BusHistory & ProfilMitsubishi

IIBT 2017 : Mengenal Lebih Dekat Bus Lawas Mitsubishi MR470 Milik PO Sumber Alam

imotorium.com – Nah, kemarin buat yang datang ke event IIBT 2017 di JiExpo Kemayoran pasti penasaran juga kan sama bus antik yang ikut mejeng rapih bersama dengan bus – bus keren lainnya. Ini ada yang menarik perhatian.. bus asli 100% masih buatan Jepang berwarna biru ini tentu menghadirkan sensasi nostalgia bagi yang pernah merasakan jasanya. Mitsubishi MR470 milik PO Sumber alam ini hadir di event IIBT 2017 dengan kondisi yang sangat kinclong terawat.. walahhh bikin pangling.

Usianya tidaklah terbilang muda. Bus ini merupakan bus ABG (Angkatan Babeh Gue) alias angkatan tua.. yap, menelaah di history linenya Mitsubishi.. ternyata bus ini merupakan bus yang diproduksi 54 tahun yang lalu. Tepatnya tahun 1963, dan masuk ke dalam family Fuso Full-Size City Bus. Tentu saja sangat excited melihat bus sepuh ini hadir dalam tampilan segar dan masih mumpuni melahap aspal jalanan dari garasinya di Kutoarjo, Jawa Tengah hingga ke Jakarta.

Bus ini adalah salah satu koleksi dari PO Sumber Alam, yang dimiliki langsung secara pribadi tentunya oleh Bpk. Judi Setijawan Hambali, yang merupakan pendiri dari PO Sumber Alam. Bus ini pernah berjasa melayani kebutuhan akan transportasi TNI. Dengan menggunakan tenaga dari mesin Mitsubishi 6DB1 Berkapasitas 8550 cc.. bus ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 165 PS. Tentu saja pada masanya.. tahun 1960 an tenaga 165 PS itu sangat besar.

cr : busnesia.com

Detail interior tentu saja masih mempertahankan bentuk aslinya. Tidak ada yang namanya AC dll disini.. semuanya tampil serba sederhana dan Spartan. Bahkan plakat bertuliskan Pool-D masih melekat di Kaca Depan sebelah kiri.. menandakan bus ini pernah bertugas di ranah Militer dalam Negeri.

Bus ini kini sehari – harinya berada di Museum Otomotif Sumber Adventure Center. Tentu saja bus yang termasuk koleksi Museum ini bukan hanya sekedar barang pajangan saja namun dapat juga disewa untuk wisata nostalgia. Semoga saja bus ini tetap awet untuk puluhan tahun kedepan karena bagaimanapun juga bus ini adalah salah satu saksi bagian dari sejarah transportasi di Indonesia.

semoga bermanfaat. (imt)

<

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

8 thoughts on “IIBT 2017 : Mengenal Lebih Dekat Bus Lawas Mitsubishi MR470 Milik PO Sumber Alam

  • Pernah foto di bus ini di SAC kutoarjo…dalem kabin’nya legaa…

    Reply
    • imotorium

      Wah langsung foto di kandangnya ya ?? jozz, waktu itu sekalian city tour juga keliling purworejo ga mas?

      Reply
      • ngga mas..waktu itu cuma mampir istirahat sebentar di SAC.. trus lihat2 di garasi’nya..

        Reply
  • handoyo25

    Mesinnya juga masih orisinilkah?
    Kalo iya, salut sama tim bengkelnya yg sanggup nyiapin spare part utk kendaraan umur segtu

    Reply
    • nah, kalau mesin itu belum tau deh.. soalnya pasti udah lama discontinue.. entah kalau dioplos sama generasi truk fuso setelahnya

      Reply
  • Aku kalo main ke SAC malah nonton orang latihan road race, nggak liat koleksinya wkwkwkwkwk

    Reply
    • Weleh, tapi rame ya tiap weekend sore disana mas ? aku seringnya cuma lewat tok ngga mampir disana

      Reply
      • Lumayan lah mas, hiburan gratis
        Biasanya tiap sabtu ato minggu sore
        Kapan kapan mampir lah

        Reply

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: