Test Ride Yamaha New R25 Di Sentul, Handlingnya Enak Banget

imotorium.com – Jadi kamis kemarin (8/11) di Sirkuit Sentul selain mengetes Yamaha FreeGo 125, imotorium juga dapat giliran Test Ride Yamaha New R25 Di Sentul. Sekaligus ini pertama kalinya imotorium turun di aspal sirkuit sentul yang cuacanya pagi itu mendung mesra.

Seperti biasa, sebelum riding tentu para peserta yang terdiri dari Media, Blogger, dan undangan Komunitas melewati medical check up singkat untuk memastikan rider dalam kondisi sehat walafiat. Dan briefing singkat untuk pengenalan sirkuit sentul serta briefing keselematan.

Semua rider yang turun dibagi menjadi beberapa kloter, dan imotorium kebagian kloter ke-5. Tiap kloter dijatah 4 lap. Oke deh, jadinya imotorium test ride FreeGo dulu seperti yang sudah bisa dibaca disini reviewnya :

Test Ride Yamaha FreeGo, Pas Banget Buat Urban Commuter

Giliran bejek Yamaha New R25 pun tiba. Nah, setelah perjuangan yang lumayan susah mengenakan race suit yang ternyata ngepres banget ke badan (kode ini sih.. waktunya diet wkwkwk), akhirnya penulis berhasil duduk di atas New R25. Oke merasakan dulu feelnya sambil menyalakan mesin New R25.

Hmm feelingnya fantastik.. penulis berasa dalam mode first person view seperti dalam game MotoGP. Yap, area dashboard mengingatkan pada Yamaha YZR-M1 yang biasanya penulis mainkan di playstation. Yamaha menterjemahkan ini ke motor sport 250cc nya dan sepertinya bakal banyak yang suka.

Stang penulis raih, dan ternyata posisinya ngga ndlosor seperti motor yang menggunakan stang underyoke pada umumnya. Posisi stang tetap nyaman digenggam dan ngga bikin badan pegal. Ini berkat posisi duduk yang ngga jauh dari stang dan seat height yang sangat ramah.

Penulis sempat pemanasan sedikit, dan racing suit yang ngepres banget bikin pergerakan agak kurang leluasa. Tapi still ok lah buat manuver. Jatah 4 lap lumayan buat eksplorasi Yamaha New R25 ini. Berhubung penulis baru kali ini turun ke Sentul, jadi agak nyantai bawanya sambil merasakan feeling New R25 ini, penulis juga sengaja kasih gap jauh sama rider di depan biar ga kagok pas gaspol.

Ternyata enak banget lho riding di sirkuit, apalagi kalau motornya mendukung seperti ini. New R25 ini handlingnya terasa mantap dan tajam. Khas yamaha sekali, untuk rem depan juga mantap. Porsi rem belakang juga cukupan gripnya, ngga overkill dan seharusnya motor sport seperti ini. Setelah gap rider depan agak jauh jadi enak buat geber poll New R25 ini terutama di straight sentul.

Angka 161 kmh bisa diraih dengan mudah oleh penulis, itupun mengeremnya terlalu awal di R1 karena belum begitu hafal sirkuit. 2-3 lap kemudian jadi lebih paham dan mulai deh disini, coba lebih maksimalkan handlingnya New R25 ini. Menarik sekali karena corner abilitynya luar biasa, motor ini ngga kerasa sering gasruk footstepnya pertanda sudah lumayan miring nih nikungnya, hehehe.. asik asik.. Mungkin kalau footstepnya pakai yang murni buat racing jauh lebih asoy lagi.

Lap akhir, penulis lebih coba merasakan motor dengan riding santai. Yaa menggambarkan kondisi real di jalanan sesungguhnya. Tanpa merunduk ini motor beneran ternyata ngga bikin pegal tangan yang biasanya sering ditemukan pada motor bertipe sport fairing. Yah berarti ini motor ideal buat dipakai harian dan touring. Vibrasi mesin juga ngga begitu terasa, nyaman rasanya.

Video Test Ride bisa tonton disini :

Verdict, dengan harga 58,6 jutaan (OTR Jakarta) rasanya Yamaha New R25 ini jadi pilihan paling termurah dan dapat diandalkan di kelasnya. Gen R Series yang diwarisi dari kakaknya R1 dan R6 juga terasa kental. Bila defaultnya saja sudah oke begini pasti kebayang dong apabila sudah dijejali parts modifikasi yang bikin tampilan dan tenaga jadi lebih kece.

Semoga bermanfaat. (imt)

About Aditya 730 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.