About these ads
jump to navigation

Melihat Suasana H+7 Lebaran Di Pool Budiman Tasikmalaya, Rame Yang Berangkat Ke Perantauan July 15, 2016

Posted by imotorium in : Bus , trackback

Suasana Arus Balik Pool budiman (14)

Hari ini masih belum balik ke kota karena masih banyak PR yang dilakukan, termasuk salah satunya mengantar adik kembali ke sekolah asramanya menggunakan bus yang sudah terkenal di Jawa Barat khususnya area Priangan Raya. Budiman jadi pilihan setelah menempuh perjalanan satu jam dengan sepeda motor untuk mempersingkat waktu dan mengejar keberangkatan bus pagi.

Suasana Arus Balik Pool budiman (10)

Perjalanan penulis dari rumah hingga Pool bus Budiman di Tasikmalaya ditempuh tanpa kendala berarti. Alhamdulillah lancar jaya, di perjalanan ternyata masih banyak pemudik yang hendak balik ke Ibukota dengan menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Mengapa memilih hari kamis (14/07) ini? karena penulis beranggapan bila balik pada esok Jumat – Sabtu – Minggu, pasti akan jauh lebih ramai seiring dimulainya kegiatan sekolah. Benar saja ternyata di Pool suasananya masih ramai hingga H+7, asiknya yang ramai itu didominasi penumpang yang bertujuan ke Jabodetabek sekitarnya, bus yang dinaiki adik penulis ke Kota Cimahi malah santai.. bus lumayan lama terisi hingga penuh dan kemudian berangkat.

Suasana Arus Balik Pool budiman (2)

Suasana pagi yang jarang – jarang terasa, penulis bisa leluasa berjalan ke setiap sisi pool melihat deretan bus yang sedang terparkir dari berbagai tujuan. Ada yang sedang diservice, ada yang baru saja tiba dari kota lain, ada yang bersiap untuk masuk line pemberangkatan, suasananya ramai.. bahkan pedagang makanan juga banyak yang masuk ke dalam pool, sehingga calon penumpang yang lapar bisa sembari ngemil menunggu bus yang dituju.

Suasana Arus Balik Pool budiman (9)

Budiman sendiri dari dahulu memang memperlakukan sistem BDB (Bayar Di Bus) selama ini untuk berbagai kelas dan rute. Enak kala kita terdesak harus Go Show hari itu juga bila ingin berangkat pasti dapat bus, namun sistem tersebut dikala musim lebaran ini malah sedikit menimbulkan kericuhan kala bus siap diberangkatkan. Pasti langsung diserbu berebutan berdesak – desakan ingin naik. Maka dari itu tidak heran untuk trayek yang memang rame tersebut diberlakukan sistem ticketing, di budiman istilahnya online ticket, walau kita sebenarnya membeli tiket di pool itu juga.

Suasana Arus Balik Pool budiman (5)

Bus trayek bekasi di H+8 lebaran ini jadi favorit. Saking ramenya tadi sudah tau bus menggunakan sistem ticketing namun penumpang tetap memaksa masuk, walah ini sih karena memang biasanya bus tujuan bekasi ngga pernah pake sistem tiket online seperti salah satu kelas bus budiman yang tertinggi. Turn over bus begitu cepat.. begitu bus dari Jabodetabek sekitarnya masuk beberapa ada yang langsung melayani lagi balik ke Trayek tujuan. Pool ini dipadati calon penumpang karena secara suasana memang lebih nyaman naik langsung di pool dibanding harus naik dari terminal.. banyak calo..

Suasana Arus Balik Pool budiman (6)

Menarik sekali mengamati animo yang begitu besar dari masyarakat Priangan Timur khususnya yang begitu mengidolakan PO Budiman ini. Walau trayeknya didominasi jarak dekat – menengah.. Budiman begitu sukses membuat mindset masyarakat priangan timur seolah naik bus itu harus = Budiman. Hal ini identik bilamana kita mengingat naik pesawat = Lion, sepeda motor = Honda, makan mie = Indomie dll.

Baca Juga :

Profil dan Sejarah PO Efisiensi, Primadona Jalur Selatan Jateng Dengan Armada Terbaru

Profil PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN), Perusahaan Otobus Asal Bengkulu Yang Terus Berinovasi

Mengenal Bus Scania Bermesin Depan Di Indonesia, Scania F Series

Impresi Singkat Bus Blue Star OH 1632 Di IIBT 2016, The One and Only Mercedes – Benz OH 1632 Di Indonesia

Tarif dari budiman sendiri bisa dibilang bukanlah pilihan murah diantara PO – PO lainnya yang juga mengarungi lintas selatan Jawa Barat ini. Namun ada magnet yang membuat masyarakat percaya dengan PO ini yaitu pelayanan. Jangan dibandingkan pelayanan dengan bus – bus muriaan, sulawesi, atau Lintas Utara Sumatra, banyak yang jauh lebih baik dari mereka dibandingkan Budiman ini 😀 . Budiman ini sukses karena konsisten memberikan pelayanan dengan terangkutnya penumpang hingga tujuan, mobil bus yang terawat, tidak pakai acara ngetem diluar terminal, tidak memaksakan menaikkan penumpang hingga overload walau kita bisa naik dimana saja, tidak menaik-turunkan penumpang di tol, dan tidak seradak – seruduk ketika perjalanan. Rumus yang sederhana bukan?

Suasana Arus Balik Pool budiman (1)

Bus yang melayani dengan pelayanan demikian impresi penulis memang hanya Budiman dan Gapuraning Rahayu yang melakukannya di lintas selatan Priangan Timur (Jabar). Bahkan bila diperhatikan terkadang ada yang rela jauh – jauh dari daerah utara Jawa Barat seperti Kuningan – Cirebon yang hendak berangkat ke Jakarta memilih berangkat dari Tasikmalaya dengan menggunakan Budiman salah satunya selain Gapuraning Rahayu dan Primajasa. Terutama bagi yang tidak suka Aksi ugal – ugalan, ngetem, menaikkan penumpang hingga ada yang berdiri dan kelas yang ala kadarnya (dominan bus panturaan jawa barat itu kelasnya bumel 2-3 dan ac ekonomi 2-3 which is = sempit) banyak yang memilih berangkat dari Kawasan Tasikmalaya – Ciamis ini karena pelayanan bus di jalur selatan Jabar memang jauh lebih baik.. Karena memang nyaman !! untuk bus – bus panturaan Jabar yang bertrayek ke Cirebon dan Kuningan sendiri tetap ramai penggunanya apalagi untuk fanatiknya, atau yang tidak mau repot – repot sambung kendaraan.. yang penting sampai tujuan.

Semua hal diatas hanya opini penulis berdasarkan pengalaman langsung yang dialami saat ini. Jika ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan :D. Semoga saja kedepannya bermunculan bus – bus baru yang berani memberi pelayanan lebih nyaman 😀 dengan tarif yang bersaing, banyak pilihan.. enak di ongkos.. memasyarakatkan transportasi umum.. mengurangi penggunaan kendaraan pribadi akan dirasa lebih baik. Jadi fenomena mudik-balik macet puluhan jam bisa hilang kedepannya.

Semoga bermanfaat. (imt)

foto : pribadi

About these ads

Comments»

1. FЭЯY - July 15, 2016

Alesan rek nganter adek, padahal rek ka uwa Dede maneh mah 😂😂😂

2. awansan - July 15, 2016

rame bangeet 😂😂, btw yg 0 500 R menggoda banget kuwi, aku belum pernah coba , terakhir naik dapet chasis 1526

imotorium - July 15, 2016

Budiman punya 12 unit 1836 nya. Coba satu main ke jogja yak :p

awansan - July 16, 2016

sayangnya yg ke jogja paling, king, intercooler, Hino RG, paling baru 1526 😂

3. ndesoedisi - July 15, 2016

wah poolnya udah keren sekarang, terakhir kesana itu 2006an.. masih bangunan biasa. Dulu sopir Budiman terkenal sabar dan rajin beribadah, ga tau sekarang 😀

4. Fawwas Zulfian Riko - July 16, 2016

Salut sama budiman, mengutamakan Kenyamanan penumpang dengan pool yg bersih, bus yg baruu, 2 jempol dah ☺

BTW harga tiket First Class budiman berapa mas? Trus tujuannya mana aja?



error: Content is protected !!
%d bloggers like this: