About these ads
jump to navigation

Singapura Akan Ujicoba Bus Besar Yang Berjalan Otomatis Tanpa Pengemudi October 27, 2016

Posted by imotorium in : Bus, News , trackback

singapore-autonom-bus

imotorium.com – Bila selama ini kita hanya membayangkan dalam angan atau sekedar menonton film – film science fiction seperti yang hadir di beberapa film terkenal sebut saja salah satunya “The 6th Day” yang dibintangi Arnold Schwarzenegger, yang di film itu menaiki taksi saat menuju pulang ke rumahnya.. tanpa pengemudi. Kini hal itu semakin dekat setelah belakangan ini mulai muncul banyak riset untuk mobil tersebut.. yang terbaru datang dari Singapura, negara tetangga kita.. yang akan mulai menguji coba bus otomatis tanpa pengemudi.

Dirilis laman Techcrunch, uji coba ini akan dilakukan dengan rute antara Nanyang Technological University menuju CleanTech Park, yang hanya berjarak kurang dari 1 kilometer. Rute ini memang terbilang amat pendek, bahkan jalan kaki saja paling hanya berkisar 15 menit. Namun rute ini bila berhasil dalam penerapan uji cobanya akan berpotensi diperpanjang hingga stasiun MRT Pioneer yang berjarak sekitar 2 kilometer lebih dari NTU. Ini menjadi tantangan tersendiri karena untuk mencapai Stasiun MRT tersebut karena rutenya akan mengambil lalu lintas kota pada umumnya dan tentu saja menuntut Navigasi yang lebih baik bagi kendaraan otonom tersebut, agar tidak terjadi kecelakaan saat bus otomatis ini masuk ke jalan raya.

singapore-autonom-minibus-ntu

Bus yang dioperasikan sendiri akan dihadirkan dua unit yang mana telah mengadopsi teknologi hybrid sehingga ramah lingkungan, diharapkan dengan adanya dua bus ini akan sanggup mengangkut 80 penumpang dalam uji coba tersebut dan mampu memberikan hasil sesuai keinginan. Sebelumnya Proyek rute antara CleanTech Park dan NTU sudah ada sejak 2013, yang mana masih diujicobakan dengan shuttle bus berukuran mini (shuttle pilot). Lam Khin yang merupakan VP Research NTU, mengungkapkan bila proyek ini berhasil.. tentunya akan diterapkan juga di berbagai bagian kota dari Singapura.

Mercedes Autonom Bus

Daimler Mercedes Autonom Bus, Desainnya itu lhoo..

Sebagai catatan, sebelumnya Mercedes-Benz sudah lebih dahulu melakukan uji coba serupa.. diberi nama Future Bus, yang mana saat itu menempuh jarak 12-mil atau sekitar 19 kilometer di sekitar kota Amsterdam. Tidak ketinggalan China juga sudah merilis bus driverless-nya sehingga amat menarik mengamati perkembangan teknologi ini.. 

Indonesia kapan nih… semoga bisa nyusul dalam waktu 5-10 tahun lagi lagh.. hehehe

Semoga berguna. (imt)

foto : google, techcrunch, daimler

About these ads

Comments»

1. Mas Muslim - October 27, 2016

Bisnya keren om…anti mainstream…Indonesia kapan ya…

Motor belum sampai konsumen, eh udah ada printilan part CBR250RR…ini datangnya dari mana ya?
https://bmspeed7.com/2016/10/27/motor-belum-sampai-ditangan-konsumen-anehnya-sudah-ada-printilan-part-cbr250rr/

2. Budi Santoso - October 27, 2016

kuweren iki, Indonesia trus kapan

3. jbmsfc - October 27, 2016

Yang Mercedes-Benz bukannya namanya “City Pilot” ya?

4. ndesoedisi - October 27, 2016

di Indonesia algoritma programnya bakal rumit banget karena nantinya harus bisa memutuskan jika ada rider sein kanan belok kiri dan sebaliknya 😀

https://ndesoedisi.com/2016/10/26/power-cbr250rr-terkuak-apakah-pestanya-bubar/



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: