Short Trip Tasikmalaya – Cimahi Dengan Budiman DL 206 – Mercedes OH 1518


DCIM101MEDIA

DL 206 setelah rebody menjadi AP setra πŸ™„ foto saat istirahat di RM

Readers, rute ini bisa dibilang salah satu rute baru yang dimiliki budiman untuk area jawa barat. Memang agak sedikit berbeda karena ada yang bilang rute ini seperti perpanjangan rute Tasik – Bandung yang telah ada sebelumnya. Tapi itu tidaklah sepenuhnya benar.. Penulis kemarin baru saja mencoba rute ini dikarenakan ada keperluan ke Cisarua untuk mengantar adik kembali ke sekolahnya.


DCIM101MEDIA

Pagi itu sekitar jam 8 akhirnya penulis mendapatkan armada yang nyaris saja mau berangkat setelah turun dari bus medium Pangandaran – Tasikmalaya. Bus yang digunakan kala itu sangat familiar dengan penulis.. DL 206.. yang sudah mengalami rebody dengan Setra terbaru dari Adiputro.. Kini menjalani harinya dengan mengisi trayek Tasikmalaya – Cimahi, yang mana sebelumnya DL 206 digunakan untuk trayek Banjarsari – Bekasi, drivernya pun dulu masih tetangga di kampung, Mang Agus. Jadi sudah sering naik DL 206 versi “non ac” dengan body RS Concerto.

 photo OH15059.jpg
 photo OH15060.jpg
 photo OH15064.jpg
2009 –Β dahulu sebelum mengalami rebody πŸ™„

Kini sudah ganteng. Bunyi kriet-kriet khas 1518 masih sedikit terasa. Namun sepertinya Bus ini sudah mengalami banyak perbaikan.. Tenaga si DL 206 ini lumayan berasa.. ketika menanjak di Gentong dan Nagreg tidak mengalami kesulitan.. bahkan di Nagreg sendiri sempat berhenti karena traffic.. dan lanjut menanjak tanpa kesulitan.. walau kecepatannya hanya sekitar 20-40 km/h.. jauh lebih baik rasanya dibanding saat masih berbody rs concerto dulu.

DCIM101MEDIA

seat pitch sebelah kiri lebih rapat dibanding kanan..

DCIM101MEDIA

hujan deras menyambut kala memasuki bandung barat πŸ™„

DCIM101MEDIA

sekilas terlihat perbandingan seat pitch kanan dan kiri. penulis memilih duduk di kanan karena lebih luas

 

DCIM101MEDIA

balkonnya luas.. sepertinya digunakan untuk istirahat kru juga

Perjalanan Tasikmalaya Cimahi pun sempat diguyur hujan deras, dan menerabas banjir di beberapa titik sekitar rancaekek dan dangdeur. lepas cileunyi bus diarahkan menuju tol dan akhirnya keluar di Pintu tol Baros .. rasanya lebih cepat dibanding naik bus yang menuju ke cicaheum .. wajar karena bebas macet sepanjang tol, beda jika naik yang jurusan bandung.. pasti tersendat sejak pasar cileunyi, cibiru, hingga cicaheum πŸ˜€

DCIM101MEDIA

sepanjang jalan mendung πŸ™„

Tarif? kini 45.000 dari Tasikmalaya.. itupun tarif baru yang diberlakukan sejak juli 2015 (pasca lebaran) naik 2000 dari sebelumnya 43.000 . Perjalanan singkat ini berakhir di Cimahi Mall, penulispun langsung melipir ke fast food di mall tersebut dikarenakan lapar.. lumayan sebelum melanjutkan perjalanan ke arah cisarua..

DCIM101MEDIA

semoga trip singkat ini bisa bermanfaat bagi penglaju dari priangan timur yang ingin ke kota bandung.. penulis pribadi lebih merekomendasikan ini terutama yang dari Kota Tasikmalaya kepingin melanjutkan perjalanan ke Bandara Husein Sastranegara karena aksesnya lebih mudah dari Cimahi dan tidak terlalu macet lalu lintasnya dibandingkan dari Cicaheum. (imt)

foto :pribadi

7 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: