Fenomena “Om Telolet Om”, Ngga Nyangka… Mendunia !!!!

imotorium.com – Gilaa.. bener gila deh hari ini semua orang ramai membahas telolet, yap.. semua berawal dari ramai – ramai kegiatan warga Jepara yang memang menyukai dengan klakson bus yang khas ini.. sudah penulis angkat artikelnya awal bulan desember lalu.. dan ngga nyangka akan seviral ini sampai – sampai seluruh dunia tau.. apa itu “om telolet om”.

Hebohnya demam klakson telolet ini tidak hanya menyerang anak – anak saja yang memang kebanyakkan menyukai bus – bus.. namun tidak kalah para remaja hingga orang dewasa kini ramai2 menginginkan telolet setiap bus favorit mereka lewat. Dalam beberapa tahun kebelakang ini memang, sejak komunitas bismania muncul tahun 2007-2008 an mulai pelan – pelan bermunculan dan berkembang para pencinta bus.. banyak sih ragamnya.. ada yang suka menuliskan diary perjalanannya, ada yang suka membahas teknis kendaraan yang digunakan, ada yang suka membahas sejarah, ada yang suka fotografi namun yang paling bikin heboh ya yang menyukai klakson bus alias para anak2.

Sejarah penggunaan klakson ini sendiri sudah cukup lama, dan sebenarnya tidak berawal dari bus, namun berawal dari truk – truk yang dulu disebut klakson terompet karena memang bentuknya seperti terompet.. dengan sebuah tabung kecil berisi angin maka suara yang dihasilkan cukup membuat pengendara lain untuk waspada dan memberikan jalan kepada kendaraan besar tersebut. Namun seiring waktu mulailah diaplikasikan pada armada bus – bus malam.. Tercatat dalam satu PO besar.. paling hanya ada beberapa saja armada yang menggunakan klakson “telolet” yang khas ini.

Livery Efisiensi Era 2010-an

Namun dalam prakteknya ada juga yang mengaplikasikan klakson Telolet kepada seluruh armada busnya.. seperti contohnya PO Efisiensi. Malah menjadi ciri khas di selatan jateng bila ada klakson nyaring berbunyi unik dari kejauhan.. pastilah itu bus Efisiensi. Dan perkembangannya pun diikuti oleh aplikasi klakson unik ini yang mana bus panturaan menggunakannya juga demi “memikat” hati para fansnya.. mulai PO. Bejeu, Shantika, Haryanto, Nusantara, Garuda Mas dll yang kini semakin semarak.

Dunia Heboh “Om Telolet Om”

Puncaknya pada hari ini 21/12/2016.. seluruh akun medsos dipenuhi hashtag #omteloletom #teloletchallenge #teloletgointernational #teloletom dan masih banyak lagi. Semua bintang top dunia seperti pada DJ kelas dunia seperti Marshmellow, Martin Garrix, Snake, Skrillex, serta beberapa artis, hingga seorang pembalap MotoGP sekelas Marc Marquez mengeluarkan twit “Om Telolet Om”. Edyan jaran… pinjam istilah lek IWB.. penulis bisa dibilang sebagai salah satu orang yang menyebarkan demam telolet melalui artikel pada awal bulan Desember ini.. dan kini Indonesia dikenal dunia dengan slogan :

“Om Telolet Om”

(imt)

Contact me :

Email : imotorium@gmail.com

Twitter : @imotorium

Instagram : @imotorium




9 Comments

  1. Awalnya kegiatan hunting telolet para ababil(anak2 penyuka bus) di anggap ngak penting, kini siapa yg tak tau “om telolet om. Thanks buat ababil telah mengenalkan indonesia keseluruh dunia 🙂

  2. Bukan juga para DJ dunia, pemain Bola pun juga ada yg kena virus ini.. .
    Salute to Indonesia, membuat yg viral menjadi go internasional ?

  3. Bukan juga para DJ dunia, pemain Bola Sekelas CR 7 sampe club eropa pun juga ada yg kena virus ini.. .
    Salute to Indonesia, membuat yg viral menjadi go internasional ?

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.