MobilNewsReview & Test Ride / Drive

IIMS 2016 : Melihat Langsung New Honda Brio Satya 2016, Facelift Yang Menggiurkan !!

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(305)

Honda, dalam IIMS 2016 ini selain merilis All New Civic Turbo, juga merilis New Honda Brio Satya dan Brio RS. Yang merupakan update seri dari Brio Series sebelumnya. disini bisa dibilang perubahan yang dibawa oleh brio bukan sekedar minor change saja, banyak penyegaran mulai eksterior hingga interior untuk memberikan nuansa baru dalam berkendara. apa saja detail yang dibawa dalam Brio untuk paket 2016 ini, yuk kita lihat..

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(291)

Face New Brio ini kini mengalami penyegaran desain, terlihat kini menggunakan ornamen grill depan yang berukuran lebih besar dibanding pendahulunya. Walau terlihat demikian, ukuran asli lubang grill tetap dipertahankan, ornamen ini memberikan kesan manis dan menyatu antara headlamp kiri dan kanan. Update juga terlihat pada bumper depan dengan hadirnya dua buah foglamp dalam garis yang membentuk seperti  sarang tawon, bumper depan ini juga mengadopsi garis desain yang kelihatan sporty, tidak plain seperti generasi brio sebelumnya.

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(293) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(294)

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(306)Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(299)

Dari sisi samping, tidak terlalu banyak perubahan dirasakan, masih terasa sama seperti sebelumnya, tidak ada perubahan desain baik itu dalam hal- hal kecil, semisal handle pintu dan lain – lain 🙄 sayangnya, hingga generasi brio satya terbaru ini, honda masih membuat pilar B tampil dalam warna senada body, tidak dibuat hitam sepenuhnya.. sehingga membuat tampilan jendela pintu depan dan belakang seperti terpisah, sebenarnya ini sih masalah selera saja.. penulis lebih suka jika pilar B itu dilabur hitam.. akan lebih manis..

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(300) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(297)

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(308) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(309)

ban masih menggunakan ukuran yang sama, walau desain velg kini terlihat lebih baik dibanding sebelumnya.

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(310) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(311)

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(298) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(288)

Desain belakang masih mempertahankan tampilan sebelumnya, backlamp yang sebelumnya lebih terasa “altezza” kini lebih didominasi warna merah, menyisakan bagian bening untuk lampu sign dan lampu mundur saja.. Brio Satya ini mengaplikasi garnish krom tepat di bawah pintu bagasi belakang, desain bumper masih terlihat sama, terasa plain. Walau sebenarnya penulis berharap Honda mau sedikit memberikan “lubang – lubang” di bumper belakang ini agar terlihat lebih sporty.. tapi mbuh kapan.. kapasitas bagasi? yaa masih sama aja.. lumayan buat naro 3 galon air minum..

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(289) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(290)

inilah enaknya honda.. walau satya ini bergelar LCGC.. tapi mesinnya tetap mengaplikasi i-VTEC.. joss kalau dibawa lari – lari kecil. 1200 cc SOHC i-VTEC yang mampu memproduce tenaga 90 ps dan torsi 110 nm.. udah enak bgd untuk body seukuran ini

INTERIOR

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(304) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(303)

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(285)

Ini dia bagian favorit dari New Brio Satya ini, desain dashboard yang lama dilengserkan dan diganti dengan desain dashboard baru yang lebih segar dan terasa lebih mahal.. dashboard yang terasa “jazzy” ini dilabur dalam 2 warna untuk unit Brio Satya. khusus tipe yang penulis rasakan ini adalah tipe E dengan transmisi automatic CVT. Alhamdulillah kini desain laci dashboard yang terasa aneh pada generasi sebelumnya.. sudah lebih terlihat rapih..

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(273) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(274)

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(275) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(276)

Kolom setir diberikan pencet – pencetan enak guna mainan jempol kiri saat berkendara, mampu mengontrol audio mobil. Dari sisi panel indikator sendiri sayangnya.. penulis merasa ini lebih “cheapo” dibanding brio satya sebelumnya.. desain panel speedo dkk terasa datar.. terlihat beberapa indikator sebagaimana lazimnya mobil saat ini. Padahal desain bulat – bulat pada panel speedometer seperti brio satya dahulu justru memberi kesan sporty.. andai dicombo dengan desain dashboard sekarang.. pasti bikin ngiler pool dah.. Untuk tombol AC kini meninggalkan model knop putar – putar ala kompor, digantikan dengan model pencet – pencet yang lebih elegan.. untuk Head Unitnya terasa ala kadarnya.. walau sudah dilengkapi semisal port usb dan aux in.. lumayan lah.. Desain dashboard menyelamatkannya..

brio satya lama dashboard
ya desain cluster speedo brio lama masih lebih baik

untuk setir, bisa diadjust walau hanya tilt steering, posisi berkendara terasa lebih rendah disinyalir karena desain dashboard baru ini kini lebih tinggi. Tepat di depan tuas transmisi masih diberikan duo cup holder.. dan duo Vanity Mirror.. cocok untuk ABG atau mba – mba yang rajin bersolek supaya keliatan kece..

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(287) Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(286)

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(280)

Bagaimana dengan keleluasaan ruang? semua masih terasa sama saja.. seat pitch belakang ya lumayan lah… buat penulis yang memiliki postur 170 cm-an.. mobil ini enakan duduk di depan sih tentunya..

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(277)
masih mengadopsi seat one bucket.

dolanotomotif.com dan yudakusuma.com sedang terpesona desain dashboard baru XD

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(278)
Lumayan..

Next apalagi ya.. Harga ?? Untuk New Brio Satya yang ini harganya mengalami kenaikan.. namun secara overall masih sangat worthed dengan perubahan yang dibawa.. belum lagi sensasi fun to drive yang memang melekat erat pada small hatchback ini.. Penulis rasa ini adalah LCGC terbaik yang ada di Indonesia untuk saat ini.. karena tidak terasa cheapo seperti LCGC umumnya. Ayo tantang dompetmu.. :mrgreen:

Foto IIMS 2016 - Imotorium Honda Brio Satya(295)
mau dibilang LCGC rasanya udah ga pantas lagi.. mending dihapus aja kata “satya”nya..

semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi

Contact

Email : redaksi@imotorium.com
               imotorium@gmail.com
BBM : 7f3355d1

whatsapp : +6285311572001

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

0 thoughts on “IIMS 2016 : Melihat Langsung New Honda Brio Satya 2016, Facelift Yang Menggiurkan !!

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: