BusNews

Imbas Cadas Pangeran Longsor, Tarif Bus Bandung – Cirebon dan Sekitarnya Meroket

bus-bandung-cirebon-1

imotorium.com – Agaknya para perantau ataupun warga sepanjang jalur kota Bandung dan Cirebon /Kuningan harus agak menahan diri bulan ini untuk bisa kembali sekedar berkumpul dengan keluarga setiap weekend tiba, imbas dari bencana alam yang terjadi dua hari yang lalu, Lajur yang menghubungkan Bandung dengan Cirebon yakni Cadas Pangeran yang terkenal dengan sistem cantilevernya mengalami longsor.

jalur-cadas-pangeran
dok. tribratanews polres sumedang

Akibatnya, rute yang menjadi pilihan utama dan paling dekat dalam menghubungkan kedua kota tersebut tidak dapat digunakan untuk sementara, maka dari itu terpaksa para operator mencari alternatif yaitu memutar via tol Purbaleunyi – Cikampek lalu melanjutkan kembali ke arah Cirebon melalui tol Cipali.

Baca Juga :

Sejarah Karoseri Ternama Di Indonesia, Karoseri Laksana

Mengenal Bus Mercedes Benz OH 1518 King, Sang Legendaris Nan Nyaman

Akibatnya, biaya operasional dari bus – bus antar kota tersebut membengkak, selain harus lebih banyak mengkonsumsi bbm, awak bus juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar tarif tol. Seperti yang dikutip dari salah satu media nasional, para awak bus terpaksa menaikkan tarif dari awalnya Rp. 60.000; per orang menjadi Rp. 75.000; , atau sekitar 25% dari tarif normal. Tak hanya itu, wacana seputar pelarangan truk dengan bobot diatas 8 ton yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (PerGub) No.24 Tahun 2010 tentang Pengendalian Lalu Lintas Angkutan Barang di lintas jalan Cadas Pangeran agar benar – benar diterapkan sepenuhnya.

bus-bandung-cirebon-2
Selain Damri, ada juga PO Bhinneka yang eksis melayani rute Bandung – Cirebon

Musim memang sedang unpredictable setahun kebelakang ini, bulan september yang seharusnya masih masuk musim kemarau sudah sering hujan dimana – mana, malah bisa dibilang tahun ini ngga ada musim kemarau sama sekali. Oleh karena itu tetaplah waspada kala berpergian dan tetap berdoa semoga Allah selalu melimpahkan keselamatan pada kita semua dimanapun berada.

Semoga bermanfaat. (imt)

photo & src : republika, jadwalbis, blackbackpacker

 

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “Imbas Cadas Pangeran Longsor, Tarif Bus Bandung – Cirebon dan Sekitarnya Meroket

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: