BusHistory & Profil

Profil Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

bus

Jakarta – Kali ini sesuai request dari salah satu pembaca setia imotorium.com , mas coey91 yang penasaran dengan salah satu perusahaan otobis asal kota Pasuruan, Jawa Timur. Ya, Pandawa 87 ! Pandawa 87 ini cukup membuat heboh pada dua gelaran event akbar otomotif IIMS 2014 dan GIIAS 2015 karena ternyata menjadi pemilik atas unit perdana rilisan Mercedes-Benz 2542 (IIMS 2014) dan Scania K360 (GIIAS 2015) yang berbalut body karya karoseri ternama asal kota Malang, Adi Putro.

LCD32-72be99d6ef

penggunaan led tv sudah menjadi standar armada pandawa big bus 🙄

Berikut adalah kutipan singkat seputar nama pandawa 87 itu sendiri yang penulis kutip dari web resmi pandawa :

Filosofi Pandawa 87

PO PANDAWA 87 pada dasarnya terdiri dari kata PANDAWA dan angka 87.

Nama PANDAWA itu sendiri berdasarkan pada pemilik atau owner,  H. Gunawan Agung Aprilianto, SE yang terdiri dari 5 (lima) bersaudara. Kelima saudara tersebut semuanya laki-laki yaitu H. Kelana Aprilianto, SE; H. Gunawan Agung Aprilianto, SE; H. Tinton Harfianto, SE;  H. Anton Hardianto, SE; dan H. Ponco Hendiarto, SH. Hal ini sesuai dengan cerita pewayangan PANDAWA, yaitu Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Penggunaan nama PANDAWA semakin diperkuat, karena pada keluarga tersebut terdapat dua saudara kembar,yaitu H. Tinton Harfianto, SE dan H. Anton hardianto, SE, mirip dengan keluarga PANDAWA Nakula dan Sadewa.

Angka 87 itu sendiri memiliki filosofi, angka 8 merupakan simbol angka yang tidak memiliki ujung, dan angka 7 dalam bahasa jawa artinya pitu, berasal dari kata pitulungan, artinya rejeki yang tidak pernah putus. Jadi angka 87 digunakan memiliki filosofi rejeki yang tidak akan pernah putus, dan terus mengalir tanpa ada ujungnya.

Perusahaan yang baru berdiri sejak 17 april 2014 ini berfokus pada pelayanan pariwisata dengan jumlah armada yang terus bertambah hingga sekarang. Warna dasar dari PO ini adalah hijau berpadu antara hijau muda dan tua kecuali pada armada premiumnya yang menggunakan warna maroon.

pandawa iims

foto bus Mercy 2542 pandawa87 di event IIMS 2014

premiumclassBus

setelah resmi jadi armada premium pandawa 🙄

Baca Juga : Raya, Sensasi Seat Pesawat Di Dalam Bus

Baca juga : Isuzu LT 1, Penantang Hino RK8 dan MB 1526

Untuk armada sendiri, Pandawa87 ini tampaknya lebih dominan mempercayakan pada Mercedes – Benz 1626 sebagai pengisi di 3 kelas armada yang disewakan (formasi seat 2-2 dan 2-3) dan menggunakan Mercedes – Benz 2542 dan Scania K360 pada armada premiumnya. Selain itu, mereka juga memiliki armada medium bus dan minibus elf yang dapat diandalkan untuk berbagai keperluan perjalanan.

Jpeg

Rekan Penulis mencoba kenyamanan interior Scania K360 berbalut karoseri Adi Putro 

Lengkapnya di artikel ini : Scania K360 Mewah Terjual kepada Pandawa87

Saat GIIAS 2015 kemarin penulis dan rekan sempat merasakan bagaimana nyamannya interior bus premium yang mereka beli saat event tersebut digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan. wah benar – benar deh jika mereka mau membuka armadanya untuk beroperasi secara reguler pasti bakal banyak peminatnya. ya tapi konsekuensinya perawatan armadanya harus lebih rutin tentunya 😀

kursibelakang

kursibelakang2

lammpu-215962e761

Mari berharap semoga petinggi pandawa mau membuka armadanya untuk bersaing secara reguler dengan PO – PO lain, masih banyak trayek yang menjanjikan sebenarnya jika Pandawa87 mau bermain di segmen reguler bus, penulis beri contoh semisal jakarta – pasuruan via jalur selatan, atau bandung – pasuruan.. atau lagi sekalian bermain di barat dan tengah supaya persaingan makin panas :mrgreen: selatan jawa barat misalnya, masih cukup “hijau” untuk dijadikan lahan garapan PO yang benar-benar berani. Karena banyak tempat pariwisata dan PO yang ada saat ini tampaknya tidak terlalu serius menggarapnya.. semisal pantai pangandaran. Bisa dihitung jari berapa pemain yang mau masuk kesana, padahal ketika musim libur pengunjungnya selalu membludak dan keluhan sama “susah dapat bus” , PO yang ada saat ini di jalur itu terkesan acuh, dan mereka tidak menempatkan armada terbaiknya disana.. sungguh sangat disayangkan. (imt)

foto : pandawa87.com, IIMS

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

32 thoughts on “Profil Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: