BusChassis & MesinKaroseri

Mengenal Tipe – Tipe Chassis Bus Yang Beredar Di Indonesia

Sempati Star K360

Readers, bus  – bus yang kita naiki sekarang boleh dibilang sudah mengalami kemajuan teknologi yang begitu pesat dibandingkan dekade silam, yap.. tidak hanya dari peningkatan kemampuan mesin dan kualitas body, kemajuan inipun sudah banyak dirasakan di Indonesia dengan hadirnya bus – bus  yang menggunakan chassis berteknologi terbaru.. Yap, kebanyakan bus – bus saat ini sudah menerapkan modular chassis, disamping ladder frame chassis.. lantas apa sih kelebihannya?

Chassis OH 1525, dokumentasi PO Nusantara
Chassis OH 1525, dokumentasi PO Nusantara

Sebelum membahas apa itu modular chassis, penulis sedikit membahas si konvensional dahulu, yup.. Ladder Frame Chassis. Chassis ini adalah chassis konvensional yang sudah ada sejak 1930-an, bentuknya menyerupai tangga dimana terdiri dari dua buah batang baja panjang longitudinal yang ditengahnya diperkuat dengan beberapa batang baja lateral.. yap menyerupai tangga. Konstruksi ini menjamin kekuatan dan rigiditas yang baik, sehingga cocok diaplikasikan dengan beban berat. Chassis ini populer karena harga jualnya juga lebih murah.. adapun beberapa merk dan tipe bus yang mengadopsi chassis ini adalah : Hino RK Series (RK8, RKT) Hino RG, Hino AK, Mercedes OH 1518, OH 1521, OH 1525, OH 1526, dan merk- merk lain semisal Nissan CB / RB atau Mitsubishi BM / RM.

als 6Paket diatas atap adalah ciri khas dari PMTOH trayek antar pulau

RS Evo pada Budiman, Mercedes OH 1525
Mercedes OH 1525 salah satu chassis yang menggunakan tipe ladder frame, yang sudah teruji kekuatannya, tidak heran bus – bus sumatra yang sering overload juga masih mengandalkan chassis – chassis tua karena reliabilitasnya

Baca Juga :

Scania K410, Triple Axle Sekaligus Flagship Scania di Indonesia. Rival Berat Mercedes OC 500 RF 2542

Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia

Mercedes Benz OH 1521 E III, Penerus Sang Legenda Si Intercooler OH 1521

Mengenal Varian Mesin dan Chassis Bus Hino RK Series, Inilah Ciri – Cirinya!

Mengenal Mercedes-Benz OH 1525, Pelopor Electrical Engine Management Dari Bus Mercedes Di Indonesia

Mengenal Si Legendaris Mercedes Benz OF 1113, Bus Mesin Depan Mercedes Di Indonesia

Scania K410 2
chassis scania K410

PO SAN Lowdeck

Modular Chassis, ini adalah chassis yang bisa dibilang populer pada saat ini. Bagaimana tidak, chassis ini menawarkan kefleksibelan bagi body builder / karoseri untuk berkreasi dengan produknya. Sehingga bus bisa dicustomize sesuka hati sesuai dengan regulasi yang diberikan dari pabrikan chassis tersebut. Chassis ini biasanya dibuat dengan konstruksi Space Frame yang mana konstruksi chassis ini dibuat dengan besi baja siku / hollow yang disambung. Kelebihan sudah pasti.. bus – bus yang menggunakan konstruksi chassis ini biasanya memiliki keunggulan di kapasitas bagasi yang luas.. karena langsung tembus kanan – kiri tanpa terhalang chassis, atau dibuat low deck seperti pada kegunaan bus – bus apron atau bisa juga dijadikan double deck. Yap.. tipe rangka modular  / spaceframe ini mudah ditemui pada bus  – bus keluaran sekarang, semisal Mercedes 2542, 1836, 1626, Man R37, Scania K410, K380, K310, K124IB dll.

nusgem cityliner dd 11
Mercy 2542, chassis modular

Namun dibalik keunggulan dari modular chassis ini, tentu saja ada point – point yang masih dianggap menjadi kelemahannya. Ya.. kekuatan dan rigiditas. Chassis ini biasanya dikerjakan kembali oleh karoseri – karoseri di Indonesia sebelum dirakit dengan body menjadi sebuah bus. Chassis ini awal keluar dari pabrik biasanya dikirim ke karoseri menggunakan truk trailer, beda dengan chassis ladder frame yang langsung dibawa jalan ke karoseri.. Dalam pengerjaannya tentu dibutuhkan kualitas bahan sambungan dan kualitas pengerjaan yang tidak sembarangan.. salah salah resikonya malah besar.. chassis “sambungan” bisa melengkung atau patah karena tidak mampu menahan beban berat, tentu tidak safety.

6DX sinjay
Sinar Jaya 6DX Hino RG, salah satu contoh bus yang telah mengalami modifikasi pada chassis dan suspensi

Satu hal lagi.. bila diatas sudah menjelaskan dua teknologi chassis yaitu ladder frame dan modular frame.. ada lagi nih chassis unik yang sudah lumayan lama dikreasikan oleh karoseri, yap.. Bus – bus yang sedari awal menganut rangka ladder frame.. mengalami proses “amputasi” dan kemudian dibuatkan rangka space frame dari besi baja siku / hollow. Tujuannya? tentu saja.. untuk meningkatkan kapasitas bagasi. Salah satu contoh yang mudah ditemui ada di bus – bus Sinar Jaya.. Chassis Hino RG pada bus Sinjay berkode 1DX, 5DX, 6DX (wah legendanya jkt-jogja nih :mrgreen:) menerapkan potong chassis ini.. dan membuatkan rangka space frame. Efeknya kapasitas bagasi bertambah.. tidak hanya itu, bus – bus ini juga menggunakan Air Suspension yang memang hasil modifikasi.. melengserkan spring leaf sebagaimana yang menempel pada chassis Hino RG umumnya.. kreatif bukan?

Untuk yang terakhir ini masih dipertanyakan.. apakah pabrikan menyetujui tindakan modifikasi pada chassis seperti ini.. soalnya dahulu ATPM seperti Mercedes – Benz melarang modifikasi seperti ini, dan bila dilakukan maka langsung menghanguskan garansi atas chassis tersebut. Tentu saja alasannya kuat karena desain dari chassis yang dibuat pabrikan sudah dihitung sedemikian rupa demi safety.. apabila ada perubahan atau modifikasi.. tanpa riset terlebih dahulu.. tentu akan sangat beresiko.

fb_img_1458299329564.jpg

semoga bermanfaat. (imt)

foto :bismania, google, facebook, haltebus

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

14 thoughts on “Mengenal Tipe – Tipe Chassis Bus Yang Beredar Di Indonesia

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: