BusChassis & MesinMercedes-Benz

Mengenal Mercedes – Benz OC 500 RF 2542, Bus 3 Axle Terpopuler Di Indonesia

Mercedes Benz OC500RF 2542

Alhamdulillah akhirnya penulis bisa kembali merilis artikel setelah sebelumnya terkendala masalah sinyal internet, saat ini sedang di desa mengurus keperluan adik yang baru saja lulus sekolah :D, kali ini penulis akan membahas bus yang lagi jadi Primadona di jagat transportasi darat Tanah Air.. ya.. siapa lagi kalau bukan 3 Axle Mercedes – Benz OC 500 RF 2542. 

Mercedes Benz OC500RF 2542 PO Kurnia
2542 Pertama yang mengaspal di Indonesia, sempat terkendala izin jalan

Bus yang awalnya sempat dijuluki “tronton” ini hadir ke Indonesia pada medio 2014 dan kemunculannya di jalanan ditandai melalui salah satu PO Ternama asal Serambi Mekah, PO. Kurnia, berbalutkan karoseri AdiPutro Jetbus 2 HD. Yang mana saat itu tentu saja menggemparkan karena belum habis hype bus bertenaga besar seperti Scania K Series dan Mercedes O 500 R 1836 yang digunakan di PO – PO besar seperti Nusantara, Harapan Jaya, Budiman.. malah muncul sesuatu yang lebih wah.

Mercedes Benz OC500RF 2542 Engine cooling

2542 ini sendiri khusus untuk yang beredar di Indonesia hadir dalam standar yang disesuaikan dengan kondisi negara kita. Mesin berkubikasi bersih 11.967 cc yang menghasilkan tenaga hingga 422 Hp / 2000 rpm dan torsi sebesar 1.900 nm / 1.100 rpm cukup besar untuk menghela bus ini hanya dengan sentuhan kaki yang lembut. Mesin OM457LA yang tertanam di chassis modular Mercedes – Benz ini sendiri khusus indonesia “hanya” sudah lolos Euro III, dengan Bluetec yang merupakan sistem pembuangan emisi mesin diesel dengan metode selective catalytic reduction (akan dibahas pada artikel khusus selanjutnya). Berbeda dengan yang beredar di luar negeri yang sudah Euro 4 dan 5.. wajar saja dilakukan penyesuaian mengingat kualitas bahan bakar di negeri ini belum begitu baik.

Mercedes Benz OC500RF 2542 Raised Floor Electrical

Teknologi yang tertanam di chassispun tidak bisa dibilang biasa saja. Chassis 2542 ini menggunakan sistem elektronik RF (Raised Floor) yang mana memiliki perbedaan dengan chassis bus kebanyakan.. chassis 2542 ini memiliki “otak” yang mana semua komponen elektronik terintegrasi dengan sebuah sistem yang diberi nama IES CAN. Yang mana fungsinya adalah memudahkan pemantauan kondisi semua unit kontrol dari bus cukup melalui IES Onboard, sistem diagnostik ini juga membantu menekan biaya perawatan bus sehingga lebih murah karena mekanik / teknisi langsung dapat mengetahui part mana yang butuh perbaikan tanpa harus memeriksa secara menyeluruh.

Baca Juga :

Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542

Mercedes Benz OC500RF 2542 as roda

OC 500 RF ini sudah mengadopsi suspensi independen untuk menambah kenyamanan dan kestabilan kendaraan, dan air suspension tentunya menjadi fitur wajib. Bus ini bisa disetel ketinggiannya untuk menyesuaikan medan jalan yang dilalui. Axle roda ketiga juga berfungsi untuk membantu manuver bus kala menemui tikungan tajam atau kala berputar di area yang tidak begitu luas, terbukti walau bus 3 axle ini memiliki panjang kurang lebih 15 meter, memiliki radius putar sekitar 23,9 meter.

Disamping itu, pengereman bus juga semakin ciamik dengan diaplikasinya disk brake, tentu dilengkapi dengan berbagai penunjang keselamatan dan kenyamanan seperti Electronic Stability Program (ESP), Electronic Brake System (EBS), Antilock Braking System (ABS) dan Retarder yang mengatur distribusi pengereman di setiap roda serta ASR.

Mercedes Benz OC500RF 2542 Pricelist
harga chassis 2542 per 2016

Saat ini user 2542 terus bertambah.. bodynya dikreasikan oleh berbagai karoseri seperti AdiPutro, New Armada, Nusgem, RS dan lainnya..  tercatat banyak PO Besar yang menggunakannya baik dalam format SHD ataupun Double Deck seperti PO Pelangi, Sempati Star, Efisiensi, Marissa Holiday dan masih banyak lagi. OC500RF 2542 sendiri di Indonesia dijual dalam 4 varian, yang mana tersedia juga pilihan yang menggunakan transmisi ZF Ecolife.

pandawa iims2542 Efisiensi SDD adiputro.jpg

New Armada Highlander 2542

Semoga bermanfaat (imt). 😀

foto : google, hartono motor, bismania, fb,  pribadi

Contact me :

 

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

27 thoughts on “Mengenal Mercedes – Benz OC 500 RF 2542, Bus 3 Axle Terpopuler Di Indonesia

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: