Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia


Volvo B7R new

Readers, bus Indonesia saat ini memang didominasi oleh 2 pabrikan raksasa yaitu Mercedes-Benz dan Hino. Selain itu banyak juga bus – bus asal negara – negara Scandinavia yang turut serta meramaikan dunia bus – bus di Indonesia. Kita mungkin lebih mengenal Scania untuk saat ini sebagai pabrikan asal swedia yang memang sudah lama malang melintang di dunia truck dan bus. Tetapi jangan lupakan yang satu ini.. Volvo !! ya.. pabrikan yang masih saudara setanah air Scania ini mulai mencengkram aspal Indonesia pada medio 2000-an dengan produknya “Volvo B7R”

volvo b7r engine d7e


Volvo D7E engine

Mengandalkan mesin 7000 cc (pembulatan) volvo mampu menarik perhatian karena busnya bisa dibilang menerapkan banyak teknologi canggih pada masanya, masuk Indonesia pada rentang waktu 2003 – 2007. Generasi Mesin yang digunakan mulai D7A, D7B, D7C dan yang kini digunakan adalah D7E. Volvo menyematkan teknologi Commonrail pada mesinnya selain Turbocharger dan Intercooler, sehingga mesin ini sudah menghasilkan emisi yang tergolong baik yaitu sudah masuk Euro 3 / Euro 4 / Euro 5. Tenaga yang diproduksipun termasuk besar untuk mesin berkubikasi 7000 cc, mampu mencapai 290 Hp dan torsi yang dihasilkan mencapai 1200 Nm di rentang putaran mesin 1050 – 1650 rpm. :mrgreen:

Baca juga :

Isuzu LT 1, Penantang Baru MB OH 1526 dan Hino RK8 Di Indonesia

Mitsubishi BM, Bus Chassis Mesin Depan Legendaris Andalan Mitsubishi

Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Mengenal Hino AK8

Nissan Diesel, Profil Mesin Bus β€œPelari” Yang Tidak Terlalu Terdengar Namanya Di Indonesia

Power dan Torsi yang besar bukan? ini masih dilengkapi lagi dengan retarder yang sudah terintegrasi dengan gearbox yang berfungsi menurunkan putaran mesin ketika pedal rem ditekan, yang berefek pada engine brake dan bus melambat kemudian baru diambil alih oleh rem cakram yang melanjutkan perlambatan hingga bus berhenti. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi tingkat keausan perangkat rem pada bus sehingga lebih awet.

volvo b7r engine d7e le

chassis volvo b7r pada tahun 2013, sumber bismania

Rangka yang digunakan terbuat dari konstruksi baja kuat dan memiliki permukaan yang datar guna memudahkan karoseri dalam pengerjaan body bus tersebut. panjang maksimum body yang dapat dibangun di atas chassis ini bisa mencapai 12,5 meter.

Volvo B7R budiman

Instrumen Volvo B7R nya budiman VL263 sebelum rebody πŸ™„

Volvo b7r 2013

dan ini versi terbaru dari instrumen volvo B7R (2013), lengkap dengan panel diagnostic digital.. joss

Dari sisi kemudi, driver dimanjakan dengan detailnya informasi yang disajikan dari cluster indikator. tidak hanya Speedometer , Takometer, Odometer, Temperature, Oil meter, Brake Pressure, dan Fuel meter saja.. kita dapat memantau tekanan Turbo juga.. komplit.. jarang ditemui pada bus – bus dari pabrikan lain.

Berikut spesifikasinya πŸ™„ (volvo india)

Engine:
Rear-mounted, 6-cylinder, 7-litre diesel
Output:
D7E290, 213 kW, 1200Β Nm
Emissions class:
Euro 3/Euro 4/Euro 5
Gross weight (GVW):
18 metric tonnes
Gearbox:
6-speed manual, 8-speed manual (choice of 2), 4-speed automatic, 6-speed automatic
Retarder:
Volvo compact retarder / Voith retarder
Suspension:
Air
Braking system:
Disc brakes, ABS, Optional retarder
Rear axle:
Rear axle with choice of seven ratios for best performance in each application area.
Steering angle:
50 degrees

Sayang, kini jumlah populasi Volvo B7R di indonesia semakin berkurang. dikarenakan mahal dan sulitnya mencari sparepart pengganti untuk mesin – mesin Volvo ini. Adapun yang masih bertahan sekarang biasanya adalah dengan mengakalinya dengan cara mencari subtitusi dari merk lain atau menggunakan parts OEM untuk fast moving sparepart atau impor langsung dan itu tidaklah sebentar.

Di facebook malah ada yang menshare unit B7R milik Pahala Kencana yang sudah perpal cukup lama.. tidak terawat.. sangat menyedihkan mengingat ini bisa dibilang termasuk bus yang sangat “keren” pada masanya, bahkan melampaui teknologi yang diusung pesaingnya kala itu.. Di Indonesia sendiri saat itu (2003-2007) tenar istilah “euro 2” terbukti pada bus – bus khususnya yang menggunakan Mercedes (OH 1525, yang lulus tingkat emisi euro 2) pada menempelkan stiker Euro 2. Sedang Volvo B7R adem ayem tanpa membawa embel – embel apapun padahal bisa dilihat sendiri pada spesifikasinya (untuk mesin D7E).. :mrgreen:

volvo b7r pedal

pedalnya 4 πŸ™„

Ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh Volvo, salah satunya adalah menggunakan 4 pedal pada kemudi.. Bukan hanya 3.. apakah fungsinya? ternyata pedal ke empat tersebut adalah untuk mengatur posisi setir. ya.. berfungsi untuk tilt & telescopic. mengatur sudut kemudi dan tinggi rendahnya posisi setir. πŸ™„

Volvo B7R dewi sri

volvo b7r Harjay

volvo b7r SAN

Volvo B7R budiman v264

volvo b7r SA

semua bus yang menggunakan chassis volvo memiliki ciri khas overhang depan panjang, persis scania K series

Banyak PO yang menggunakannya di Indonesia, Budiman , SAN, Sumber Alam, Dewi Sri, Nusantara, Shantika, Harapan Jaya, Pahala Kencana, Metropolitan dan lain – lain.

Semoga berguna (imt)

foto : bismania, google, pribadi

42 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: