Kereta Api Siantar Ekspres, Pilihan Nyaman Menuju Ke Danau Toba

imotorium.com – Sumatra Utara terkenal dengan banyak lokasi wisata yang murah meriah, salah satunya adalah Danau Toba, Kereta Api Siantar Ekspres bisa jadi pilihan agar kita bisa mencapai Danau Toba dari Kota Medan dengan nyaman, dan pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan kereta api tersebut.

Kereta Api Siantar Ekspres ini merupakan salah satu kereta api yang melayani perjalanan dari Stasiun Besar Kota Medan. Kereta ini dahulu dalam perjalanannya selalu digabung dengan KA Putri Deli menuju Tanjung Balai Asahan, dan baru dipisah rangkaiannya di stasiun KA Tebing Tinggi. Namun seiring waktu dengan meningkatnya okupansi Kereta Api di Divre 1, kini Putri Deli dan Siantar Ekspres sudah memiliki rangkaiannya masing – masing.

Kini, rangkaian kereta yang dahulunya dihela lokomotif seri BB 302 / 303 ini melayani perjalanan menuju Kota Siantar dengan tarif yang bisa dibilang sangat murah, tarif Kereta Api Siantar Ekspres hanya Rp 22.000 saja, itu hampir setengah harga dari tarif bus yang melayani rute serupa dari Medan ke Siantar. Dan karena sudah ada regenerasi lokomotif kini KA Siantar Ekspres ditarik menggunakan lokomotif seri BB 203, terkadang menggunakan lokomotif CC 201.

Baca Juga:

Pertama Kali Perjalanan Dengan Kereta Api Serayu Pagi

Saya memutuskan naik kereta ini dan menginap semalam di Siantar untuk keesokan paginya menuju Danau Toba. Kereta diberangkatkan sekitar jam 14:00 dari Stasiun medan dengan membawa hanya 4 gerbong penumpang saja. Dan selama perjalanan ini ternyata tidak ada aktivitas dagang dari prama ataupun prami seperti halnya kereta jarak jauh pada umumnya.

suasana kereta api siantar ekspres

Perjalanan yang menyenangkan, karena sudah 20 tahun lebih saya tidak merasakan perjalanan dengan KA Siantar Ekspres ini. Terakhir naik kereta dari Medan ke Siantar itu sekitar tahun 1997, tentu saja perjalanan ini sepintas mengingatkan saya dengan masa lalu. Yang berbeda jelas terasa adalah sudah tidak ada lagi penjual makanan khas seperti mie pecal, peyek udang, bihun, sate kerang dan lain – lain yang sangat menggugah selera sejak Kereta Api mengalami perubahan besar – besaran di tahun 2013 silam.

Pemandangan yang disuguhkan dalam perjalanan ini didominasi oleh luasnya persawahan, yang diselingi kebun sawit, kebun karet dan ladang jagung. Dan keunikan naik kereta api di lintas Sumatra Utara ini sesekali kita akan melihat bangunan kuburan yang cukup megah berada di tengah sawah, selain itu juga ketika masuk Kota Tebing Tinggi akan disambut bau menyengat yang berasal dari pabrik pengolahan karet.

Detail perjalanan saya suguhkan dalam bentuk video di channel saya brosist, silahkan ditonton sampai habis hehehe.

Oya, berikut ini ada Jadwal Kereta Api Medan Siantar PP

Semoga bermanfaat.(imt)

About imotorium 812 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.