Advertisements
jump to navigation

Sejarah dan Profil PO. Agra Mas, Bus “Wonogirian” Yang Bermarkas Di Jawa Barat December 13, 2016

Posted by imotorium in : Bus , trackback

agra-mas-shd-hino-rn285

imotorium.com – Bus Merah ini tentunya sangat akrab dengan pengguna jasa bus Antar Kota jarak dekat wilayah Jabodetabek, yap.. rute – rutenya mulai dari Karawang sebagai Home Basenya yang mana armadanya menyebar dari Cikarang, Bekasi menuju Tangerang dan Bogor. Rutenya memang lebih banyak melewati tol JORR, dan kini Agra Mas juga punya armada yang siap melayani rute AKAP yang sesungguhnya.. Antar Kota di Pulau Jawa.

agra-mas-bus-jadul-giri-indah-louhan

Sejarahnya pun bisa dibilang berawal dari bus merah asal Wonogiri.. siapa yang ingat dengan PO. Giri Indah? yap.. dulu bus ini jumlahnya cukup banyak untuk bisa ditemui di beberapa terminal besar di Jabodetabek. PO ini adalah cikal bakal dari PO. Agra Mas yang mana Sang Pemilik dari PO. Agra Mas, Bpk. Tony yang merupakan salah satu dari anak Pemilik PO Giri Indah, yang mana sepeninggal sang ayah PO Giri Indah diurus oleh saudara kandung dari Pak Tony yaitu Bpk. David.

agra-mas-isuzu-eks-jepang-tokyu

Agra Mas sendiri merupakan PO yang dirintis dari nol, tidak ada sama sekali sisa – sisa dari GI, keduanya saling berjalan masing – masing.Giri Indah yang asli memulai kembali dengan membeli PO dari Grup Jadi Mulyo asal Solo yang sudah kolaps ketika krismon melanda. Agra Mas sendiri tidak ambil pusing dengan modal awal membuka pelayanan bus yang menyambungkan kota – kota Satelit sekitar DKI Jakarta yakni Karawang – Cikarang – Bekasi dengan Bogor – Tangerang.

agra-mas-bus-kotak-klasik

Armadanya sendiri pun awalnya kebanyakan menggunakan mesin – mesin dari Hino, Mercedes, dan Isuzu yang juga menjadi ciri khas dengan bus berbodi kotak eks – Jepang tersebut yang diimpor ke Indonesia. Walaupun berusia tua namun kenyamanan dan kualitasnya masih jempolan. Agra Mas juga tidak lupa menggunakan kondisi yang ada ini demi membuat bus – busnya nyaman dengan mengeluarkan larangan bagi pedagang asongan dan pengamen naik ke dalam bus tersebut.

agra-mas-agra-icon-bus

Lantas dengan peraturan tersebut banyak penumpang yang mulai mempercayakan Agra Mas karena kenyamannya, dan waktu tempuh perjalanan pun lebih cepat karena ngga ngetem sembarangan walaupun berstatus bus antar kota reguler. Akhirnya pada tahun 2012 – 2013 setelah mantap dengan meraih kepercayaan dari para pengguna setianya, Agra Mas memberanikan diri melangkah lebih jauh dengan membuka beberapa rute AKAP sesungguhnya hingga menjangkau sampai ke Pacitan, Jawa Timur.

agra-mas-interior

Trayek Reguler Antar Kota Antar Provinsi
Tanjung Priok-Solo-Wonogiri-Pacitan
Pluit-Solo-Wonogiri-Purwantoro
Sumber Arta-Solo-Wonogiri-Purwantoro
Pinangranti-Solo-Wonogiri-Purwantoro
Tangerang/Psr Kemis-Solo-Wonogiri-Purwantoro
Tangerang/Pasar Kemis-Solo-Ngawi-Madiun-Ponorogo
Tangerang/Pasar Kemis-Pacitan
Tangerang/Pasar Kemis-Pracimantoro-Giribelah
Bekasi-Solo-Wonogiri-Purwantoro
Karawang-Solo-Wonogiri-Purwantoro
Karawang-Solo-Wonogiri-Pacitan
Ciledug-Lebak Bulus-Pinang Ranti-Solo-Wonogiri-Pracimantoro
Ciledug-Baturetno-Pacitan
Ciledug-Pracimantoro-Giribelah
Bogor-Solo-Prambanan
Bogor-Solo-Ngawi-Madiun-Ponorogo
Bogor-Solo-Wonogiri -Purwantoro
Bogor-Pacitan

agra-mas-shd-mercy-1836

Melayani kelas VIP dan Executive, kini Agra Mas menjelma menjadi salah satu PO besar di Pulau Jawa. Armadanya pun diperkuat dengan mesin dan chassis keluaran Mercedes-Benz. (1521, 1526, 1626, 1836) & Hino (RG, RK8, & RN285) serta body terbaru dari Karoseri besar di Indonesia salah satunya Adi Putro dengan body – body mulai Jetbus HD, Setra hingga SHD. Agra Mas kini berpusat di Klari, Karawang dan memiliki beberapa pool Cabang seperti di Bogor dan Wonogiri salah satunya. Boleh dong share masbro pengalamannya mudik bersama Agra Mas disini.. siapa tau bisa jadi informasi lebih buat yang mencari informasi bus nyaman untuk jarak jauh. 😀

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : bismania, agra mas bus malam (fb)

[archives limit=15]

Advertisements

Comments»

1. wtf170 - December 13, 2016

kemarin pengen mudik naik tu bis…fenuhh…tiket abis
pelayalan katanya bagus…armada arah wonogiri lumayan…kalah bagus ama laju prima yg high dek baru semua

imotorium - December 13, 2016

iya pelayanannya bagus untuk line wonogirian, bersaing ketatlah..

2. wtf170 - December 13, 2016

baru tau ane kl anakny giri indah
kemana sekarang tu bis…kagak pernah liat

Fery Lakalantas - December 13, 2016

Aya alien 😂😂😂

3. Soelarblog - December 13, 2016

Belum pernah naik malahan Mas, Memang sekarang Agra Mas menjadi raja Bus AKAP jurusan Wonogiri- Jakarta dan sekitarnya. Seringnya naik Rosalia Indah dan Armada Jaya Perkasa, pengen nyoba Agra Mas tapi saat ini belum melayani tujuan Serang, Merak kalau arah dari Solo.

imotorium - December 13, 2016

kedepannya semoga saja Agra Mas buka hingga line serang ya mas 😀

4. Soelarblog - December 13, 2016

Belum pernah naik malahan Mas,Seringnya naik Armada Jaya Perkasa dan Rosalia Indah. Pengen nyoba Agra Mas tapi kendalanya tidak ada jurusan ke Serang dan Merak kalau dari arah Solo.

5. pak camat - December 13, 2016

Sayang gak ada yg transit jogja rutenya, padahal pengen nyoba juga…

imotorium - December 13, 2016

itu dia, joss pantura terus dari semarang baru turun ke solo.. Jogja ngga lewat.. coba kalau ada ya 🙂

6. jdgwg - December 14, 2016

Baru tau klo Agra Mas itu “Kembarannya” Giri indah.
Btw apa kabar sekarang Giri indah?

Yg difoto tu Lohan klo g salah deh

imotorium - December 14, 2016

Giri Indah masih ada.. cuma agak kurang jelas kabarnya sekarang.. apalagi semenjak kasus kecelakaan 3 tahun yang lalu di cisarua..

7. ardie - December 14, 2016

Mas tolong bahas jg dong po tasima, dulu waktu jaman sd sekitar tahun 2000’an awal. Pernah naik dari blitar ke jakarta sekarang apakah masih apa tidak Ўªãª po tasima..? Terimakasih 🙂

imotorium - December 15, 2016

Sipp mas, ditunggu yah artikelnya. Saya sendiri pernah lihat tasima itu langsung sekitar tahun 2010 an di Sumatra Utara, tepatnya di Pasar Bengkel.. Lubuk Pakam arah mau ke Kota Medan. Jauh juga euy Tasima mainnya sampai ke medan.. sayang waktu itu ngga terlalu merhatiin detail busnya.. yang jelas saat itu sempat bingung juga Tasima ini PO asal daerah mana 😀

8. black vixi - December 14, 2016

Ini bus paling menguasai di wonogiri 😀 sempat dengar juga cikal bakalnya dari giri indah. Dulu giri indah juga po yg besar, tapi semenjak pernah ada kejadian busnya terbakar itu semakin jarang ditemui dijalan, dari pengamatan saya waktu kecil sih:D. Armada bagus, jarang mogok, penumpang diantar sesuai tujuan biarpun cuma sedikit pasti penumpang akan berlangganan

imotorium - December 14, 2016

impresinya berarti dulu sangat baik ya.. sayang giri indah sekarang udah berbeda.. yah setidaknya Agra Mas bisa mengobati kenangan masa lalu dengan giri indah

9. fandy - December 16, 2016

kalo bus batara msh gk om? ganteng tuh bus, warnanya rame..klo gk salah dl rutenya banjar, tasik-jakarta.

imotorium - December 17, 2016

batara udah ngga ada lagi, rutenya udah dibeli budiman.. dan kalau ga salah masih ada batara yang livery budiman di pool sampai tahun 2011-2012 an

10. nn - December 17, 2016

Nyobain sekali ke Madiun…
Berangkat nunggu jam 2 siang berangkat jam 8 malam pake bus AKDP 1058
Balik di tengah jalan mogok 3 jam, compressor g berfungsi…
Kata orang enak g ngerasain..
Sedih…

imotorium - December 17, 2016

wah berarti lg kurang beruntung dpt armada yg trouble. tapi yaa kalau lagi peak season ya pasti selalu ada armada tambahan walaupun itu bus akdp yang ditarik untuk jadi bus akap

11. anonim - January 19, 2017

Wah agra mas yg tiketnya selalu hbs terjual,klw kebagian itu juga dpt dibelakang,keunggulan agra tempat duduk lega,dri tangerang-krisak star jam 10 sampai jam 12 mlam jos lah,klw gk dpt tiket ya larinya ke laju prima yg lumayan juga ramah,andalan pulkam ya agra mas/laju prima,

12. dhimas sadam husein - January 25, 2017

Agra mas mantap, kmren bulan desember saya dari karawang ke salatiga pake agra mas, pelayanan mantap di sediakan ruang tunggu yg ber ac di pool agra mas klari karawang, crewnya juga sopan dan melayani dengan baik, servis makan bisa di bungkus dan bisa di makan di tempat, supirnya juga bawa busnya kenceng tpi tetep enak buat tidur sampai salatiga tepat waktu, crew menanyakan kepada setiap penumpang hendak turun dimana dan bus akan lewat dimana penumpang akan turun, pokoknya gak nyesel dan keren agra mas mantap!!
Sekian dari saya

13. mambo - January 28, 2017

DULU GIRI INDAH BERSAING SAMA PO WASIS DAN SEKARANG AGRAMAS BERSAING SAMa group gajah mungkur

14. Agra Mas Siap Hadirkan Bus Double Decker Dalam Waktu Dekat, Makjozz Bikin Ngiler!! | imotorium - February 12, 2017

[…] Sejarah dan Profil PO. Agra Mas, Bus Wonogirian Yang Bermarkas Di Jawa Barat […]

15. Intip Lebih Dekat Bus Tingkat Agra Mas Yuk, Juozzz Bikin Kepengen | imotorium - February 16, 2017

[…] Sejarah dan Profil PO. Agra Mas, Bus Wonogirian Yang Bermarkas Di Jawa Barat […]

16. kriezjuliansyah - February 20, 2017

Bus agra mas dari agen cengkal sangat nyaman selamat sampai ciputat..joss lah



error: Content is protected !!