanjak, hanya memang konsekuensi dari transmisi matic ini adalah konsumsi bbm yang sedikit lebih boros dibanding varian manual.

Hino Matic CNG RK1

jajaran armada Hino CNG lorena

Oya, tidak hanya untuk bus luar kota, khususnya di Kota Jakarta pun kita bisa menemukan varian bus hino bertransmisi otomatis yang dioperasikan oleh Transjakarta. Tipe yang digunakan adalah bus Hino RK1JSNL CNG, digunakan salah satunya oleh Ekasari Lorena Transport yang juga termasuk salah satu operator dari Transjakarta. Bus ini menggunakan Gas sebagai bahan bakarnya.

Hino Matic CNG

spesifikasi hino RK1JSNL CNG

Bahkan kabarnya, ada beberapa armada PO. Arimbi yang menswap mesin CNG bertransmisi otomatis ini ke chassis Hino AK dan RK mereka. Joss.. sepertinya memang lumayan karena Arimbi sendiri trayeknya lebih banyak menggunakan jalan tol.

Tertarik mencoba perjalanan jauh dengan Hino matic? selamat berburu. (imt)

foto : bismania, CTU

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

44 thoughts on “Mengenal Varian Bus Hino Bertransmisi Automatic Yang Beredar Di Indonesia

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: