Lebih Dekat Dengan PPD “Volgren”, Karoseri Bus Asal Australia Yang Populer Di Ibukota


IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (115)

Readers, bicara tentang bus kota, pasti sudah pernah menaiki atau pastinya sering melihat bus ini, yap bus yang terlihat “tough” di bagian face, dengan jendela depan tipe belah.. dan bumper depan yang terlihat tinggi dibanding bagian samping. Penulis kemarin akhirnya bisa melihat langsung secara detail saat event IIBT 2016, Bus ini memang sederhana secara penampilan, tapi jangan salah.. ini buatan australia, penasaran detailnya?

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (116)


Volgren, Karoseri ini aslinya berasal dari australia, sejarahnya masuk ke Indonesia adalah ketika adanya Event KTT Gerakan Non-Blok yang diselenggarakan pada Tahun 1991. Bus ini didatangkan guna keperluan transportasi yang layak bagi peserta KTT tersebut. Langsung dari Australia secara utuh (CBU) ataupun parsial (CKD).

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (119)

Keistimewaan pada produk Volgren ini terletak pada bahan yang digunakan untuk membuat bus, bus Volgren ini menggunakan plat aluminium yang tahan korosi. Sehingga walaupun sudah seperempat abad berlalu, bus ini masih dalam keadaan layak pakai. Konfigurasi seatnya pun didesain sedemikian rupa sehingga mampu menampung banyak penumpang, untuk seatnya sendiri menggunakan konfigurasi 2-2 yang mampu menampung hingga 42 orang.. leganya lorong dimaksudkan untuk menampung juga penumpang yang berdiri, bahkan pada masanya kapasitas angkut Volgren ini jauh lebih banyak dibanding bus – bus kota produksi karoseri lain.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Nusantara Gemilang (NusGem)

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Adi Putro

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Rahayu Santosa

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Tentrem

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (117)

Untuk Chassis dan Mesin, Volgren membangun bus ini diatas Mercedes-Benz OH 1518, yang mana termasuk bus yang bertenaga pada saat itu.. karena kebanyakan bus yang beredar awal 1990-an masih didominasi oleh Seri Mercedes-Benz OF 1113 dan OH 1113 (prima).

IIBT 2016 - Imotorium Files X10 (118)

Bus produksi Volgren inipun menjadi rujukan desain dari karoseri Lokal pada saat itu, seperti salah satunya adalah Starion, Karoseri asal cirebon satu ini juga memproduksi bus yang mirip dengan Volgren, namun pembedanya adalah di bentuk jendela samping.

PPD Starion

Starion, Perbedaan ada pada bentuk jendela samping

Volgren

Bila ingin mencoba armada Volgren ini, bisa mencicipi salah satunya armada P 213 Grogol – Kampung Melayu. Walau sudah terbilang tua.. sepengamatan penulis jarang sekali menemui bus – bus ini mogok saat melayani penumpang. Walau memang dibilang ngga nyaman sih naikinnya.. tapi lumayan juga bisa nyicip bus bersejarah.. yang entah berapa lama lagi akan bertahan di jalanan ibukota. 🙄

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi, google

 

10 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: