Ketemu Bus Medium Adiputro Jetbus MCT, Terinspirasi dari Toyota Coaster

imotorium.com – Saat acara HBD di Pangandaran kemarin, ketika penulis hendak kembali dari acara setelah 2 hari berada di Pangandaran ngga disangka bisa ketemu bus medium Adiputro Jetbus MCT, yang mana ini merupakan bus langka yang unitnya bisa dihitung jari di Indonesia.

Bus ini sendiri disewa oleh AHM untuk transportasi para undangan acara Honda Bikers Day 2018 Pangandaran kemarin. Nah, Jackal Holidays menyediakan armada ini untuk mengantar para tamu blogger dan vlogger menuju Kota Bandung. Penulis yang menggunakan Toyota Hiace tentu saja langsung excited bisa ketemu body bus langka ini, yang biasanya JH cuma gunakan untuk angkutan turis luar negeri.

Inspirasinya jelas, dari Toyota Coaster. Bus medium yang tampilannya lebih mendekati van ketimbang Bus ini dirakit oleh Adiputro diatas chassis Mitsubishi Canter. Hmm, andai kalau pakai Toyota Dyna tentu bakal lebih klop pastinya hehehe. Penulis lantas coba minta ijin untuk foto – foto interiornya bus langka ini karena di event pameran pun sangat susah sekali ketemu bus tipe ini.

Bus ini menganut body yang bisa dibilang rendah. Namun panjang sehingga bisa dipastikan lebih stabil dan nyaman ketimbang medium bus pada umumnya. Posisi mesin ada di depan dan AC yang digunakan tipenya itu AC gantung. Tentu butuh power lumayan untuk mesin dapat menggerakkan kompresor AC-nya. Sepertinya jika dilihat sih tenaga dari Mitsubishi Canter ini akan lebih dari cukup untuk menghela body Jetbus MCT ini

Format seatnya dibuat 2-1 dengan kisi AC yang letaknya diatas. Demi headroom yang tetap lega, pada body Jetbus MCT ini sama sekali tidak disediakan bagasi kabin sebagaimana pada bus umumnya. Sehingga louver AC diletakkan pada posisi agak miring. Dilihat dari bahan seatnya dan bentukannya, jelas ini adalah produk Alldila dengan lapisan kulit sintetik.

Bus ini memiliki 2 akses pintu penumpang di sebelah kiri bus, dan di sisi kanan ada pintu driver serta di belakang ada pintu darurat yang cukup lebar. Tampilan yang menarik lainnya adalah ketika dilihat dari sisi belakang, tampak bus ini memiliki akses ke bagasi kecil di bagian tengah. Dan model lampunya memang sekilas mengingatkan akan stoplamp sedan Toyota Corolla Twin Cam ditambah twin output muffler tip di bumper belakang, kemarin sih ngga ngecek apakah itu berfungsi atau cuma sekedar garnish saja. Dan bila ngga “ngeh” ada logo karoseri Adiputro di sisi kiri belakang, pasti banyak yang nyangka ini adalah Bus Toyota Coaster original.

Semoga bermanfaat ya. (imt)

About Aditya 730 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

3 Comments

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.