Advertisements

Bule pun Takjub, Keberanian “Supir Medan” Dalam Membawa Bus

bus intra

PO. Intra

“Supir Medan” ya… siapa sih yang ngga pernah dengar istilah itu, walaupun sebenarnya “supir medan” itu adalah sebuah kiasan untuk supir – supir bus asal Sumatera Utara. Memiliki kebiasaan membawa kendaraan dalam kecepatan tinggi dan selalu sampai tujuan lebih cepat dari perkiraan. Itulah yang membuat “TradeMark” ini terkenal luas.

Berikut adalah sebuah dokumentasi yang diambil oleh seorang ekspatriat, kala merekam keganasan lalu lintas di Sumatra utara, salah satunya adalah PO asal Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara.


Dilihat dari video diatas, tampak beberapakali ekspresi heran dari sang perekam video dan teman semobilnya kala  melihat konvoi intra grup (Intra dan Sentosa), apalagi ketika salah satu Bus Intra kelas ekonomi mencoba menyalip mengambil lajur kanan hingga mendekati Sesama bus Intra lainnya yang berlawanan arah.. hingga nyaris “adu kepala”, berhasil membuat si perekam video dan teman – temannya sempat panik 🙄

Pengalaman bersama keluarga dulu.. ketika berkendara keluar kota dengan mobil pribadi.. bila bertemu rombongan bus intra ini, maka pasti selalu memutuskan untuk mengalah saja.. karena bus – bus ini selalu bermain dikecepatan tinggi.. daripada kita malah jadi korban keganasannya 🙄 malah dulu ayah penulis lebih senang mengajak keluarga naik kereta api untuk ke kota seperti Pematang Siantar.

Satu poin unik lagi.. kondektur disini bertugas sebagai navigator yang membantu supir memutuskan bus aman untuk bisa “menyalip” atau tidak, sudah menjadi tradisi dari dulu.. hampir setiap PO asal sumatra utara.. Pasti kondekturnya mengeluarkan sebagian badan sambil melambaikan tangan untuk meminta jalur kepada kendaraan lain yang akan dilewatiya.

Dari pengamatan penulis, video diatas diambil di sekitaran daerah Kisaran – Asahan, atau di perjalanan antara tebing tinggi – siantar, Sumatera Utara. Di video tersebut jelas terlihat Bus Intra jalan dengan sistem konvoi.. biasanya sih supaya kalau ada satu bus yang bermasalah, maka bus yang lainnya siap membantu. 🙄

Jadi kangen pulang ke Medan. (imt)

Baca juga artikel menarik paling update :

Advertisements

13 comments

Sharing Pengalaman Atau Komentar Masbro Disini Ya

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: