Mengenal Mercedes-Benz OF 1623 / 1723, Bus Mesin Depan Omni Front Mercy Yang Siap Hadapi Hino AK


imotorium.com – Lagi hangat nih, sebentar lagi dunia bus tanah air akan datang pemain baru di ranah bus mesin depan yang jadi pilihan ekonomis bagi PO – PO yang eksis dengan trayek ATB atau bus kota berjarak dekat.


Melihat kesuksesan Hino dengan AK seriesnya yang memang sudah eksis sejak lama, membuat mercedes kembali “membumi” dengan menanggalkan gengsi anti bus mesin depan sejak terakhir mercy memiliki unit bus mesin depan OF 1113 yang dahuli meramaikan aspal jalanan indonesia di tahun 1970-an hingga terakhir 1990-an.

Bangun dari hiatus atau tidur panjang, Mercy mempersiapkan senapan barunya Mercedes – Benz OF 1623 / 1723 yang akan datang dengan membawa hal baru, yaitu mesin yang jauh lebih bertenaga dibanding OF 1113 terdahulu. Walau secara chassis masih menggunakan ladder frame yang konvensional

Spesifikasi dan tipe chassis

Dari beberapa foto yang beredar diatas, dapat dilihat bus ini memang nantinya akan jadi favorit banyak PO, jenis chassis yang familiar dengan berbagai karoseri tentu tidak akan menyulitkan dalam pembuatan bodynya. Dapur pacu OM 906LA nya sendiri lumayan menarik karena memiliki kubikasi 6.370 cc 6 silinder yang mampu memproduksi tenaga sebesar 170 kw atau 231 hp pada 2200 rpm dan torsi sebesar 810 nm mulai rentang 1.200 rpm. Kaya torsi nih karakter mesinnya.

Rencana masuknya chassis ini sendiri terkuak dalam event Mercedes-Benz Bus Club of Millionaires yang belum lama ini menyelenggarakan Gala Dinner tahunan yang ketiga di Trans Luxury Hotel, Bandung, (8/12)

Dalam event tersebut, Ralf Kraemer, Managing Director Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) ketika memberikan sambutan memberi clue dengan memamerkan sketsa bus terbaru yang akan dipasarkan MBDI tahun depan.

Berapa Harga Chassis OF 1623 ? 

Kalau ditilik harga pasarannya tentu saja positioningnya akan dibawah chassis mesin belakang termurah mercedes saat ini yaitu OH 1526 dan OH 1521 E III. Karena akan dibenturkan langsing tentunya dengan Hino AK215 yang sekarang jadi favorit hampir semua bus ATB mesin depan di Indonesia. 

Di India sendiri bus ini sudah muncul sejak bulan april 2017 dengan menggunakan nama Bharat – Benz 1623, yang mana penggunaannya sendiri diperuntukan keperluan bus antarkota (intercity).

Dijamin bakal panas nih persaingan bus mesin depan, semoga bermanfaat. (imt)

Facebook Comment

4 comments

  • Tatsumaru

    Hahahaha…., ane kira Hino mah lagi wait n see aja, mumpung Mercy belom keluarin produk mesin depan terbarunya, Hino masih tetep jualan AK215 nya, masih laku koq ngapain diganti, baru ntar klo ntu mesin depan Mercy udah launching dan mulai bikin sales AK turun, bbarulah dikeluarin senjata terbaru mesin depannya yaitu Hino AK8JRSA, dimana punya keunggulan power lebih besar (250ps) klo gak salah, dan tentunya Hino menawarkan harga dan perawatan yg lebihhemat.

    • Reza

      Kalau emang hino ak jadi 250ps ga ganggu pasarnya rk8 r260??masalahnya dari segi harga paling bedanya udah tipis,kalau harga udah tipis rata-rata pengusaha lebih milih mesin belakang.

      • imotorium

        kalau dilihat sih margin antara AK dan RK tetap lumayan jauh. Yang ada kemungkinan RK8 bisa dapat upgrade fitur.. ya sebut saja semacam airsus

  • Bakerun

    Mantap sudah dipasang perangkat rem elektromagnet telma.

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

%d bloggers like this: