GIICOMVEC 2018 : Melihat Lebih Dekat Chassis Bus Mesin Depan Mercedes-Benz OF 1623


imotorium.com – Sebelumnya pernah penulis bahas nih, bus mercedes-benz OF1623 yang sedianya bakal menjadi pesaing berat dari Hino AK215 dalam penjualan chassis bus besar mesin depan. Ya, tergolong dalam varian entry level, yuk kita mengintip sedikit apa saja sih teknologi dan detail yang dibenamkan ke dalam chassis bus mesin depan Mercy ini sejak terakhir hadir di generasi OF 1113 tahun 1990 an silam?


Mengenal Mercedes-Benz OF 1623 / 1723, Bus Mesin Depan Omni Front Mercy Yang Siap Hadapi Hino AK

Melihat Lebih Dekat Mercedes Benz OF 1113 Superior Coach, Bus Tua Andalan PPD Dikala Darurat

Mengenal Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series

2 dekade Mercedes-Benz hiatus memproduksi chassis bus besar mesin depan. Ya dengan kepercayaan diri yang tinggi dan nama besar mercy harusnya tidak menjadi masalah untuk sedikit down to the earth untuk memproduksi chassis bus entry level seperti ini. Ya, kini bus bermesin depan tidaklah menjadi momok yang dikeluhkan oleh para pengguna busnya, seiring kemajuan teknologi dan karoseri yang semakin rapih dan bagus dalam membuat body, chassis bermesin depan ini dirasa ideal digunakan kembali untuk bus – bus dengan rute tidak terlalu jauh.

Nah, pada detail ini terlihat jelas, chassis ini menggunakan tipe ladder frame dengan suspensi leaf spring di keempat roda. Pengeremannya sendiri masih menggunakan tipe drum brake yang sudah teruji kemampuannya dan daya tahannya. melirik ke sektor mesin, ya tampak sangat rapih, OM906LA dengan kubikasi sekitar 6300 cc 6 silinder yang sudah lolos uji emisi euro 3. Mesin ini juga menancap di bus mercy bermesin belakang seperti OH 1526, dan OH 1626.

Namun tadi penulis sempat lupa bertanya, mengapa power yang dihasilkan hanya sekitar 230 hp saja? sedangkan standarnya OM906LA sendiri di bus bermesin belakangnya bisa memproduksi tenaga 260 hp lho. Setelah diperhatikan langsung sih jelas terlihat, power lebih kecil karena banyak terbuang di drivetrain yang cukup panjang hingga roda belakang plus bisa jadi ada perbedaan di settingan ecu.

Monggo dinikmati detail fotonya

Semoga bermanfaat. (imt)

Facebook Comment
The following two tabs change content below.
Senang naik bus, kapal, pesawat. Hobi naik motor sama foto - foto Apalagi makan, perut karet bisa masuk apa aja. Thanks lho sudah mampir ke warung sederhana ini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, titip link artikel juga monggo. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Komentar Seikhlasnya Yak Disini