About these ads
jump to navigation

Skenario Kecelakaan Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor (Part 2) March 3, 2016

Posted by imotorium in : Motor, Tips Berkendara, Wawasan , trackback

cornering

Statistik majalah superbike menyebutkan kebanyakan kecelakaan di tikungan banyak menimpa rider pemula dan rider yang ugal-ugalan. Tapi jangan kaget bila statistik menyebutkan juga bahwa kecelakaan di tikungan jumlahnya merosot saat kondisi jalanan basah …Tanya kenapa ?

Masih lanjutan dari artikel sebelumnya, yang penulis re-blog dan ada sedikit penambahan, dari artikel wak haji taufik Tikungan memang menjadi sebuah keseruan sendiri bagi rider apalagi dikala berkendara, terkadang karena terlalu percaya diri dibekali oleh setup motor yang prima dan ban yang bagus ditambah cuaca yang bagus membuat rider yakin dapat melibas tiklungan dalam kecepatan tinggi, hal ini tentu sangat berbahaya.

skenario kecelakaan 3

  1. Rider memasuki sebuah tikungan dengan kecepatan terlalu tinggi, sehingga gagal memprediksi radius tikungan karena late braking, Ingat ini bukan Sirkuit !!
  2. Karena terlalu cepat posisi belok menjadi melebar sehingga mendekati marka pembatas jalan.
  3. Rider gagal mengantisipasi ujung tikungan, panik sehingga menutup gas dengan spontan
  4. Rider kebablasan melewati marka jalan, sehingga dapat saja mengalami benturan dengan kendaraan pada arah yang berlawanan

Skenario Kecelakaan Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor (Part 1)

Bagaimana seharusnya kita mengambil sikap ??

skenario kecelakaan 4

  1. Tekan Rem perlahan, lepas gas, dan hindari menekan kopling (bagi motor manual), pertahankan kecepatan ideal yang nyaman untuk dapat melibas tikungan seraya memperhatikan tanda-tanda di depan.
  2. Masuki tikungan dengan kondisi dan posisi dimana kita dapat melihat semua yang akan dihadapi, sisakan ruang antara kita dengan jalur arah lawan. Ingat posisi yang kita lihat di depan merupakan posisi tujuan kita.
  3. Jangan mendadak menambah kecepatan di tikungan, karena reaksi sepeda motor kadang tidak bisa kita prediksi walau kita sudah hafal betul karakter motor kita sendiri.

Ingat readers, kadangkala emosi sesaat dapat membawa penyesalan seumur hidup. mending kalau cuma diri sendiri yang jadi korban, tapi kalau sampai keluarga yang ikut susah gara2 kita kecelakaan lantas bagaimana? kasihan kan?

semoga bermanfaat. (imt)

source & foto : tmcblog, indianmotorcycle

About these ads