Fitur Di Youtube Yang Sangat Bermanfaat Untuk Saya

imotorium.com – Kini sebagai platform video nomor satu di dunia, Youtube menjadi sebuah “search engine” raksasa selain mesin searching engine utama yaitu Google. Apalagi setelah update algoritma pada tahun 2018 kemarin, menjadikan Youtube menjadi “search friendly” di situsnya Google walau tidak semua video, namun beberapa yang direkomendasikan Youtube akan turut muncul di Google sebagai referensi.

Fitur Story & Komunitas Youtube bisa digunakan untuk mengembangkan channel dan blog

Dan seolah tidak ingin kalah dari platform sosial media, Youtube kini juga menyediakan fitur “story” yang sebelumnya didahului oleh fitur “komunitas” yang penulis rasa amat sangat bermanfaat. tampilannya sendiri sih lumayan serupa dengan “story” milik Instagram dan Facebook. Dan bicara efektifitasnya, fitur ini cukup efektif untuk berkomunikasi dengan subscriber dan dari sana Penulis bisa mendapat feedback yang seharusnya Penulis lakukan untuk channel Youtube yang sedang berkembang ini.

Daily average subscribers ini saya ambil dari socialblade. cukup akurat walau saya tidak menampilkan jumlah subscriber di Youtube agar penonton lebih fokus ke konten yang saya buat.

Apalagi dengan semakin bertumbuhnya jumlah penonton diseluruh dunia, dan tentunya juga brosist paham kalau mayoritas masyarakat di Indonesia khususnya lebih senang menonton dibanding membaca. Youtube ini jadi wadah yang mudah untuk berbagi ilmu, wawasan dan pengalaman selain sekedar hiburan semata. Pendapat pribadi Penulis sih memang cukup mudah untuk berkembang di Youtube apalagi kalau sudah pengalaman di dunia blogging, masalah optimasi SEO dan bagaimana caranya agar konten kita berada di puncak pencarian tentu bukan masalah yang sulit.

Fitur ini bisa didapat bila channel memiliki engagement yang bagus. Penonton yang selalu menonton video dan aktif berkomentar, Subscriber yang terus bertumbuh dan keaktifan kita sendiri di Youtube tersebut seperti menonton dan berkomentar di channel lain

Salah satu video Penulis yang berada di puncak pencarian youtube, bersanding dengan Vlogger yang subscribernya sudah ratusan ribu hingga jutaan. Bukti bahwa Youtube merupakan platform yang cukup adil

Youtube dan Blog Berjalan Beriringan

Tentu akan sangat positif efeknya bila berjalan beriringan, karena dari Youtube kita akan mudah dikenal apabila konten kita memiliki kualitas yang bagus. Efeknya tentu saja pada peningkatan traffic menuju blog yang juga ikut naik. Jika brosist bertanya “Mas, mana sih yang lebih mudah… menjadi seorang blogger atau vlogger?” Penulis tentu akan jawab menjadi seorang Vlogger jauh lebih mudah. Ngga perlu skill edit kelas dewa asal konten bagus pasti akan naik. Sudah itu ekosistemnya Youtube juga cukup fair, video berkualitas bagus akan mudah engage-nya ngga perduli jumlah subscriber berapapun dan ngga butuh riset keyword SEO yang mendalam seperti Blog.

Dari sisi biaya, berkarya Youtube juga bisa lebih murah. Ngga perlu yang namanya sewa hosting, bayar domain tiap tahunnya, ngga perlu beli plugin ini itu untuk memboost performa agar bisa tampil di puncak pencarian. Malah cukup modal “smartphone” saja dan niat tentunya sudah bisa memproduksi konten berkualitas. Tentu akan lebih bagus lagi bila memiliki “gear” yang mumpuni tapi ya itu bila kontennya monoton siapa yang bakal menonton?

Proyeksi pertumbuhan channel kedepannya dari socialblade. Saya ambil sampel dari channel blogger lainnya juga disini. 

“Bikin sensasi aja bang kayak channel yang rajin trending dll, biar cepat melejitnya terus banyak duit” ah Penulis mungkin masih bisa dibilang cukup kolot untuk hal ini. Bikin sensasi itu bukan hal yang cukup sulit kok, namun Penulis masih ingat bahwa semuanya itu adalah pemberian dari Tuhan. Tentu apa yang Penulis dapat dari konten yang Penulis hasilkan akan dipertanggungjawabkan nantinya di akhirat.

Udah ya, intinya sih segini aja dulu… jangan lupa ya untuk nonton dan subscribe imotorium VLOG. Penulis selalu akan menghadirkan video yang berkualitas dan bisa bermanfaat bagi brosist semua.(imt)

About Aditya 785 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

2 Comments

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.