Bagaimana Belajar Mobil Manual dengan Benar? Begini Tipsnya

Jalanan sekarang mulai padat hal ini karena banyaknya kendaraan yang ada di jalanan tersebut. Entah itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kendaraan umum seperti bus misalnya. Ataupun kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan juga mobil.

Dan bila kita amati beberapa motor dan mobil tersebut kebanyakan adalah motor dan juga mobil matic ataupun bertransmisi otomatis. Hal ini sebenarnya biasa saja sih karena memang di jalanan yang padat dan terkadang macet membuat kaki kita merasakan capek yang teramat sangat ketika kita harus menginjak kopling secara terus-menerus. Hal ini tentu berbeda sekali ketika kita menaiki mobil matic, kaki kiri kita sedikit bisa beristirahat sebentar dan lebih nyaman juga.

Tapi kenapa sih mobil yang tergolong manual kadang dihindari oleh para pengemudi mobil? Karena tentu saja di jalanan kadang membutuhkan kehati-hatian yang sangat tinggi, kita tak boleh lengah sedikit pun atau nyawa taruhannya.

Dan kemampuan mengemudikan mobil manual ini juga tidak boleh sembarangan dan harus terlatih. Dan jangan sampai karena keahlian dalam mengemudi mobil manualmu yang belum cukup mumpuni yang akhirnya dapat membahayakan dirimu dan juga pengemudi yang lainnya. yang pasti sih entah itu mengemudi secara otomatis maupun manual anda harus tetap waspada dan jangan seenaknya sendiri dan harus mematuhi tata tertib lalulintas.

Nah, sebelum kita ngalor ngidul kemana-mana, sebenarnya inti kita kali ini sih mengenai cara mengemudi mobil secara manual biar makin lihai. Anda penasaran gimana sih caranya? Anda ingin tahu, jika iya, yuk kita bahas sekarang.

Yang pertama adalah yang pertama anda harus mengenali dulu tentang fitur mobil manual yang akan anda kendarai maupun anda kemudikan. Anda harus mengetahui dan mengenai mobil manual dengan sangat baik, istilahnya anda harus sayang dulu, karena ada istilah tak kenal maka tak sayang, maka anda harus kenal dulu mobil manual maka anda pun baru bisa sayang. Pastikan Anda mengetahui beberapa elemen penting dari sebuah mobil manual, misalnya seperti injakan rem, gas dan juga kopling.

Anda pun harus menguasai bagaimana cara mengatur posisi perpindahan gigi mobil. Posisi perpindahan gigi mobil ini biasanya dimulai dari angka satu sampai dengan Lima dan juga untuk posisi yang netral. Selain itu ada posisi tambahan yakni R untuk mundur. Nah, jika anda sudah tahu beberapa elemen itu dijamin mengemudikan mobil manual akan menjadi lebih mudah.

Yang kedua tentu saja anda harus mencari tempat yang luas untuk belajar mengemudikan mobil yang memiliki spesifikasi manual. Mencari lapangan yang luas bertujuan untuk menghindari tabrakan dan hal yang tidak diinginkan.

Selain itu anda pun harus mengingat serta menghafal beberapa komponen dari mobil manual tersebut dan lapangan luas adalah tempat yang sangat pas. Setelah anda mulai lancar mengemudikan mobil manual tersebut anda dapat segera mengemudi di jalan raya dan pilihlah jalan yang sepi ya!

Dan tips yang terakhir adalah anda harus berkonsentrasi. Ketika anda berada di kabin mobil anda harus duduk dengan tenang dan anggaplah anda sendiri adalah seorang pengemudi yang sudah mahir dalam mengemudi, hal ini akan memberikan pikiran positif dan akan membuat anda lebih lancar mengemudikan mobil manual.

Sangat disarankan juga untuk menambahkan asuransi kendaraan agar dapat meminimalisir resiko kerugian karena kesalahan yang tidak sengaja dilakukan saat baru pertama belajar mengemudikan mobil.

imotorium

Pekerja kreatif, senang berkendara, fotografi, jalan - jalan dan penyayang. Thanks sudah sudi meluangkan waktu membaca disini, tinggalkan komentar supaya berkesan ya brosist, Semoga bermanfaat

Posting Komentarmu Disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: