GIIAS 2018 : Melihat Detail Bus Double Deck Pertama Karoseri Laksana, SR2 XDD Prime

imotorium.com – Nah, tangga 2 kemarin resmi sudah GIIAS 2018 diadakan. Dengan semakin berkembangnya dunia transportasi umum di Indonesia, Laksana juga kini ikut meluncurkan bus double deck pertamanya, Laksana SR2 XDD Prime

100% Desain asli Indonesia, itulah prinsip Karoseri Laksana yang patut diacungi jempol. Ya memang konsep dedainnya benar – benar fresh dan tidak terinspirasi oleh produk bus buatan luar negeri. Pada kesempatan kemarin penulis akhirnya bisa masuk pertama kalinya ke dalam interior dan melihat detail eksteriornya.

Dari desain depan, Laksana berhasil menerjemahkan bentuk facia SR2 Sky menjadi rupa double deck. Tentu saja mulai headlamp yang menggunakan projektor, dilengkapi DRL dan foglamp. Dari sisi samping jelas terlihat, posisi overhang roda yang jauh khas Scania K410 berpadu manis dengan desain pintu dan kaca ysng yang terlihat menyatu dari dek bawah ke dek atas.

Dan modernnya lagi, menggunakan desain atap floating roof bikin bus ini terasa amat futuristik. Kapasitas bagasi juga jadi fokus dari Laksana, yang mana bagasi double deck ini lumayan luas lho, letaknya diposisikan diantara roda belakang dan dek atas.

Interior bus Double Deck Laksana

Beranjak ke interior, akses penumpang sepenuhnya bisa dilakukan dari pintu tengah, sementara pintu depan difungsikan untuk driver dan kru bus. Dengan floor dek bawah yang rendah membuat bus ini memiliki interior penumpang lebih leluasa di dek bawah. Penulis yang punya tinggi 170 cm tidak harus merunduk ketika berada di dek bawah kecuali masuk ke area kokpit pengemudi.

Di dek bawah ini juga letak toilet, persis berhadapan pintu masuk.

Akses ke dek atas dibuat di sebelah kiri persis dari pintu masuk. Naik ke dek atas, headroom juga bisa dibilang bagus, bus yang dipamerkan Laksana ini menggunakan formasi seat 2-2 dengan lapisan kulit sintetik dan di bagian dek depan

Untuk kenyamanan, penulis beri skor 100 karena Laksana memberikan jendela yang lebar, pandangan ke luar amat leluasa dan jelas sekali.

Conclusion, Bus dengan panjang 13,5 meter ini adalah yang terbaik sejauh ini di kelasnya. Model bus yang fresh dan build qualitynya yang bagus dan rapih. Tentu kedepannya bakal banyak PO yanh yang menggunakan body Double Deck Karoseri Laksana ini.

Semoga bermanfaat. (imt)

About Aditya 723 Articles
Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Punya channel Youtube imotorium VLOG dan kadang - kadang host di KarsTV Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

1 Comment

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.