Demam Mobil Hatchback, Sedan Bakal Kembali Populer?

Imotorium.com – Mobil hatchback adalah sebuah tipe mobil dengan 2 baris seat yang bagian belakangnya lebih pendek dari mobil sedan dan pintu bagasi menyambung ke kaca belakang. Artikel ini saya buat karena belakangan ini sering dapat rekomendasi youtube tontonan rally competition.

Saya senang dengan mobil kencang, dan rally adalah tontonan yang menarik karena disana menunjukkan pure skill mengemudi. Namun berasa sekali membosankan di satu sisi karena kontestannya saat ini semuanya menggunakan satu tipe mobil yang sama yaitu hatchback. Tidak seperti jaman dulu dimana mobil hatchback dan sedan berkompetisi sengit mencetak waktu tercepat di lintasan.

Baca juga :

Group B Rally, Kompetisi Balap Rally Paling Ganas Dan Berbahaya Yang Pernah Ada

Memang sebenarnya hatchback itu sudah ada sejak dulu, beriringan dengan sedan. Jika melihat daftar harga pasaran mobil platform yang sama namun beda bentuk misalkan contoh kecilnya antara Honda Civic Estillo (Hatchback) dan Civic Genio (Sedan) maka jelas terlihat bahwa harga bekas Civic Estillo jauh lebih mahal dibanding harga bekas Civic Genio.

Padahal dulu ketika kondisi masih dijual saat masih baru, jelas varian sedan dijual lebih mahal dibandingkan varian hatchback (sebenarnya sampai sekarangpun demikian kondisinya, harga baru varian sedan lebih mahal dibanding varian hatchback). Karena demand akan permintaan hatchback lebih tinggi, dan orang senang bentuknya yang pendek itu memudahkan ketika bermanuver di tempat sempit.

Dan karena demand yang tinggi itu kini hampir semua pabrikan mulai mengurangi bahkan menghilangkan varian sedan dari daftar line upnya. Dalam keadaan seperti ini tentu hatchback semakin banyak jumlahnya dan sedan akan semakin sedikit jumlahnya. Malah beberapa nama yang tadinya sedan kini berubah jadi hatchback, sebut saja contohnya Suzuki Baleno.

Dan tentu saja, dengan semakin langkanya mobil tipe sedan seperti ini, bukan ngga mungkin akan mendongkrak kembali harga pasaran bekasnya menjadi lebih mahal. Okelah saat ini belum terlihat sekali efeknya, namun perlahan tapi pasti orang akan kembali mencari mobil sedan karena ingin tampil beda, karena senang akan nilai historisnya, dan karena mobil itu sudah tidak diproduksi lagi pastinya.

Semakin langka maka akan semakin mahal, itu sudah merupakan hukum ekonomi. Maka dari itu, buat yang punya uang saat ini, ngga ada salahnya mulai pelihara satu mobil sedan yang juga ada tipe hatchbacknya semisal tadi itu, Honda Civic Genio. Pendapat awam saya harganya akan naik kembali beberapa waktu mendatang, akan sama gelapnya harga bekas mobil ini seperti varian hatchbacknya yaitu Civic Estillo. Beberapa tipe sedan lainnya juga sepertinya bakal tetap bertahan tinggi atau cenderung naik seiring populasinya yang berkurang misalnya Toyota Corolla.

Kalau mobil lain seperti yaris-vios, jazz-city, dll kayaknya masih akan tetap sama saja dalam beberapa waktu mendatang karena populasinya masih banyak, untuk sedan – sedan eropa sepertinya sih sulit naik lagi karena stigma yang melekat di benak banyak orang yaitu “maintenancenya mahal”.

Ini murni opini saya saja lho ya, silahkan bila ada yang mau menanggapi atau berbagi pengalaman, bisa tulis di kolom komentar dibawah, salam. (imt)

foto: google images

About imotorium 812 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.