Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat


OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tasikmalaya – Jalur selatan jawa barat identik dengan pegunungan dan terkenal dengan tikungan – tikungan yang tajam, Jalur selatan sendiri mulai menantang selepas pintu tol cileunyi, Karena setelah melewati dataran tinggi bandung raya.. kita akan disuguhkan trek menanjak dan menurun yang lumayan curam.. beberapa point yang terkenal adalah Nagrek dan Gentong (Tasikmalaya Kabupaten), Bisa dihitung hanya beberapa operator bus yang mau mengoperasikan armadanya di jalur ini, salah satunya adalah Budiman.

OF budiman


Bus yang menjadi saksi perjuangan PO ini sedari awal hingga saat ini 馃檮

Budiman, PO asal tasikmalaya ini mulai memasuki persaingan jalur selatan yang awalnya diisi oleh Merdeka Group (Gardena, Bahagia, Satria, DLL), Aladdin, Perkasa (alm), dan Harum. Dengan armada awal 4 Unit bus bermesin depan, Mercedes – Benz OF 1113. Keempatnya diberi nomor sesuai urutan OF 001, OF 002, OF 003, OF 004. Uniknya, seiring berjalan waktu.. ketika armadanya bertambah banyak dan sudah mencapai kurang lebih 700 unit hingga kini.. keempat bus “pelopor” ini masih dipertahankan untuk melayani trayek yang cukup berat.. yaitu Pangandaran – Bandung.. tentunya sudah mengalami Rebody dengan karoseri laksana.. dan menggunakan AC dengan formasi seat 2-3.

budiman tasik semarang

Dipimpin oleh wakil Walikota Tasikmalaya H. Dede Sudrajat, yang merupakan Putra kedua dari H.Saleh Budiman, perusahaan ini terus berkembang waktu demi waktu dengan mengoptimalkan jumlah armada, tidak ugal – ugalan kala perjalanan, dan selalu mengikuti tren yang sedang hype dalam dunia otobis.

1521 budiman

Armada Budiman Mercedes OH 1521 yang sudah mengalami rebody new setra 馃檮

Baca Juga :

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Budiman juga terkenal dengan kode khasnya untuk panggilan masing – masing tipe armadanya. Berikut adalah sediki rinciannya :

OF – Mercedes-Benz OF 1113, Mesin depan

DS – Mercedes-Benz OH 1518, Donking Short Chassis

DL – Mercedes-Benz OH 1518, Donking Long Chassis

IL – Mercedes-Benz OH 1521, Intercooler

E – Mercedes-Benz OH 1525 (hampir didominasi body RS, dengan ciri khas stiker euro 2. ada bebrapa yang menggunakan Laksana), 1518 XBC (1518 yang sudah tersertifikasi euro 3, dengan perbedaan dari 1518 sebelumnya yaitu聽CC lebih kecil – hanya 4000-an cc 4 silinder-)

2E – Mercedes-Benz OH 1525 Euro 2 (khusus dengan karoseri adiputro travego)

3E – Mercedes-Benz OH 1526 (NG dan NX)

BT – Mercedes-Benz OH 1836聽(Bluetec)

R – Hino RG

HP – Hino AK 215

RM – Mitsubishi RM

RT – Mitsubishi RM Turbo

BM – Mitsubishi BM 117L (?) (Mesin Depan)

VL / V – Volvo B7R

W – Wisata / Weichai (?)

budiman seri w

salah satu dari seri W budiman, menggunakan mesin weichai dengan chassis Mercedes 1521 (?) 馃檮

Bus – bus budiman juga menggunakan berbagai karoseri untuk seluruh armadanya, untuk saat ini Budiman sendiri didominasi dengan produk Karoseri dari Adiputro dengan travego, jetbus, jetbus hi-deck dan jetbus hi-deck 2 dan setra.

Untuk masalah transaksi, budiman ini dikenal dengan pola bayar di bus, artinya kita tidak perlu memesan tiket. Dan untuk saat ini budiman juga sudah membuka online ticketing untuk tujuan seperti tasik – jakarta, tasik – yogya, walau sistem ticketing online ini masih terus mengalami improvisasi. Pola sebaran trayek saat ini sudah mencapai Merak hingga Wonogiri. Cukup luas.. bahkan budiman di beberapa daerah priangan timur sendiri cukup mendominasi, ada trayek yang beberapa diantaranya dimonopoli oleh budiman seperti Pangandaran – Bekasi, Banjarsari – Bogor – Parung, dll.

budiman colt

budiman medium ac

Budiman armada 3/4 atau dikenal juga dengan medium bus 馃檮

Disisi lain, budiman juga memiliki armada medium bus yang berpusat di Tasik, yang juga memiliki trayek ke berbagai daerah seperti cijulang, cirebon, dan ada yang memiliki trayek lumayan jauh seperti Tasik-Cikampek, dan Yogya – Pangandaran.

macet nagreg

Sebagai armada bus asal priangan, budiman sendiri tidak pernah membuka line ke Kota Garut. Sepertinya sudah ada persetujuan antar sesama pengusaha PO asal priangan agar mereka saling berbagi rejeki. Namun disaat – saat tertentu seperti musim liburan panjang idul fitri, tahun baru. bus budiman ini melewati rute singaparna – 聽garut kota untuk menghindari macet berlebih di jalur limbangan – malangbong. (imt)

foto :bismania, google

Baca juga artikel menarik paling update :

31 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: