About these ads
jump to navigation

Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi January 4, 2016

Posted by imotorium in : Bus, Trip , trackback

BM Budiman

Salah satu armada Budiman Mitsubishi BM Pangandaran – Bandung yang masih bertahan

Kapan hari, Penulis sengaja memilih untuk menyambung armada bus untuk menuju kampung yang terletak di Ciamis, Jawa Barat.. Sengaja sih karena bosan jika harus naik armada yang langsung lewat depan rumah penulis.. Seringnya dapat armada yang “itu lagi – itu lagi” selama bertahun  – tahun.. Pilihan saat itu jatuh kepada PO Budiman.. Naik dari Jakarta jurusan Tasikmalaya.. namun penulis memilih turun untuk transit di SPBU Gentong, yang mana menjadi favorit bagi kaum “transit-ers” untuk menuju kota – kota yang lebih timur lagi dari Kota Tasikmalaya.

Kala menunggu, tibalah bus Tujuan Bandung – Pangandaran. Akhirnya memilih naik itu saja dikarenakan busnya lumayan kosong. Seat 3-2  yang tidak bisa disetel sama sekali lumayan bisa dikuasai karena benar – benar sepi.. Pas diperhatikan ternyata.. oh mesinnya Mitsubishi.. mesin depan pula.. yawis.. lanjutt

Perjalanan selama 2 jam dilalui dengan santai.. Mitsubishi BM ini selama perjalanan lumayan “bone-shaking” ternyata perbedaannya lumayan terasa dibandingkan jika kondisi bus terisi penuh.. Karakter khas dari bus – bus bermesin depan.. shockbreaker lebih stiff sengaja diberikan biasanya dikarenakan bus menopang beban yang lumayan besar dibagian depan.

Mitsubishi BM setir

Kemudi Mitsubishi BM 117 L, begitu sederhana.. speedometer tanpa takometer menjadi khas Mitsubishi BM

Gear demi gear coba dilalui.. karakter mesin yang cepat menyalak alias rasio gigi yang pendek juga jadi ciri khas dari Mitsubishi BM ini.. Suaranya sih seru bagi penulis, namun jika menempatkan diri sebagai “penumpang” penulis bilang bus seperti ini kurang nyaman.. lebih nyaman yang bermesin belakang.. karena berisik mesin tadi… juga ada bau khas diesel yang amat terasa..

mitsubishi langsung jaya

Mitsubishi BM Short Chassis 🙄

Baca Juga :

Nissan Diesel, Profil Mesin Bus “Pelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia

Cara Mengidentifikasi Merk dan Tipe Bus Yang Beredar Di Indonesia – Hino AK8

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Mengenal PO Budiman, Penguasa Jalur Selatan Jawa Barat

Akhirnya setelah sukses tidur – tidur ayam.. bus ternyata sudah mendekati tujuan penulis.. yasudah bersiap – siap.. lantai bordes yang beberapa sisinya termakan karat menjadi pandangan mata penulis.. Hebat juga si tua Mitsubishi BM ini.. bukan sembarang mesin.. apalagi rute Selatan jawa barat yang terkenal dengan pegunungannya.. bisa dilahap juga.. Selama ini penulis agak salah menilai bahwa bus mesin depan kurang cocok di rute – rute seperti ini.. rupanya tidak juga… hanya iya satu hal tadi.. Kurang nyaman bantingannya.

mitsubishi bm

mitsubishi bm rukun sayur

BM warga baru

kebanyakan kini jadi bumel

Kini Mitsubishi BM semakin langka keberadaannya.. Di era tahun 90-an hingga tahun 2000an Kramayudha Tiga Berlian (KTB) berhasil memasarkan 2.791 unit. Bahkan ironisnya pada 1999 KTB meluncurkan seri BM117N, dan hanya mampu terjual 12 unit saja. Kini seiring waktu unitnya banyak tergantikan oleh Hino AK8 yang mana kini juga menjadi satu – satunya Chassis Bus bermesin depan yang masih laris dijual di Indonesia.. Entah apa Mitsubishi mau kembali mengembalikan kejayaannya seperti dahulu.. di medio 1990-an.. yang mana kala itu khas dengan suaranya yang melengking..  (imt)

foto : google, bismania

About these ads

Comments»

1. sebarkan.org - January 4, 2016
Sing Indo - January 4, 2016
FЭЯY - January 4, 2016
imotorium - January 4, 2016

jung ngajaran kana panturaan XD

FЭЯY - January 4, 2016
Sing Indo - January 4, 2016

Telolet maksudnya toket ya? Gak paham…

imotorium - January 4, 2016

buset wakakakak.. au tuh si fery kang yang doyan klakson begituan XD

Sing Indo - January 4, 2016

Klakson? Naon deui iyeh… makin gak paham…

FЭЯY - January 4, 2016
Sing Indo - January 4, 2016

Wkwkwk

otoborn.com - January 4, 2016
imotorium - January 4, 2016

wkwkwkwk fery tah pernah nulis kisahnya di ridertasik

otoborn.com - January 4, 2016
2. mbah_anom - January 4, 2016

aya yeuh di cianjur yg gituan mah di pake jurusan jongol bekasi 😀 ntar ane kirim pic nya.
—–
https://mbah69anom.wordpress.com/2016/01/04/opini-gokil-viar-vsr-200-ituuu/

imotorium - January 4, 2016

bus tuwa…

mbah_anom - January 4, 2016
3. yht2506 - January 4, 2016

yang ke tasik udah ga pake tipe ini lagi nih….
—————–
https://yht2506.wordpress.com/2016/01/04/suzuki-wagon-r-3-row-akankah-dijual-di-indonesia/

imotorium - January 20, 2016

jarang… ketemu juga paling di garut, mios masih pake

4. andhi_125 - January 4, 2016
imotorium - January 4, 2016

kadang kurang kuat nanjak juga walau di atas kertas tenaganya sama besar dengan mesin belakang.

andhi_125 - January 4, 2016

pengaruh kopel panjang kah??

imotorium - January 4, 2016

mungkin sih, tapi masa sampai lumayan signifikan begitu terasanya ya..

5. dimensiontripper - January 4, 2016

anggap aja colt l300 diperbesar :mrgreen:

imotorium - January 4, 2016

wkwkwkwkwk L300 malah nyaman pol suspensinya

dimensiontripper - January 4, 2016

L300 yang tak naikin nggak enak soalnya bekas angkut2 sapi, pasir bahkan jenasah tabrak lari… aslinya kayak gimana nggak tau.. taunya cuma pernah jadi mobilnya jeki chen sama ikutan reli dakkar :mrgreen:
—————–
http://www.mobilmotorlama.com/2015/05/mitsubishi-colt-l300.html

6. mas gun - January 4, 2016

PO LURAGUNG banyak pake ni MITSUBISHI,

salam sejatinipun seduluran kang.

imotorium - January 20, 2016

salam seduluran kang 😀

7. mendoan - January 4, 2016

Tp klo buat tarik2an bis bermesin depan lebih mantap, makanya bis2 bumel msh banyak yg pake mesin depan, colek : Sumber Kencono/Sugeng Rahayu, Luragung, Setia Negara dll. Liat aja klo mereka lg ngeblong dipantura, klo bis bermesin belakang identik dengan kenyamanan, ngebut iya tp gk berisik mesinnya

imotorium - January 20, 2016

lebih mantap juga karena roda depan punya traksi lebih akibat bobot yang berfokus di depan bus.. jadi lebih pede belok2 dibanding mesin belakang

Aripin - March 11, 2016

Setia Negara ngak pake BM batangannya pakenya UD,Hino AK, AK mesin FG sama Golden Dragon…

8. Khabib Jetfire - Tonnie - January 4, 2016

Saham Fuso mayoritas dikuasai Daimler-Chrysler, so, biar ngga ngrecokin penjualan Mercy, bus chassis Fuso kagak dipasarin disini lagi. So Sad 👿

imotorium - January 20, 2016

Masih mending Toyota yah, pegang saham Hino… tetap jualan dutro dan dyna beriringan..

