Profil PO. Rosalia Indah, PO Ternama Asal Solo Raya

Limited Edition, Digunakan sebagai bus pariwisata. Lihatlah Jendelanya.. dijamin mata dimanjakan oleh pemandangan sepanjang perjalanan :mrgreen:

rosin 7

Readers, bagi penglaju Jawa Tengahan khususnya Solo Raya pasti sudah Akrab dengan Armada bus yang memiliki Livery warna putih orange. Iya.. si Ros-In alias PO. Rosalia Indah. Perusahaan Otobus yang memiliki agen yang tersebar di Jawa dan Sumatra ini merupakan salah satu legenda dari Perusahaan Otobus di Indonesia.

rosin 8

RS Celciusnya Ros-In πŸ˜€

Dipimpin oleh Bapak Yustinus Soeroso dan Ibu Yustina Rahyuni Soeroso, PO. Rosalia Indah dirintis dari titik nol. Awal berdiri tidaklah seindah yang kita rasakan sekarang ini. Dimulai dengan 1 unit Isuzu (elf .red) pada tahun 1983 yang melayani trayek Yogyakarta – Solo – Surabaya hingga MalangΒ . PO ini akhirnya mengembangkan usahanya menggunakan bus pada medio 1987 tepatnya pada bulan mei (AKDP). Biro Perjalanan Umum (BPU) Rosalia Indah berdiri. Β Bus AKDP yang dioperasikan hanya beroperasi beberapa saatΒ dikarenakan kondisi persaingan Angkutan Umum yang sangat ketat di Jawa Tengah saat itu.

Baca Juga :

PO Surya Bali, Si Bus Elegan Dari Pulau Dewata

PO Raya, Nostalgia Seat Pesawat Trijet DC-10 Garuda Business Class Di Dalam Bus Malam

Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia

PO Sinar Jaya, Pilihan Bagi Penikmat Perjalanan Murah Pelayanan Terjaga.

Pandawa 87, Pendatang Baru Asal Pasuruan Nan Elegan Di Segmen Bus Pariwisata

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

PO Sempati Star, Evolusi Dari Bintang Sempati .. Kini Mulai Mendobrak Dunia Otobus Indonesia

Namun berkat kegigihan dan improvisasi di segala hal, perkembangan yang signifikan terjadi hanya dalam waktu singkat. Akhirnya pada 21 Maret 1991 Perusahaan mengantongi izin usaha BPU No. 05/D.2/BPU/III/1991 dengan alamat kantor yang tetap bertahan hingga saat ini. Di Jalan Raya Solo – Sragen KM 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah.

Kondisi ini lantas meningkatkan keinginan Ros-In untuk memperluas jangkauan. Seiring waktu dengan berbagai improvisasi dan riset seputar minat penumpang. Akhirnya hingga saat ini Rosalia Indah sudah memiliki kesuksesan, Memiliki agen yang tersebar di Jawa dan Sumatra, ratusan unit bus, dan juga memiliki di usaha di bidang lain seperti salah satu contohnya Hotel Ros-In yang terletak di Yogyakarta, Jasa Tour & Travel, Jasa Paket Pengiriman, Rumah Makan, SPBU, dan Pabrik Air Minum.

Armada yang dimiliki beragam, dari berbagai merk dan karoseri, serta memiliki bermacam – macam kelas mulai Non Ac, Patas, VIP, Rute Cepat, Executive hingga Super Executive. Tidak hanya itu Rosin juga menyediakan bus pariwisata. Keseriusan Rosin dalam melayani penumpangnya berhasil membuatnya sukses beberapa kali meraih penghargaan dari Kemenhub. Sebagai bus malam yang beroperasi sepanjang trayekΒ Surabaya – Blitar – Ponorogo – Madiun – Solo – Semarang – Jabodetabek – Merak – Lampung – Sumatra (Palembang) Rosin terus berinovasi ditengah semakin ketatnya persaingan antar PO yang menawarkan pelayanan terbaik.

Semoga Berguna.(imt)

foto & sumber: google, bismania, Web PO Rosalia Indah

About Aditya 723 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

21 Comments

  1. owalahh,,rute malang udah dirintis dari dulu toh om, baru ngerti

    aku baru ngerti bis ini sewaktu dulu sering ngawal ibu kalo pas pergi ke Ngawi, sebelumnya sih pake PO Bogor Indah, Bogor-Madiun Maospati. G sengaja sebetulnya nyoba PO Rosin setelah trauma waktu berangkat ke Ngawi ini di php sama PO kelas dunia ke 3, Dewi Sri, dijalan naikin penumpang terus sampe row utk jalan pake bangku plastik (padahal seat 2-3) terkatung2 di term. Solo, bis trouble dan g ada unit pengganti disuruh cari solusi sendiri (f*uck).

    yg bikin keren kalo naik Rosin ini kalo dari arah timur Jawa ke barat Jawa (ngawi misalnya) bis mampir dulu untuk cek kondisi ke hanggarnya di Palur, nilai lebih aja menurut saya om, menambah kepercayaan penumnpang, plus servis makannya yg bagus. cuma sayang gak ada legrestnya (mungkin utk rute saya g ada pilihan kelas tsb), tp tetep PO ini jadi andalan setelah kejadian itu utk ke Ngawi.hee

    ahaha,,curhat jadinya, joss om imoo..

    • hahaha justru semakin bewarna pengalamannya kan mas πŸ˜€ saya sendiri pernah dari jkt ke medan naik PO aceh yang terkenal, di tiket kelas executive pas naik walah rupanya udah ngga seperti dulu, bangku ekstra rapat terus sepanjang perjalanan 3 hari 3 malam mobil selalu mengalami trouble, ngga bisa masuk gigi mundur, akinya bermasalah, terus puncaknya hampir adu kambing di minas, riau gara2 ada truk yg nyalip ga perhitungan. walah.. walau kecewa tapi seru.. πŸ˜€ rosin overall mantap memang pelayanannya, andai mau bermain sedikit lebih jauh hingga pekanbaru saya pasti langganan nih ke sumatra. πŸ˜€

  2. Solo-Jogja-M.enim
    Malang-Solo-M.enim
    2 jurusan jauh ini disaat musim liburan, lebaran menjadi perhatian khusus karena penumpang pasti membludak, tak jarang musim lebaran seperti tahun 2015 yg lalu berangkat 3 armada dari Solo. Pilihan mbak pacar yg tiap tahun paling tidak pp 3x. paling nyaman diantara kompetitor lain

  3. Nyimak mas.
    Ini salah satu bis pilihan saya saat masih muda.Mudik ke Solo 3-4x setahun..pilihannya jelas : Rosalia Indah TANPA AC πŸ˜€
    Walau kelas ekonomi tanpa AC,tapi bis bersih dan memanusiakan manusia.

  4. Min, request artikel tentang papercraft bus min. Hobbi yg bisa jadi alternatif buat yg frustasi nabung buat beli miniatur tapi gak kesampaian

  5. Kecewa dengan pelayanan PO Rosalia Indah cab.semin gunung kidul,seyogyanya Armada yg belum siap pakai/ rusak tidak ditawarkan penumpang/customer,sehingga keberangkatannnya tertunda,yg dijadwalkan pukul 11:30 s/d 14:30 belum siap(dalam perbaikan).

  6. Service nya lumayan n awak bus nya ramah, terbukti dgn perjalananku naik ROSi, dari nganjuk via solo n ganti bus di pool ROSI Palur tujuan indramayu ROSI 398, hmm OK deh,,,,,salam n sukses slalu. ???

9 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengenal PO. Primajasa, Keluarga Dari Mayasari Grup | imotorium
  2. Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau | imotorium
  3. Profil PO. Nusantara, Raja Jalanan Asal Muria Raya | imotorium
  4. Profil PO. NPM, Perusahaan Bus Tertua Di Indonesia Asal Sumatra Barat | imotorium
  5. Sejarah Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Legenda Dan Pelopor Bus Jarak Jauh Di Indonesia | imotorium
  6. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini(Galeri Foto) | imotorium
  7. Lorena 001, Bus Pertama Milik PO. Lorena Yang Masih Dalam Kondisi Baik Hingga Kini (Galeri Foto) | imotorium
  8. Mengenal Lebih Dekat PO Pahala Kencana Dan Sejarahnya, Salah Satu Barometer Bus Nyaman Di Indonesia | imotorium
  9. Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru | imotorium

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.