MotorNewsTips BerkendaraWawasan

Skenario Kecelakaan Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor (Part 1)

skenario kecelakaan - trafic

Readers, seiring pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna kendaraan khususnya roda dua, tidak ada salahnya sejenak kita mengingatkan diri masing – masing akan potensi kecelakaan yang dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Berikut atas seizin wak haji Taufik penulis me-reblog ulang artikel yang penulis rasa sangat bermanfaat bagi kita semua 🙂 .

skenario kecelakaan 1

Menurut Superbike Magz, kecelakaan yang menimpa pengendara roda dua banyak terjadi di persimpangan jalan. Kecelakaan ini biasanya terjadi karena pengendara yang akan berbelok ke arah kita dari persimpangan berkata.

“ Maaf, saya Tidak melihat anda melaju” 🙁

Jadi siapa yang salah…wah bakal jadi bahan perdebatan panjang nih, Tapi yang pasti mari kita kurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan ini dengan Defensive Riding.

  1. Mobil Biru ingin berbelok kiri, pengendara sepedamotor (rider) berada pada posisi yang salah, dalam artinya dia nggak melihat dan dan tidak terlihat oleh mobil Kuning.
  2. Saat Mobil biru menurunkan kecepatan, Rider bermanuver menyalip dari sebelah kanan dan tetap dalam kondisi berakselerasi, pada saat itu mobil Kuning pun akan melewati persimpangan dengan berbelok ke kanan.
  3. Rider terlambat mengantisipasi handicap didepannya, ia tidak sempat berhenti dan menghindar sehingga terjadilah tabrakan.

Jadi, bagaimana seharusnya ?

skenario kecelakaan 2

  1. Hindari menyalip pada persimpangan ke kanan karena kendaraan didepan dapat mengambil jalur kita untuk berbelok ke kanan. Sebelum menyalip pada persimpangan ke kiri, yakinkan dahulu jalur yang akan dimasuki dalam keadaan kosong dan aman.
  2. Saat akan melewati sebuah persimpangan, dapatkan semua informasi sebaik mungkin termasuk sinyal – sinyal dari kendaraan disekitar kita, bersiaplah untuk sesuatu yang tidak diinginkan (berdoalah selalu intinya 😀 ).
  3. Tanyalah diri sendiri, apakah kita sudah “terlihat”, Yakinkan diri kita berada dalam jangkauan penglihatan pengendara lain pada persimpangan dengan melakukan kontak mata secara langsung. Bersiaplah untuk sesuatu yang terburuk. (nah, perbanyaklah berdoa 😀 )

Terjemahan bebas dari artikel Majalah SuperBike

Selalu utamakan keselamatan saat berkendara, ingat keluarga selalu menanti kita dirumah 🙂

Semoga bermanfaat. (imt)

source & foto : tmcblog

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

9 thoughts on “Skenario Kecelakaan Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor (Part 1)

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: