BusKaroseri

IIBT 2016 : Impresi Bus New Armada Evolander, Audionya Mantap!!! (+Galeri Foto)

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (245) - New Armada Evolander

Readers, dalam event akbar yang bertajuk Indonesian International Bus and Truck exhibiton (IIBT), ada beberapa karoseri besar di Indonesia salah satunya New Armada yang baru saja merilis 2 varian teranyarnya, yaitu Evolander dan Highlander yang mana merupakan varian double decker dari New Armada. Kali ini penulis berkesempatan merasakan langsung nuansa eksterior dan interior keduanya, yuk kita bahas dulu si Evolander ini.. apa saja yang spesial?

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (258) - New Armada Evolander

Evolander, merupakan varian suksesor dari Evonext yang sudah lumayan lama hadir di dunia bus indonesia, Evolander banyak mengalami perubahan desain dibandingkan generasi Evonext, yang mana pada Evonext sebelumnya adalah facelift dari Evobus, yang hanya mengalami minor change saja. Headlamp Evolander kini mengaplikasi model LED dengan DRL seperti yang digunakan oleh AP Jetbus 2/ Setra, dan dilengkapi dengan Foglamp yang berbentuk seperti boomerang. Spion yang digunakan pun dilengkapi pengaturan elektris, sehingga driver mampu menyesuaikan sudut – sudut pandang yang pas tanpa harus mengatur secara manual.

klik foto untuk memperbesar

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (243) - New Armada EvolanderIIBT 2016 - Imotorium Files X10 (249) - New Armada Evolander

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (248) - New Armada Evolander

Dari sisi samping, bus ini tidak dilengkapi pintu untuk driver, akses masuk tersedia melalui pintu depan dan belakang, serta sebuah pintu darurat di sisi kanan belakang. Pintu sendiri menggunakan model bukaan sliding yang mana pada pintu belakang, masih disediakan jendela kecil yang dapat dibuka persis diatas panel pintu. Sangat berguna sekali bila bus ini nantinya disekat untuk smoking area atau untuk sirkulasi udara kala bus diparkir dalam kondisi mesin dan ac mati.

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (244) - New Armada Evolander
Side Garnish dilengkapi LED

Masih dari sisi eksterior, tampak jelas terlihat kini garnish di kaca depan samping lebih tebal desainnya dibandingkan dengan Evonext / Evobus, dan desain fender roda yang khas sejak generasi Evobus dan Evonext tetap diaplikasikan guna menunjang estetika dari Evolander ini.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Nusantara Gemilang (NusGem)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trisakti

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Mayasari Utama

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Trijaya Union

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri German Motor Manufacturing (GMM)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Morodadi Prima

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Restu Ibu

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri New Armada

klik foto untuk memperbesar

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (238) - New Armada Evolander
desain jendela belakang yang tinggi
IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (254) - New Armada Evolander
Desain fender yang tipis dengan tarikan garis yang sporty, kap mesin dilengkapi 2 lubang berukuran lumayan besar dengan kisi – kisi

Dari sisi belakang, bus ini memang terlihat tinggi. Ya, memang di bagian ini auranya agak terasa seperti SHD karena desain kaca belakang yang tinggi tersebut. Menariknya disini adalah desain kap mesin yang memiliki 2 lubang kisi – kisi yang lumayan besar dan rear lamp yang membawa nuansa baru dengan LED. Detail manis disini juga diaplikasikan oleh New Armada dengan menggunakan Muffler Tip yang berukuran lumayan besar, menambah kesan sporty dari bus ini

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (261) - New Armada Evolander
Floornya mengaplikasi aksen kayu
IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (247) - New Armada Evolander
Pandangan luas hingga ke atas

Beranjak ke interior, bus ini dilapisi lantai yang beraksenkan kayu, aksesnya pun mudah karena pintu masuk cukup lebar, dan bila memandang ke atas saat masuk, disinilah poin khas dari Evolander ini, ya.. Evolander mengaplikasi jendela depan yang lebar, bahkan hingga keatas, memberikan kesan wide view.. tanpa mengganggu sudut pandang ke depan dari sisi dek penumpang. Desain inipun dipermanis dengan Dashboard yang berlapiskan wood panel.IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (239) - New Armada Evolander

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (269) - New Armada Evolander
Karena pintu driver di bus ini tidak ada, Hand Brakepun diposisikan disini

Terasa lega bukan? ya memang New Armada berhasil membuat desain yang manis tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang. Untuk bus yang dipamerkan ini menggunakan Chassis Mercedes – Benz OH 1526 (?) , yang mana penempatan tuas rem tangan dipindahkan ke sisi kanan driver, tidak di dashboard.

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (266) - New Armada EvolanderIIBT 2016 - Imotorium Files X10 (268) - New Armada Evolander

Sisi entertaintment bus ini bisa dibilang jempolan !! bagaimana tidak, bus ini mengaplikasi audio system yang jempolan. Suara yang dihasilkan sangat baik dan enak didengar, tidak terasa cempreng atau terlalu boomy. Head Unitnya sendiri menggunakan Pioneer Mixtrax dengan touch screen, didukung pula Pre-amp dari bassfire yang menghasilkan dentuman yang pas dan nyaman.

Beralih ke sisi penumpang, bus ini dilengkapi konfigurasi seat 2 – 2 buatan aldilla dengan lapisan seperti kulit, tidak dilengkapi leg rest. Sisi kenyamanan dirasa cukup. untuk luas lorong kabin sendiri masih terasa lumayan, tidak menyulitkan untuk bergerak masuk ke belakang bus.

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (262) - New Armada Evolander

Namun sayang, desain side garnish yang lebih tebal sedikit berimbas pada pandangan dari row ke-2 pada bus ini. Mungkin bila sudah digunakan secara umum nanti bisa disiasati oleh PO untuk membuat seat row ke-2 mendapatkan sudut pandang lebih ke luar.

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (253) - New Armada Evolander
plakat yang terbuat dari logam, memberikan kesan eksklusif, sesusai dengan taglinenya “stylish luxurious coach”

Dan bagi readers yang penasaran ingin melihat langsung, bisa datang ke Event IIBT ini yang masih akan berlangsung hingga jumat, 1 April 2016. Akses masuknya Gratis. Hanya perlu registrasi terlebih dahulu dengan mengisi beberapa data yang diperlukan.

semoga berguna. (imt)

foto : pribadi

Contact me :

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “IIBT 2016 : Impresi Bus New Armada Evolander, Audionya Mantap!!! (+Galeri Foto)

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: