Nissan New Livina Resmi Hadir, Semirip Apa Dengan Xpander?

imotorium.com – Livina dengan basis Mitsubishi Xpander akhirnya meluncur. Jaman sekarang nampaknya antar pabrikan kini sudah tidak ada lagi kata gengsi dengan desain khas sendiri. Demi cuan yang segar, kenapa musti malu jualan barang yang serupa tapi dengan rasa yang sedikit berbeda.

Saya sendiri sebenarnya menyukai desain Nissan Grand Livina sejak keluar pertama kali 2008, bahkan berhasil meracuni beberapa teman yang baru pertama kali akan memiliki mobil akhirnya memilih livina. Pointnya sih simple, butuh mobil yang muat banyak, enak dibawanya dan lebih sering dalam kota.

Livina sebelumnya punya poin dari sisi peredaman kabin yang bagus, kemudian juga posisi berkendaranya mirip sedan jadi nyaman. Namun minusnya cuma di transmisinya saja, rasionya agak berat di bawah jadi kurang enak untuk berakselerasi dan menanjak.

Masuk ke era Livina bin Xpander ini, Nissan seperti benar – benar terkesan malas, malas riset desain baru sendiri. Lebih prefer pakai platform dari XM Concept yang akhirnya didagangkan dengan nama Xpander oleh Mitsubishi. Jadi lebih berasa MPV nya dengan body lebih berkesan tinggi dan jangkung dan grille depan yang punya bahasa desain mirip X-Trail walau tak bisa dipungkiri, masih berasa garis facianya Mitsubishi disana.

Memang sepertinya berkesan kalau Nissan sekarang itu agak “malas” untuk develop produk baru sendiri dan lebih memilih kerjasama dengan produk laris yang sudah ada, kalau kita ingat saja di Livina sebelumnya butuh waktu 10 tahun lebih hingga akhirnya benar – benar ganti model menjadi seperti ini.

Ini bukan pertama kalinya sih merk diluar Astra grup yang menjual produk satu platform. Sebelumnya sudah ada Suzuki & Mazda yang jualan Ertiga – VX1, Mitsubishi & Suzuki yang jualan Maven & APV dan lain sebagainya.

Saya belum bakal tulis detailnya dari Nissan Livina Baru ini, bila ada kesempatan mungkin bakal dituang ke Video Vlog saja supaya ketauan build qualitynya, apakah tetap “Nissan” atau tidak.

Spesifikasi Nissan New Livina

Harga Nissan New Livina

Nissan jualan Livina ini dibagi menjadi beberapa tipe, terendah ada tipe E, EL, VE dan tertinggi tipe VL, hmm menarik!! menggunakan taksonomi yang nyaris serupa dengan Toyota yang sudah laris manis, Nissan meninggalkan taksonomi khasnya yang seperti selama ini kita kenal seperti SV, XV, HWS. Harganya pun mulai 198,8 juta rupiah (tipe E) paling murah dan termahal tipe VL 261,9 juta rupiah.

Worthed kah buat sebuah LMPV? Di pasaran kita masih bakal menemukan pilihan yang lebih baik tentunya, tinggal masalah selera saja. (imt)

About imotorium 812 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.