GIICOMVEC 2018 : Intip Bus Volvo B11R 3 Axle Steady Safe Untuk Armada TransJakarta


imotorium.com – Masih dari GIICOMVEC 2018, Volvo akhirnya merilis armada bus besarnya kembali yang mana kali ini digunakan untuk armada TransJakarta yang dioperasikan oleh Steady Safe. Ini menarik sebab Volvo agak jarang sekali terdengar dengan produk bus besarnya. Terakhir yang populer di Indonesia itu adalah Volvo B7R yang mana bus itu punya tenaga sangat besar dan sangat nyaman sekali dalam perjalanan.


Volvo B11R ini hadir dengan konsep Bus Rapid Transit, Dengan 3 axle roda yang mana semuanya ditopang oleh peredam kejut air suspension dilengkapi retarder dan mesin berkapasitas 10,8 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 370 hp dan torsi maksimal sebesar 1770 nm. Tenaga sebesar ini disalurkan ke roda dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang diproduksi oleh ZF bertipe ZF 6AP2000B. Transmisi ini tergolong canggih karena dilengkapi Automatic Idle Shift dengan Torque Converter yang akan memindahkan transmisi ke netral secara otomatis saat bus direm hingga berhenti. Transmisi besutan ZF ini juga sudah terintegrasi retarder dan ECS.

Mengenal Volvo B7R, Bus Bertenaga Besar Asal Swedia Yang Masuk Ke Indonesia

GIIAS 2016 : Berani Berubah, Transjakarta Laksana Cityline 2 Scania K310 6×2 !!!

 

Seluruh pengereman dipercayakan pada disc brake yang terintegrasi melalui Electronic Braking System generasi 5. EBS ini berfungsi untuk mengendalikan sistem Antilock Braking System dan Electronic Stability Program yang membuat bus tetap dalam keadaan stabil dan terkendali penuh walaupun sopir menginjak rem dalam keadaan panik.

Karoserinya sendiri dibuat oleh Laksana, yang mana memang menghadirkan kualitas terbaik untuk body bus ini. Interior ya standar bus transjakarta masa kini, namun ini formasi seatnya semua dibuat searah ke depan, seat pitchnya juga agak leluasa nih.

area kemudinya terbilang sederhana untuk bus canggih seperti ini

Nah, silahkan dicermati spesifikasinya berikut ini :

Volvo B11R  Spec
Length : 13m – 14m
Engine : Volvo D11K
Power : 370hp /430hp /460hp
Transmission : Volvo I-Shift Automatic or ZF Ecolife
Suspension :Volvo Beam or IFS
Brakes : Disc + ESP + VEB and Brake Blending, Hill Start Aid and Brake Assistant
Safety features : EBS – Electronic Braking System featuring ABS and ASR functions (Antilock and Antislip) ESP – Electronic Stability Programme. Driver support system including Collision Warning, Emergency Braking system (CWEB), Lane Keeping Support system (LKS). Adaptive Cruise Control (ACC) available as an option (only on I-Shift Gearbox).
Transmission : Volvo AT2412E I-Shift fully automated 12 speed gearbox with integral retarder. Optional ZF Ecolife 6AP2000B 6 speed automatic hydraulic transmission available (370hp engine only).

Semoga berguna. (imt)

Facebook Comment
The following two tabs change content below.
Senang naik bus, kapal, pesawat. Hobi naik motor sama foto - foto Apalagi makan, perut karet bisa masuk apa aja. Thanks lho sudah mampir ke warung sederhana ini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, titip link artikel juga monggo. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Komentar Seikhlasnya Yak Disini