9. Mechman212v - January 6, 2016

artinya bis Bumel apaan sih ???
Restu non panda kayaknya masih jalan, tuh juga pake mesin depan…
pernah naik dr Bungur, dpt yang rada kemrosak dan kap mesin depannya (biasa buat tpt duduk tmbhn) gak rapet..

rasanya sesuatu…. kyk duduk dkt mesin Chopper :hammer:

imotorium - January 6, 2016

Kiasan sebenarnya mase, ada yg bilang itu “bus melarat” alias bus murah meriah untuk rakyat yg sekedar menginginkan transportasi asal sampai ke tujuan

10. awansans - January 7, 2016

Bus jurusan solo tawangmangu rata2 armadanya mitsu semua. Rata2 nggak nyaman, getarannya juga kerasa banget

imotorium - January 7, 2016

khasnya mitsubishi itu mas.. tapi ya kenapa jadi kangen ya ngerasain bus mitsu lagi 😀

11. satriabergetar - January 7, 2016

Awal tahun 90an jalur Solo-Semarang dikuasai Po Safari Group ( Safari,Taruna,Satria,Duta Kartika )
Bis nya campur-campur..ada Hino,Mercedes & Mitsubishi.

Bis Mitsubishi karoseri Trijaya Union..kotak,jendela tinggi,jok rendah..penumpang yg pendek bakal ambles ga bisa lihat luar 😀

Larinya kencang,suara mesin khas sangar menderu..per keras & brisik suara kaca jendela beradu..maklum non AC.

Bbrp tahun kemudian banyak armadanya diganti Hino RK-T karoseri (lupa) model Great Panorama.

imotorium - January 20, 2016

jok rendah itu sepertinya cara menarik penumpang mas.. “masih kosong masih kosong” ehh pas naik bangkunya udah penuh XD

12. PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia | imotorium - January 9, 2016

[…] Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]

13. Mengenal Bus – Bus Di Area Tambang, Ground Clearance Tinggi dan Ban Off Road | imotorium - January 19, 2016

[…] Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]

14. Moch rifai - January 19, 2016

Kira2 mercedez mau berbagi market tidak ya dengan mitsubishi?
Minimal mitsubishi bermain di level bersaing dengan kapasitas 170hp ( mitsubishi sudah punya unit FJ1217 mungkin tinggal membuat versi chasis bus saja), 190hp ( bersaing dengan isuzu lt 1 & hino FC190),210 HP ( bersaing dengan hino AK versi engine depan), 235 HP (bersaing dengan hino RK8 235)

imotorium - January 19, 2016

nah itu, sekarang fuso memang dipegang daimler sih.. jadi menelurkan bus mitsubishi keknya agak sulit kecuali mercedes mau buat segmen baru seperti “paket murah” dengan mengandalkan mesin mitsubishi itu.. tapi sulit sepertinya menentukan pricing yang tepat.. kalau menelurkan bus mesin depan untuk head to head dengan hino AK masih ok saja toh OF series sudah tidak dijual lagi khususnya di indonesia.. tapi menelurkan mesin belakang agak sulit rasanya.

Moch Rifai - January 20, 2016

ya itulah minimal bisa share market
sekarang bis AKAP yang pakai minimal 260 HP ( RK8 260, OH 1526, OH1626 ) dengan market dibawah engine 260 HP minimal bisa buat alternatif unit BUMEL AKDP 🙂

imotorium - January 20, 2016

market di bawah 260 hp pemainnya cuma satu dua.. RK8 R235 infonya sudah stop produksi, Mercedes 1521 Eur0 3 sejauh ini konsumennya cuma Damri Bandara saja.. pasarnya masih sangat luas kan berarti.. andai mau menempatkan mesin itu.. bukan cuma buat bumel AKDP aja mas.. buat Bus Pariwisata juga menjanjikan sepertinya..

15. Moch Rifai - January 20, 2016

betul sekali berarti secara market bisa masuk
tinggal menambahkan opsional serta penggunaan air dengan harga yang kompetitif bisa menjadi alternatif pilihan

16. Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia | imotorium - January 28, 2016

[…] Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]

17. Mengenang PO Bus Yang Terkenal Di Masa Lalu, PO Continental | imotorium - February 2, 2016

[…] Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]

18. Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia | imotorium - February 4, 2016

[…] Kisah Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi […]

19. Tomi - October 9, 2016

Saya malah baru tau ada bis mitsubishi. Kirain cuma mercy sama hino aja 😂

Kumplit plit emang nih artikel. Jadi nambah wawasan 👍

20. Terminal Purabaya, Kota Surabaya Bakal Adopsi Sistem Online Ticketing. Check-In ala Bandara, Setuju? | imotorium - October 13, 2016

[…] karena pakai body yang udah SHD, atau karena pakai mesin scania, mercedes, hino, atau ada mania mitsubishi dll.. wkwkwkw) atau susah dapat tiket (berkaca pada kereta api sekarang yang susahnya dapat tiket) […]