BusChassis & MesinMercedes-Benz

Mengenal Bus Mercedes – Benz OH 1518 “King”, Sang Legendaris Nan Nyaman

raya 12

Populasi Bus Mercedes – Benz di Indonesia boleh dibilang termasuk paling banyak dibandingkan bus merk lain. Mulai dari seri tua hingga seri paling muda.. namun siapa yang tidak kenal satu ini.. “King”, Mercy OH 1518 yang merupakan suksesor dari seri sebelumnya OH 1113 dan OF 1113, produk yang dirilis awal 1990 an ini kala itu menarik banyak perhatian dan populer digunakan oleh berbagai PO dari penjuru Indonesia.

Budiman DS 042
OH 1518/51 PO Budiman, Chassis pendek yang termasuk seri – seri awal dari OH 1518

OH 1518 hadir dalam 2 varian : 1518/51 (short chassis) dan 1518/60 (long chassis), satu hal yang membedakan dari produk kebanggaan Mercy ini dikala itu adalah “Gengsi”, yap siapa yang tidak kenal dengan nama besar Mercedes – Benz yang terkenal sebagai produsen mobil mewah.. Bus – Bus yang menggunakan mercy ini dahulu identik dengan itu semua, kemewahan. Mesin OM366A Berkapasitas 5.958 cc yang bertenaga berkat pengaplikasian Turbo sanggup menyemburkan tenaga sebesar 180 Hp / 2600 rpm dan torsi sebesar 590 nm / 1600 rpm.

Baca Juga :

Short Trip Tasikmalaya Cimahi Dengan Budiman DL 206 Mercedes OH 1518

Profil Bus PO. Safari Dharma Raya (OBL), Si Gajah Temanggung Pelari Antar Pulau

Penampakan Mercedes OH 1521 Dengan Balutan AdiPutro Jetbus 2+ SHD, Keren Readers !!!

Mercedes Benz OH1518 chassis
chassis OH 1518 untuk pasar amerika selatan

Rangkanya sendiri menggunakan jenis Ladder Frame yang terbukti tangguh, tidak ada hal spesial seperti yang ditemui pada bus – bus jaman sekarang, pada generasi MB OH 1518 ini semua masih sederhana.. suspensi menggunakan tipe daun dengan shock absorber dan stabilizer, penggunaan Power Steering serta Turbo. Sistem rem menggunakan Airbrake dengan tipe rem tromol baik pada roda depan maupun belakang.

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (117)
kolom instrumen dan setir yang masih sering ditemui hingga sekarang

Namun berkat kesederhanaan teknologi itulah yang membuat bus ini disukai oleh banyak operator bus – bus di tanah air. Terbukti OH 1518 ini merupakan bus yang awet, tahan banting, mampu digunakan di berbagai kondisi tanpa memerlukan banyak penyesuaian. Sparepart berlimpah dan perawatannyapun terbilang mudah sehingga mampu dikerjakan oleh mekanik internal PO – PO tanpa harus memakan waktu yang amat lama.

Bus ini sendiri pada masanya belum melalui uji emisi berstandar Euro, sehingga bus ini nurut – nurut saja diajak lari kencang hingga 120 km/h lebih tanpa terkena limitasi kecepatan. Dibejek secara kasarpun mesin bus ini akan langsung merespon tanpa ada pengaturan – pengaturan apapun dari ECU, makanya tidak heran bila langsung digas dalam – dalam pada pada kecepatan rendah bus ini akan menyemburkan asap hitam sebagai akibat pembakaran tidak sempurna dari mesin diesel OM366A tersebut.

ALS-165-D
PO ALS termasuk pengguna terbesar dari mercedes OH 1518 ini

Oleh karena itu tidak heran apabila bus ini jadi Favorit PO – PO yang masih melayani rute jarak jauh ataupun rute – rute pendek yang memiliki medan berat. Karena bus ini fleksibel, mampu menenggak solar di Indonesia yang hingga kini kualitasnya masih bisa dibilang buruk.. apalagi di daerah terkadang secara terpaksa harus menenggak solar yang ngga jelas kualitasnya.. walau terbilang agak boros bbm dibanding bus – bus keluaran sekarang, bus ini masih sanggup melanglang buana.

Kenyamanan chassis tua Mercy inipun masih jadi idola bagi banyak kalangan termasuk penulis.. Banyak PO yang mempertahankan chassis tersebut kemudian meremajakannya dengan melakukan rebody, hingga swap mesin. Seperti misalnya PO Raya yang konsisten dengan pelayanan busnya yang terkenal nyaman.. masih mempertahankan banyak armada Mercy Tua mereka karena dianggap memiliki tingkat kenyamanan yang jauh lebih baik dibanding seri – seri Mercy keluaran terbaru.

old travego

OH 1518 PO. Budiman yang telah mengalami Rebody
OH 1518 PO. Budiman yang telah mengalami Rebody

Mercy pada medio 1990-an juga merilis varian yang lebih bertenaga, identik dengan OH 1518.. Mercy merilis OH 1521 “Intercooler” yang merupakan penyempurnaan dari 1518″King”. Dan kini walaupun produk baru terus dirilis termasuk seri 1518 XBC , 1521 EIII, OH 1525, 1526 dst.. OH 1518 masih menunjukkan keperkasaannya menaklukan perjalanan panjang didepannya.

semoga bermanfaat. (imt)

foto : bismania, google, pribadi

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

17 thoughts on “Mengenal Bus Mercedes – Benz OH 1518 “King”, Sang Legendaris Nan Nyaman

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: